Cara Atasi Beser yang Sering Terjadi pada Wanita

201

Wanita lebih sering mengalami inkontinensia urine atau sering buang air kecil dibandingkan pria. Masyarakat lebih mengenalnya sabai ‘beser’. Anda harus lebih sering bolak balik ke kamar mandi entah karena suhu lingkungan yang dingin atau kebanyakan minum. Hm, sungguh merepotkan bukan?

Selain karena suhu dingin dan banyak minum, terkadang urine juga bisa keluar sedikit tanpa bisa ditahan. Saat wanita terbatuk atau bersind engan kuat, juga mungkin saat tertawa terbahak-bahak. Walaupun jumlah urin yang keluar masih dalma volume sedikit, tapi pasti hal ini lumayan mengganggu bukan? Nah, jika Anda ingin tak lagi mengalami beser serperti hal di atas, yuk cek bagaimana atasi inkontinensia urin dibawah ini!

  1. melakukan senam kegel secara rutin
    Cara mengatasi beser yang bisa diandalkan adalah dengan melakukan senam kegel. Biasanya, penyebab kebocoran urin yang terjadi pada wanita disebabkan karena otot di sekitar alat kelamin wanita tidak mampu berkontraksi dengan cepat. Dengan melakukan senam kegel, otot dapat terlatih sehingga dpaat berespon dengan lebih cepat. Anda bisa melakukan gerakan menahan kencing ketika waktu senggang atau sebelum tidur.
  2. menjaga kadar lemak dalam tubuh
    Semakin banyak kadar lemak di dalam tubuh, semakin banyak pula bibt yang harus ditanggung kandung kemih. Akhirnya, volume maksimum kandung kemih akan berkurang sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Usahakan jaga berat badan ideal dengan mengatur pola makan sehat diiringi dengan keluarga. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan program diet tentu dengan cara yang aman. Untuk mengetahui berat badan ideal, Anda bisa menghitung sendiri menggunakan Masa Indeks Tubuh.
  3. membatasi asupan kopi dan teh
    Minuman seperti kopi dan teh atau minuman lain yang mengandung kafein dapat menyebabkan inkontinensia urin (beser). Kandungan kafein bersifat diuretik yang artinya dapat menguras cairan di dalam tubuh dan dikeluarkan melalui urine. Anda bisa mengganti minuman berkafein dengan air putih yang lebih sehat. Sebaiknya, penuhi kebutuhan cairan 6 hingga 8 gelas per hari agar anda tidak dehidrasi dan saluran kemih juga lebih sehat.
  4. hindari mengangkut beban berat
    Otot-otot dasar panggul akan menjadi lebih tegang ketika Anda sering mengangkut beban berat. Untuk mengatasi beser, kencangkan otot dasar panggul terlebih dahulu sebelum membawa tas belanja atau menggendong anak.
  5. segera tangani sembelit (susah buang air)
    Letak kandung kemih berdekatan dengan usus kita. Jangan pernah menunda keinginan untuk mengosongkan perut karena penekanan pada kandung kemih membuat Anda tidak mampu menahan hasrta pergi ke toilet. Jika Anda kesulitan buang air besar, konsumsi lebih banyak makanan berserat dan air putih.

Demikian ulasan mengenai cara atasi keluhan beser pada wanita. Semoga cara di atas dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda!