Begini 19 Cara Melatih Otak Agar Tidak Mudah Lupa dan Selalu Aktif

736

Apakah akhir-akhir ini Anda merasa jauh lebih mudah lupa dalam banyak hal? Mungkin Anda mengenali wajah seseorang tapi tidak dengan namanya? Atau bahkan baru saja Anda mempelajari suatu hal dan beberapa waktu kemudian Anda sudah lupa apa yang dipelajari? Ini dia beberapa langkah atau cara melatih otak agar tidak mudah lupa yang bisa Anda intip.

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Ada banyak orang yang dengan sengaja melewatkan sarapannya karena terburu-buru atau alasan lainnya. Padahal sarapan pagi hari secukupnya, seperti makan telur rebus justru mampu membuat kapasitas kerja seseorang meningkat. Mengapa telur dianjurkan sebagai menu sarapan yang ideal?

Menurut seorang penulis The Brain Trust Program, Larry McCleary, M.D., telur kaya akan asam lemak omega-3, sifat antioksidan serta vitamin B sehingga bagus dalam menjaga kesehatan fungsi neuron serta mendukung sel-sel saraf dalam proses pembakaran glukosa dalam tubuh. Selain telur, sarapan brokoli dan ikan adalah pilihan yang baik untuk menjaga fungsi otak.

  1. Olahraga Teratur

Berolahraga rutin tak hanya menjadi cara mengatasi palpitasi jantung yang ampuh atau cara menurunkan berat badan saja. Menurut hasil penelitian oleh Dr. David Jacobs di University of Minnesota, melakukan olahraga secara rutin justru melatih otak agar memiliki ingatan yang baik bahkan saat usia sudah lanjut pun ingatan tetap bagus.

  1. Menghindari Multitasking

Beberapa orang mungkin tak terbiasa dengan multitasking, tapi justru ada yang sangat bisa melakukan multitasking. Pada dasarnya, kapasitas otak setiap manusia berbeda-beda, jadi jika Anda ingin melatih otak supaya ingatan kuat sebaiknya fokuslah pada satu hal dulu baru beralih ke urusan lain supaya lebih optimal.

  1. Makan Coklat

Banyak orang menggemari coklat dan jika Anda salah satunya, maka ini adalah keuntungan bagi Anda yang ingin melatih otak supaya tak gampang lupa. Dopamine diproduksi oleh otak ketika Anda makan coklat sehingga proses mengingat dan pembelajaran suatu hal bisa jadi lebih baik dan optimal. Fungsi otak juga bakal meningkat berkat antioksidan dari coklat.

  1. Mempelajari Alat Musik Baru

Dalam melatih otak, tentu otak perlu dibiasakan untuk mengingat dan terus belajar. Jika Anda tertarik dengan alat musik, jangan ragu untuk memilih salah satu alat musik yang paling ingin Anda kuasai. Tingkatkan bakat Anda dengan mempelajari alat musik tersebut secara serius.

  1. Mempelajari Bahasa Asing

Jika Anda kurang suka atau kurang minat terhadap alat musik, maka bahasa asing bisa jadi pilihan alternatif. Mempelajari bahasa baru akan membantu agar otak terlatih berpikir dengan cara yang berbeda. Menghafalkan kosa kata dan sebagainya selain seru juga akan membuat otak jadi tak gampang lupa.

  1. Memvisualisasi Ingatan Melalui Gambar

Sebagian orang lebih nyaman belajar dari buku yang isinya terdapat gambar ketimbang yang semuanya tulisan. Memang menurut hasil penelitian di University of Helsinki, visualisasi informasi melalui gambar memang jauh lebih efektif dan akan lebih bertahan lama di otak daripada informasi berupa tulisan saja.

  1. Menulis

Rajin menulis informasi yang Anda dapat dari bacaan, audio atau visual rupanya merupakan trik sederhana dan jitu dalam melatih otak supaya mengingat secara lebih gampang segala informasi tersebut. Jika Anda suka menulis, maka ini adalah cara yang bisa dipraktekkan agar otak otomatis mengingat informasi apapun itu.

  1. Tidur Cukup

Salah satu akibat kurang tidur malam adalah mudah lupa, hilang konsentrasi, dan juga mudah kebingungan bukan? Oleh sebab itu, melakukan yang sebaliknya, yakni tidur secara cukup 8-9 jam sehari akan membantu Anda agar fungsi otak bekerja dan dapat mengingat secara lebih baik.

