Ketahui 15 Cara Mengatasi Palpitasi Jantung Alami dan Mudah Dilakukan Ini !

564

Masalah kesehatan jantung memang teramat beragam, ada pula yang dinamakan dengan palpitasi jantung, yakni kondisi detak jantung yang detaknya tak berirama, atau mungkin malah detaknya terlalu lambat, atau juga bisa detaknya memiliki kecepatan di atas normal. Berikut adalah sejumlah rekomendasi cara mengatasi palpitasi jantung paling bisa Anda andalkan karena alami dan efektif.

  1. Tidur Cukup

Terkadang masalah utama mengapa seseorang terkena palpitasi jantung adalah karena tidak mendapatkan cukup tidur. Pastikan untuk setiap hari tidur 8-9 jam dan tidak kurang dari 6 jam terlalu sering sebab tidur adalah cara untuk memperbaiki jaringan sel tubuh agar bisa bekerja dengan lebih baik, termasuk jantung yang mengalami palpitasi.

  1. Membatasi Asupan Kafein

Hindari konsumsi kafein terlalu banyak dan berlebihan, seperti konsumsi minuman berenergi, kopi, minuman ringan (soft drinks), coklat dan juga teh. Banyak orang membutuhkan kafein untuk membuat tubuhnya lebih bertenaga, namun justru kafein juga yang mampu memicu palpitasi jantung. Bacalah dulu pada kemasan minuman yang hendak Anda minum berapa kadar kafeinnya.

  1. Minum Jus Anggur

Jus anggur yang paling dianjurkan di sini tentu adalah jus anggur alami dan bukan yang kemasan supaya jauh lebih baik dalam memberikan efek mengatasi palpitasi jantung Anda. Minumlah jus anggur setidaknya 2 gelas setiap hari agar kesehatan jantung kembali normal.

  1. Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 bukan hanya bagus untuk meningkatkan kesehatan otak, melainkan juga mampu menjaga kesehatan jantung. Ketika terjadi palpitasi, maka konsumsi minyak ikan bakal turut mengendalikan palpitasi sekaligus menstabilkan juga membran sel jantung.

  1. Mengonsumsi Jambu Biji

Ketika mengalami palpitasi jantung, Anda bisa coba atasi dengan mengonsumsi jambu biji 1 buah setiap hari. Lebih dianjurkan bagi Anda untuk memakannya di pagi hari sebelum sarapan apapun, alias ketika perut masih kosong. Cara ini jauh lebih efektif dalam mengembalikan kenormalan detak jantung yang sempat kurang teratur sebab jambu biji sendiri juga bisa menangani anemia serta kecemasan berlebih.

  1. Mengonsumsi Kayu Manis

Jantung membutuhkan kayu manis untuk terjaga tetap sehat, ini karena di dalam kayu manis ada kandungan kalium dan mangan. Cukup konsumsi segelas air kayu manis hangat (cara membuatnya cukup dengan mencampurkan bubuk kayu manis 1 sendok teh ke segelas air hangat). Konsumsilah setiap hari segelas saja untuk sekaligus menjadi cara melancarkan peredaran darah.

  1. Minum Madu

Detak jantung yang tak beraturan dapat coba diatasi pula dengan mengonsumsi madu. Asalkan Anda meminum madu murni, detak jantung bisa normal kembali sesudah meminumnya rutin. Untuk kesehatan jantung, silakan meminum campuran segelas air lemon yang dicampur sesendok teh madu.

  1. Olahraga Teratur

Salah satu cara paling tepat dan baik dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Seminggu Anda bisa lakukan olahraga 3-4 kali di mana masing-masing bisa dilakukan selama 20 menit. Dalam menguatkan otot jantung, olahraga seperti tenis, bersepeda, berenang, lari dan jalan kaki bisa dilakukan.

  1. Mengurangi Stres

Selain berolahraga dan tidur cukup, tahu bagaimana cara menghilangkan stres atau setidaknya tahu cara mengatasi stres yang aman akan membantu Anda mengurangi masalah palpitasi jantung. Melakukan latihan pernapasan, latihan fisik seperti Yoga, bermeditasi, dan cara relaksasi lain bisa coba dilakukan.

  1. Berhenti Merokok

Berbagai macam kebiasaan buruk mampu menjadikan kesehatan jantung menurun atau bahkan mendatangkan gangguan pada jantung. Contohnya saja merokok, aktivitas ini sebaiknya Anda hindari sebab merokok pun memberikan dampak buruk bagi fungsi saraf sekaligus peredaran darah.

  1. Membatasi Asupan Alkohol

Anda salah satu orang yang suka minum minuman beralkohol dan mungkin bahkan sudah terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya? Membatasinya tidak akan membuat Anda rugi karena sama seperti rokok, alkohol pun bisa memengaruhi kesehatan sistem saraf dan menghambat aliran darah yang berdampak pada tak teraturnya detak jantung.

  1. Batuk

Sama seperti cara mengatasi sesak nafas pada malam hari, saat jantung mengalami palpitasi sehingga detaknya kurang teratur, Anda bisa membatukkannya dengan sengaja. Batuk dengan kuat selama beberapa menit justru sangat membantu menormalkan lagi detak jantung yang iramanya tak teratur.

  1. Minum Air Dingin

Palpitasi jantung dapat terjadi karena dehidrasi dan meminum air putih dingin mampu mengejutkan sistem saraf Anda. Tak hanya itu, minum air putih dingin bisa mengatur ulangi irama detak jantung supaya bisa lebih normal. Minumlah air putih ataupun air putih dingin setiap 2 jam supaya tubuh tetap segar, terjauh dari bahaya dehidrasi, dan mampu mengatasi palpitasi jantung.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium Tinggi

Makanan-makanan bermagnesium tinggi seperti kale, quinoa, pisang, coklat hitam, alpukat, oatmeal, almond, yogurt dan bayam perlu Anda konsumsi. Tubuh dengan palpitasi jantung memerlukan asupan magnesium lebih banyak. Anda pun bisa mengonsumsi magnesium dalam bentuk suplemen, asalkan di bawah pengawasan dokter.

  1. Menghindari Obat Terlarang

Penggunaan jenis-jenis narkoba alias obat-obatan terlarang adalah faktor yang bisa juga memengaruhi kesehatan jantung serta memicu palpitasi. Sama seperti halnya kebiasaan merokok dan minum minuman keras, hindarilah agar Anda bisa mengatasi palpitasi secara tuntas tanpa obat-obatan kimia.

Jika cara-cara mengatasi palpitasi jantung tersebut kurang begitu efektif, maka segera hubungi atau temui dokter sebab selalu ada kemungkinan palpitasi jantung yang dialami cukup serius sehingga memerlukan bantuan medis.