Studi Buktikan Minum Minuman Manis Berlebihan Tingkatkan Risiko Mati Muda

235

Sebagian orang menyukai minuman manis dan biasanya adalah para wanita. Minuman manis seperti jus kemasan, minuman berenergi, serta minuman soda adalah jenis-jenis minuman yang mengandung tinggi kadar gula sehingga tak aman bagi kesehatan. Bahaya makan manis saja bisa mengancam kesehatan, apalagi ditambah minum minuman manis secara berlebihan.

Jurnal Circulation menghasilkan studi terbaru yang rupanya melaporkan bahwa minuman-minuman manis yang jenisnya telah disebutkan tadi malah justru adalah peningkat risiko kanker dan penyakit kardiovaskular pada usia muda. Yang artinya, menurut hasil studi tersebut minuman manis yang dikonsumsi berlebih dapat memperbesar potensi mati muda.

Melibatkan partisipan wanita, studi ini memang fokus untuk membandingkan wanita yang minum minuman manis di atas dua porsi per hari dengan wanita yang minum sedikit minuman manis per bulan. Untuk kelompok wanita yang lebih sering dan banyak minum minuman manis, risiko mati muda naik sampai 63 persen, sementara pada kelompok wanita yang jarang minum minuman manis hanya punya risiko 29 persen.

Bukan hanya kanker dan penyakit kardiovaskular, dilansir dari laman CNN, pemimpin studi sekaligus peneliti Vasanti Malik mengatakan pula bahwa konsumsi minuman manis secara berlebih dan tak terkontrol pada dasarnya mampu meningkatkan risiko jenis-jenis penyakit jantung, obesitas, stroke, dan juga diabetes tipe 2. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sejumlah studi sebelumnya dan memang ada konsistensi pada keterkaitannya.

Itulah kenapa, berusaha membatasi dan mengganti minuman manis yang berlebihan dengan minuman lain yang lebih sehat jauh lebih dianjurkan. Air putih adalah rekomendasi paling baik jika ingin hidup sehat dan umur panjang. Kalaupun ingin tetap mengonsumsi jus buah, pastikan jus buah segar saja daripada jus buah kemasan.

Vasanti Malik pun menjelaskan bahwa catatan studinya hanyalah penelitian untuk memahami kaitan antara risiko mati muda dengan kebiasaan minum minuman manis secara berlebihan. Hanya saja, bukan berarti mati muda selalu disebabkan oleh minuman manis karena minum minuman manis secara sering hanya salah satu faktor yang bisa mengancam kesehatan; jadi pastikan gaya hidup sehari-hari Anda perhatikan dan jaga dengan benar.