Jarang Diketahui, Ini Khasiat Tomat Untuk Ibu Hamil

Selain terkenal sebagai bahan masker alami, buah merah segar dan berair ini terkenal baik untuk memenuhi nutrisi selama masa kehamilan. Buah apakah itu? Ya, buah tomat memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui orang lho. Mau tau lebih lanjut? Baca terus artikel ini ya!

  • Beragam nutrisi dalam satu buah

Sudah bukan rahasia bila buah tomat terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Sebanyak 34 miligram vitamin C dapat kita dapatkan dari 100 gram buah tomat. Vitamin C sendiri dibutuhkan untuk membantu penyerapan zat besi pada ibu hamil sehingga ibu hamil tidak akan mengalami anemia defisiensi zat besi. Kandungan vitamin C yang tinggi juga turut membantu dalam proses pembentukan kulit.

Selain vitamin C yang dimiliki, buah tomat juga dipenuhi oleh kandungan karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, fosfor dan karoten. Oleh karena itu, buat tomat bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menjadi sumber energi.

  • Sumber antioksidan yang baik

Buah tomat memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada buah tomat mampu melancarkan pencernaan. Terlebih lagi, wanita hamil seringkali mengeluhkan sembelit atau susah buang air besar. Anda bisa mendapatkan 1,5 gram serat dalam setiap 100 gr buah tomat. Kandungan serat yang cukup tinggi ini akan membantu meningkatkan gerak peristaltik pencernaan, memberikan cukup cairan untuk mencerna, serta melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan.

  • Mencegah timbulnya masalah kehamilan

Normalnya, tekanan darah pada ibu hamil memang meningkat dari tekanan darah normal karena sumber pompa (jantung) akan bekerja untuk dua manusia. Namun, tekanan darah pada ibu hamil tidak akan meningkat terlalu ekstrem. Peningkatan tekanan darah yang terlalu ekstrem akan mengindikasikan terjadinya pre eklampsia (keracunan kehamilan) dimana keselamatan ibu dan janin terancam. Hebatnya, kandungan kalium dari tomat dapat mencegah hal ini terjadi. Sebanyak 165mg kalium yang terdapat pada 100 gr buah tomat dapat membantuk meningkatkan aliran darah juga menurunkan tekanan darah ibu.

  • Sumber asam folat alami

Selain akndungan nutrisi baik yang telah dijabarkan di atas, buah tomat juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Memang, asam folat biasa diperoleh dari suplemen dan susu ibu hamil. Namun alangkah baiknya bila ibu hamil mengonsumsi asam folat dari bahan alami yang bisa dikombinasikan dengan menu makanan sehari-hari. Asam folat sendiri bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya gangguan pembentukan tabung saraf (spina bifida) yang dapat menyebabkan gangguan pembentukan cephal dimana sebagian besar otak, tengkorak, dan kuit kepala tidak terbentuk sempurna (anencephaly).

Demikian manfaat buah tomat bagi ibu hamil yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share kepada orang-orang terdekat ya!