Benjolan Dihidung Anak dan Orang Dewasa

7124

Benjolan dihidung adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi didalam saluran rongga hidung yang bisa menyerang anak anak maupun orang dewasa. Benjolan dihidung seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak berbahaya, Namun banyak orang baru mengeluh ketika dirinya mengalami kesulitan bernafas dimana kondisi tersebut masih selalu dihubung hubungkan dengan kondisi iklim yang sedang tidak menentu. Adanya benjolan didalam hidung biasanya disebut polip yang merupakan penyebab pertumbuhan daging bersifat jinak pada lapisan mukosa hidung yang letaknya diantara dua sisi saluran hidung. Tumbuhnya polip disebabkan adanya penumpukan kotoran yang telah bercampur dengah bakteri, infeksi atau adaanya peradangan sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal pada dinding lapisan mukosa hidung berupa daging kecil jinak yang bisa semakin membesar dan menyumbat saluran hidung.

Pembesaran polip dapat dirasakan ketika seseorang tidak dapat bernafas melalui hidung karena penyumbatan saluran hidup sudah tertutup dengan polip yang menghalangi jalannya oksigen yang melewati batang hidung. Perlu diketahui bahwa benjolan yang tumbuh didalam hidung merupakan jenis kelainan pada hidung manusia.

Benjolan dihidung dapat terbagi menjadi 2 jenis jika dilihat dari penyebabnya, yaitu :

1 .Penyebab Benjolan pada bagian luar hidung

Benjolan yang terjadi diluar rongga hidung dapat terjadi pada segala usia dan bahkan sering dialami hampir semua manusia yang biasanya disebabkan karena serangan radikal bebas dan karena genetik. Benjolan pada hidung sangat berhubungan dengan kesehatan sinusitis seseorang. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kita mengetahui cara mengobati sinusitis secara alami

  1. Adanya kista ateroma
  2. Adanya jerawat batu yang membandel
  3. Adanya tumor jinak yang sedang berkembang
  4. Adanya sel kanker kulit yang sedang berkembang
  5. Adanya kelainan kulit yang disebabkan virus

2.  Penyebab Benjolan pada bagian dalam hidung

Benjolan dihidung merupakan ciri ciri penyakit sinusitis  yang biasa disebut polip dapat terjadi pada orang orang yang sebelumnya menderita beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

  1. Penyakit asma yang sering kambuh
  2. Penyakit sinusitis yang sudah kronis
  3. Sindrom churg strauss
  4. Menderita rinitis elergik
  5. Menderita infeksi akibat mengkonsumsi obat obatan pereda rasa sakit

Benjolan dihidung biasanya tumbuh pada wilayah selaput lendir didalam rongga hidung dimana terjadi pembesaran yang diakibatkan adanya penumpukan atau pengendapan cairan disaluran pernafasan kedua sisi hidung. Benjolan didalam hidung yang sering disebut sebagai penyakit polip ada 2 bagian yang memiliki karakteristik yang berbeda beda walaupun pada dasarnya menyebabkan gejala yang sama yaitu :

1. Benjolan hidung jenis Polip tunggal

Polip ini berasal dari lapisan yang ada dipermukaan dinding sinus tulang pipi yang biasanya tumbuh hanya satu buah namun dapat menyebabkan rasa nyeri pada wajah.

2. Benjolan hidung jenis polip multipe

Polip yang tumbuh didalam rongga hidung tepatnya pada permukaan dinding rongga tulang hidung bagian atas yang biasanya berjumlah lebih dari satu dan cenderung mengalami pembesaran lebih cepat.

Ciri ciri seseorang sedang terserang polip hidung :

1. Pilek tidak kunjung sembuh

Hidung yang berair akan datang kembali  beberapa saat kemudian setelah cairan dibuang keluar. Adanya polip yang belum membesar sudah bisa dijadikan penyebab pilek tidak kunjung sembuh yang lama kelamaan dapat membuat rongga hidung mengalami peradangan, Nyeri dan menyebabkan hidung menjadi kemerahan.

2. Kekebalan tubuh menurun

Seseorang yang terserang pilek berkepanjangan maka tampilan wajahnya akan pucat dan terlihat lelah dan mudah jatuh sakit.Namun pada orang orang yang menderita polip yang terserang pilek maka penyebab menurunnya kekebalan tubuh lebih dominan disebabkan karena adanya pertumbuhan yang tidak normal pada jaringan hidung,Sehingga anda memerlukan suplemen atau vitamin sebagai salah satu cara meningkatkan antibodi dalam tubuh , yang tujuanya agar tubuh tidak mudah terserang bakteri lain yang hanya akan menambah beban penderitaan polip yang sudah ada dalam rongga hidung.

3. Hidung tersumbat

Ketika hidung berair terus menerus dan berkepanjangan maka akan mengalami kesulitan ketika bernafas karena kedua saluran pada lubang hidung tidak normal dan hanya satu yang bisa terbuka. penyebab hidung tersumbat sebelah  tersebut sebaiknya segera diatasi agar saluran pernafasan tidak mengalami masalah yang lebih parah dan menyebabkan seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak.

