Home Tips KesehatanKesehatan Mulut Begini 17 Cara Mengatasi Meludah Terus Menerus Layak Anda Coba !

Begini 17 Cara Mengatasi Meludah Terus Menerus Layak Anda Coba !

by Erlita

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk meludah, hal ini sebenarnya termasuk kebiasaan yang wajar apabila dilakukan sesekali. Namun kalau aktivitas meludah ini dilakukan secara terus-menerus, tentu cukup mengganggu bagi diri sendiri begitu juga bagi orang lain yang ada di sekitar Anda bukan? Oleh karena itu, beberapa rekomendasi cara mengatasi meludah terus-menerus di bawah ini kiranya bisa Anda coba.

  1. Membatasi Asupan Makanan Berkarbohidrat

Tentu kebanyakan dari kita menggemari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, salah satunya adalah nasi sebab tanpa makan nasi biasanya kita akan kurang puas karena merasa kurang kenyang. Baik itu nasi putih, tepung ataupun gula di mana sumber karbohidrat yang termasuk tinggi, sebaiknya dihindari. Ini karena produksi air liur kita bisa meningkat karena asupan karbohidrat tersebut.

  1. Rajin Menyikat Gigi

Tingkat kebersihan bagian dalam mulut dan gigi yang rendah dapat menjadi penyebab air liur terproduksi secara berlebihan yang pada akhirnya memicu aktivitas meludah terus-menerus. Itulah kenapa, penting untuk rajin menyikat gigi, antara 2-3 kali dalam sehari. Selain mampu mencegah sakit gigi, tentunya meludah terus-menerus akan dapat diatasi.

  1. Minum Air Putih

Saat seseorang kurang minum air putih dan mulut terasa kering, maka ia akan cenderung menelan air liur terus-menerus di mana itu artinya produksi air liur jauh lebih banyak. Jadi untuk menghindari air liur yang ditelan atau bahkan dikeluarkan dengan cara meludah tidak terlalu banyak, Anda bisa mulai mengonsumsi air putih yang banyak di mana hal ini pun menjadi pencegah dehidrasi.

  1. Mengunyah-ngunyah Permen Karet Tanpa Gula

Walau memang tak begitu berpengaruh cukup besar pada produksi air liur Anda, kebiasaan meludah terus-menerus bisa diatasi dengan mengunyah permen karet sebagai pengalih perhatian Anda. Namun agar tidak kebanyakan asupan gula yang tak baik bagi kesehatan gigi, maka permen karet bebas gula lebih dianjurkan.

  1. Mengulum Es Batu

Dalam mengatasi aktivitas meludah secara terus-menerus, Anda perlu juga mencoba menggunakan es batu. Ya, kulumlah sebuah balok kecil es batu yang biasa Anda buat dan simpan di freezer, lalu biarkan selama beberapa menit. Alhasil, biasanya produksi air liur akan berkurang sehingga Anda tak perlu harus meludah terlalu sering.

  1. Tidak Merokok

Selain demi menghindari penyakit akibat merokok yang berbahaya dan mengancam kesehatan Anda, menghindari aktivitas merokok pun mampu menjadi cara untuk mengendalikan produksi air liur. Itu artinya, meludah terus-menerus juga bisa otomatis diatasi secara efektif dan alami.

  1. Mengunyah Daun Mint

Hampir sama efeknya dengan mengunyah es batu yang adem, daun mint memberikan rasa adem di dalam mulut jika dikunyah beberapa menit. Hal ini adalah sebuah cara sederhana nan alami yang akan mengendalikan produksi air liur secara jitu sambil juga menghilangkan masalah nafas tak sedap alias bau mulut.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt tanpa rasa adalah yogurt yang bisa membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan meludah terlalu sering. Ini karena yogurt memiliki kemampuan tinggi sebagai pengendali produksi berlebihan air liur yang disebabkan oleh pH mulut yang tak seimbang atau tak normal. Jadi, mengonsumsi yogurt sama dengan cara alami untuk membuat pH mulut seperti seharusnya lagi.

