7 Efek Samping Minum Kopi Tanpa Gula

1525

Kopi merupakan salah satu minuman populer yang disukai oleh masyarakat kita. Rasa dan aroma yang khas dipadukan dengan susana yang nyaman menjadikan kopi ini semakin nikmat untuk disantap. Soal kopi jangan di tanya lagi, masyarakat kita memiliki berbagai jenis. Baik yang biasa hingga yang begitu mahal, salah satunya kopi luwak. Kopi hasil fermentasi dari hewan luwak yang beroma menggoda lidah.

Selain kopi yang beraneka ragam, juga terdapat beragam cara untuk menyeduhnya. Salah satu cara yang populer adalah tanpa menggunakan gula. Tanpa gula ini dipercaya mayarakat mampu membangkitkan gairan sebagai seorang pencinta kopi. Tidak saja itu, tanpa gula akan menurunkan resiko dari kadar gula yang tinggi. Ini sangat cocok untuk Anda yang menghindari makanan atau minuman manis. Terlebih untuk yang lagi menjalankan program diet, dijamin sangat cocok. Namun, di balik kenikmatan itu tersemat bahaya yang mengintai tubuh Anda. Untuk mengatahui lebih lanjut penting membaca artikel berikut. Sebab akan mengupas terkait dengan efek samping dari kopi tanpa gula.

  1. Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan salah satu elemen terpenting. Sebab daya tahan inilah yang akan menangkal berbagai macam penyakit untuk hinggap. Daya tahan tubuh yang lemah tentu akan melemahkan sistem imun. Sehingga, sangat rentan terhadap berbagai macam bakteri dan virus. Melemahnya daya tahan tubuh ini tidak saja disebabkan oleh pola hidup. Ternyata juga disebabkan oleh minum kopi tanpa gula secara berlebih. Sebab kopi akan menyerap vitamin, mineral, dan cairan tubuh. Tubuh yang membutuhkan ketiga elemen tersebut tidak secara penuh masuk dalam tubuh.

  1. Menyebabkan Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur sebuah kondisi yang merusak tubuh. Sebab organ-organ yang ada membutuhkan waktu untuk beristirahat. Ibaratnya sebuah mesin istirahat akan mengurangi kerusakan, begitu juga dengan tubuh. Ketika terserang insomnia tentu tubuh akan terus bekerja. Insomnia akan membuat gelisah, jantung berdebar-debar dan menurunnya sistem imun tubuh. Salah satu penyebab dari insomnia ini adalah kopi tanpa gula. Sebab senyawa yang tidak mudah larut akan merangsang otak untuk tetap bekerja. Sehingga menyababkan tidak mudah istirahat dan stres.

  1. Hipertensi

Hipertansi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang tubuh. Penyaki ini dapat mengakibatkan seseornag mengalami stroke. Hipertensi ini tidak saja disebabkan oleh pola hidup yang  tidak sehat. Melainkan disebabkan oleh konsumsi kopi tanpa gula yang berlebih. Senyawa yang terdapat dalam kopi secara perlahan akan mengakibatkan tekanan darah meningkat. Akibat yang ditimbulkan adalah hipertansi.

  1. Melemahkan Sel Otak

Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh. Otak inilah yang mengatur seluruh kinerja dari organ-organ tubuh. Ibrat sebuah mobil otak merupakan kontrol kendali. Untuk itulah penting menjaga kesehatan dari otak itu sendiri. Menjaga di sini tidak saja soal makanan melainkan dari minuman. Salah satu minuman yang tidak baik adalah kopi tanpa gula. Sebab minuman ini akan menurunkan sel otak. Sel yang menurun secara otomatis akan menurunkan dari kinerja otak itu sendiri. Kafein yang tedapaat dalam kopi akan menyebabkan lepasnya hormon kortisol, epinefrin, neropinefin yang merupakan hormon stress. Hormon in yang akan menganggu sistem kinerja dari otak.

  1. Vertigo Atau Pusing

Pusing atau vertigo salah satu penyebabnya adalah minuam kopi tanpa gula. Kafein yang terkandung dalam minuman ini akan membuat sel-sel yang mengarah ke kepala menajadi terganggu. Sel inilah akan mengalami tegang sehingga dampak yang dapat menimbulkan gejala vertigo. Semakin lama penyakit ini dapat menganggu dari kinerja otak.

  1. Produksi Urin Meningkat

Urin merupakan salah satu sarana pembuangan dari racun dan senyawa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Wajar jika urin akan keluar dalam beberapa jam dalam setiap hari. Namun, jika urin Anda keluar secara meningkat atau sering perlu diwasdai. Terlebih Anda baru mengkonsumsi kopi tanpa gula. Bisa jadi ini merupakan salah satu efek yang ditimbulkan. Kafein yang terdapat dalam kopi mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi urin. Senyawa itu banyak yang tidak diperlukan tubuh sehingga dikeluarkan melalui urin.

  1. Endometriosis

Istilah dari endometriosis mungkin asing untuk Anda. Terlebih bagi yang tidak memiliki riwayat pendidikann kedokteran. Endometriosisi ini merupakan sejanis asam amino esensial yang diproduksi oleh tubuh. Asam ini memang baik untuk tubuh, namun jika berlebih dapat menyebabkan kematin mendadak. Sebab akan meningkatkan homositein dan kadar glutathione yang rendah. Dalam kondisi yang demikian dapat menyebabkan kesimbangan organ tubuh terganggu dan menyebabkan kematian mendadak. Penting untuk Anda ketahui salah satu penyebab dari endometriosis meningkat ini adalah mengkonsumsi kopi tanpa gula secara berlebih. Untuk itulah penting Anda menghindarinya demi kesehatan yang terjaga.