  1. Berbagi Informasi Kepada Orang Lain

Mirip dengan menulis informasi yang kita dapatkan, berbagi informasi kepada orang lain dari yang sudah kita peroleh akan jauh lebih efektif dalam melatih otak untuk terus mengingat info tersebut secara jangka panjang. Inilah alasan mengapa seorang dosen dan guru dapat secara lancar menjawab berbagai pertanyaan karena sudah terlalu hafal akan materi yang mereka sering pelajari dan bagikan.

  1. Mengonsumsi Lebih Banyak Sayuran Hijau

Sayuran hijau segar seperti brokoli dan bayam bukan hanya sekadar makanan yang mengandung serat tinggi, tapi juga makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak dalam hal daya ingat. Rajin makan sayur tak hanya menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan, tapi juga risiko penurunan daya ingat pada otak.

  1. Membatasi Makanan Manis

Selain rajin makan sayur, dianjurkan bagi Anda yang ingin melatih otak agar tak gampang lupa untuk menghindari makanan dan minuman manis berlebihan. Salah satu bahaya makan manis adalah terganggunya kemampuan berpikir sehingga mulai dari sekarang perlu ada pembatasan konsumsi segala yang manis-manis.

  1. Makan Buah Segar

Melatih otak tidak melulu tentang mempelajari hal-hal baru, tapi juga dengan cara menjaga asupan makanan. Selain membatasi makanan manis dan memperbanyak makan sayur, makan buah segar juga akan meningkatkan kinerja otak sehingga performanya lebih optimal serta tak gampang lupa.

  1. Bermain Game Teka Teki

Otak bagaikan mesin yang bila lama tak dipakai maka dapat tumpul dan kurang bisa bekerja secara maksimal. Jika Anda setuju, latihlah otak agar tak gampang lupa dengan bermain games yang berbau teka-teki. Selain seru, tentu permainan seperti ini dapat mengasah otak secara lebih efektif.

  1. Bermain Game Puzzle

Main puzzle di mana Anda perlu menyusun berbagai pecahan gambar agar bisa jadi satu keutuhan yang sempurna sangat asyik bagi beberapa orang. Permainan seperti ini adalah suatu koordinasi antara tangan kita dengan otak yang bukan cuma meningkatkan konsentrasi melainkan juga daya ingat.

  1. Aktif Bergaul atau Bersosialisasi

Otak akan jauh lebih sehat dan kuat kalau digunakan untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Melemahnya ingatan terkadang dapat disebabkan oleh kebiasaan kita yang enggan bergaul, jadi membuka diri dan mengajak ngobrol duluan orang yang kita jumpai bisa melatih otak supaya lebih aktif dan tak mudah lupa.

  1. Rajin Membaca

Selain rajin menulis, rajin membaca pun menjadi salah satu cara melatih otak supaya otak tidak gampang lupa yang paling dianjurkan. Membaca buku non fiksi maupun fiksi sama baiknya untuk menambah pengetahuan sekaligus menjadikan otak aktif dalam menyelami dan membuat alur cerita.

  1. Membatasi Makanan Cepat Saji

Makanan-makanan cepat saji, junk food serta makanan kemasan bukan hanya menimbulkan risiko tekanan darah tinggi ataupun kolesterol tinggi, melainkan juga mampu melemahkan otak. Supaya ingatan makin kuat dan fungsi otak tak terganggu, hindari makan junk food, fast food dan makanan kemasan terlalu berlebihan.

  1. Senam Otak

Mungkin Anda pernah dengar tentang brain gym. Metode ini bertujuan utama meningkatkan kemampuan otak, melatih otak agar tak jadi gampang lupa. Cara melakukannya sangat mudah, yakni ujung jari tengah dan telunjuk bisa menekan bibir bagian bawah, lalu juga area atas tulang kemaluan (tepatnya adalah bawah pusar 15 cm) menggunakan jari tengah dan telunjuk tangan satunya selama 30 hitungan.

Dari bawah bibir, jari tangan bisa beralih menekan daerah tengkuk sekitar 5 cm kanan serta kiri batas pertemuan antara leher dan juga rambut. Sementara itu, tangan satunya lagi bisa digunakan untuk menyentuh dan mengelus area dekat pusar dengan 30 hitungan.

Demikian cara melatih otak agar tidak mudah lupa dan selalu aktif yang sederhana serta bahkan sangat seru untuk dilakukan. Agar sampai tua Anda memiliki otak yang berfungsi secara maksimal, ubah pola hidup Anda dan isi waktu Anda dengan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan otak.