  1. Mengulum Irisan Jahe

Siapa sangka bahwa jahe punya segudang khasiat dan tak hanya melulu digunakan ketika seseorang sedang masuk angin saja. Ya, sediakan serimpang jahe untuk Anda iris tipis menjadi beberapa bagian, kemudian lanjutkan dengan menaruhnya di dalam mulut. Tunggu beberapa menit dan pastikan Anda tidak mengunyahnya karena cukup mengulumnya seperti permen saja bisa membantu mengendalikan produksi air liur.

  1. Minum Larutan Cengkeh

Larutan cengkeh yang dimaksud di sini adalah bubuk cengkeh sedikit yang dicampurkan bersama air putih, lalu Anda pun siap untuk meminumnya. Cara ini tergolong ampuh dalam menjadi pengontrol aktivitas meludah berlebihan. Bahkan jika ingin mengunyah cengkeh mentah pun bisa Anda coba lakukan jika ingin.

  1. Mengonsumsi Campuran Lada Hitam, Jahe dan Madu

Bila cara-cara biasa dan sederhana tadi kurang begitu ampuh, Anda layak mencoba memraktekkan pembuatan bubuk lada hitam secukupnya bersama dengan jahe yang juga dalam bentuk bubuk (supaya lebih praktis), lalu dicampur bersama madu 1 sendok makan. Setelah tercampur, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sampai masalah air liur teratasi.

  1. Minum Larutan Kayu Manis

Setelah cengkeh, ada pula larutan kayu manis yang bisa dibuat dengan mudah untuk mengatasi meludah terlalu sering. Kayu manis dalam bentuk bubuk bisa diambil secukupnya yang Anda bisa campur bersama air seperlunya. Beberapa menit Anda perlu merebusnya dan saringlah setelah membiarkan selama 10 menit; konsumsi setiap hari larutan ini bisa berpengaruh baik pada produksi air liur.

  1. Menghindari Kopi

Minum kopi percaya atau tidak juga mampu meningkatkan produksi air liur yang jadinya akan memicu aktivitas meludah secara lebih sering. Jika Anda biasanya terlalu banyak minum kopi, maka cobalah membatasinya atau imbangi dengan banyak-banyak minum air putih setelah mengonsumsi supaya air liur tak terproduksi berlebih.

  1. Menghindari Makanan Pedas

Makanan pedas kita tahu adalah salah satu pemicu meningkatkan produksi air liur dalam mulut oleh kelenjar air liur. Oleh sebab itu, hindari makanan yang terlalu pedas atau batasi agar tidak banyak makan pedas supaya air liur tidak justru malah terangsang untuk keluar secara lebih banyak.

  1. Menghindari Makanan Asam

Sama seperti makanan pedas, makanan dengan rasa asam mampu merangsang produksi air liur menjadi lebih dari biasanya. Karena produksi air liur lebih banyak, ini akan memicu aktivitas meludah lebih sering atau terus-menerus. Jadi, pastikan Anda menghindarinya atau sebisa mungkin membatasi.

  1. Mengonsumsi Makanan Non Tepung

Ada banyak jenis makanan yang tak mengandung atau tak memakai tepung pada pembuatannya, seperti misalnya lobak, seledri, paprika, selada, hingga produk keju dan juga telur. Kandungan glukosa pada tepung mampu memicu produksi air liur secara lebih banyak, jadi pastikan Anda konsumsi makanan yang non tepung saja.

  1. Mengatasi Penyakit Penyebabnya

Air liur yang diproduksi secara lebih banyak bisa jadi adalah gejala dari beberapa jenis penyakit, seperti mulai dari sariawan, infeksi rongga mulut, penyakit asam lambung, gigi berlubang, infeksi rabies, TBC, hingga penyakit gangguan pengendalian otot mulut. Jika cara-cara alami di atas tidak mampu mengatasi kondisi meludah terus-menerus yang Anda lakukan, segera ke dokter.

Itulah serangkaian cara mengatasi meludah terus-menerus yang dapat Anda coba lakukan. Semoga berhasil dan kiranya bermanfaat, namun jangan ragu segera menemui dokter apabila penyebab meludah terus-menerus ada kaitannya dengan penyakit tertentu.

You may also like