4.Indera penciuman menurun (hidung tersumbat)

Ketika pilek berlanjut berkepanjangan pada penderita polip maka pilek dapat menjadi penyebab hidung tersumbat sebelah dan sulit untuk mencium aroma dengan normal. Salah satu Penyebab kelainan hidung tersebut akan memicu alat penciuman menjadi lebih tumpul dari hari ke hari jiika tidak segera dilakukan pengobatan.

5. Kekuatan indera perasa menurun

Penderita polip yang kronis dapat menyebabkan kepekaan indera pengecap pada lidah dapat ikut berkurang, Kondisi disebabkan saluran pernafasan sedang dalam keadaan tidak normal. kelainan hidung pada manusia  atau kelainan pada saluran pernafasan hidung dapat mempengaruhi kesehatan dan kondisi jaringan rongga mulut.

6. Terserang insomnia

Seseorang yang didalam rongga hidungnya terdapat polip dan tidak mendapat pengobatan selama berbulan bulan maka akan menyebabaakan seseorang terserang kesulitan tidur. Keberadaan polip dalam rongga hidung mampu menyebabkan gangguan terhadap saraf saraf mata dan kepala sehingga kondisi itu dapat menjadi penyebab insomnia

7. Tidur mendengkur

Seseorang yang menderita polip bukan hanya akan mendapat kesulitan bernafas dan menderita pilek yang berkepanjangan namun dapat menjadi penyebab tidur mendengkur dengan suara yang keras dan berkesinambungan. Perlu diketahui bahwa Salah satu bahaya tidur saat mendengkur bagi kesehatan adalah minimnya oksigen yang masuk melalui rongga hidung dan hal itu dapat memperparah kondisi polip yang ada dalam rongga hidung.

8. Kelopak mata gatal dan bengkak

Seseorang yang mengidap polip yang tidak mendapat pengobatan maka akan mempengaruhi kondisi seputar mata menjadi terganggu yaitu sekitar mata akan mengalami ruam ruam merah yang gatal. Keberadaan polip yang terlalu lama dalam rongga hidung dapat menjadi salah satu penyebab kelopak mata gatal dan bengkak hal ini disebabkan saluraan rongga hidung dapat mempengaruhi saraf saraf yang ada didekatnya termasuk saraf wajah.

9. Menderita sakit kepala yang berulang

Seseorang yang mengalami gangguan pada sinusnya apalagi terdapat polip didalamnya maka munculnya sakit kepala tidak akan dapat dihindari. Gangguan yang terjadi pada daerah sinus sangat mempengaruhi saraf saraf kepala yang memang satu saluran. Jika seseorang menderita kesulitan bernafas dan terserang pilek berkepanjangan maka pasokan oksigen yang masuk melalui rongga hidung akan berkurang dan menghambat aliran darah disekitar kepala. Kondisi ini dapat menjadi penyebab sakit kepala yang datang berkesinambungan.

10. Ada perubahan suara

Penderita polip yang membiarkan penyakitnya berlarut larut dan tidak segera mendapat pengobatan akan mengalami perubahan suara menjadi sengau, Serak, Bindeng dan nafas pendek. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Keberadaan polip yang semakin membesar dijaringan mukosa hidung adalah penyebab suara menjadi bindeng, Karena rongga hidung mendapat tekanan dan penyumbatan dari polip sehingga keluar masuk oksigen tidak normal. Perubahan suara dapat kembali seperti semula jika dilakukan pengaangkatan polip melalui pembedahan kecil.

Tentang Diagnosa

Sebelum dokter menyatakan bahwa seseorang telah menderita polip, Biasanya dokter akan melakukan beberapa langkah pemeriksaan untuk mendiagnosa tubuh pasien.

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan fisik termasuk pemeriksaan rongga hidung bagian dalam dan meminta cairan ingus pasien yang nantinya akan diuji laboratorium dan  diperiksa dengan seksama guna memastikan ada tidaknya polip  atau seberapa berbahaya polip yang sudah tumbuh.
  2. Melakukan tes medis dengan menggunakan MRI, CT Scan dan melalui biopsi benjolan yang dicurigai sebagai polip atau penyakit lain misalnya tumbuhnya tumor.
  3. Pemeriksaan ulang untuk memastikan adanya polip yang semakin berkembang telah terakumulasi dengan pertumbuhan sel tumor atau tidak. Biasanya tes ulang akan diberi hasilnya hari itu juga lalu pasien diberikan rekomendasi terakhir oleh dokter yang terkait tentang langkah pengobatan yang harus dijalani.

Langkah-langkah Pengobatan

Seseorang yang telah terdianosa menderita pertumbuhan polip didalam rongga hidungnya, Maka dokter akan melakukan langkah langkah pengobatan yang disesuaikan dengan bentuk dan jumlah polip itu sendiri.

  1. Jika polip dalam kondisi masih tumbuh kecil maka akan dianjurkan untuk dilakukan penyemprotan pada rongga dalam hidung  dengan penggunaan obat Steroid yang difomulasikan khusus untuk oplip hidung yaitu berupa Flutikason, Mometasone dan jenis budesonide
  2. Jika polip tidak sembuh dengan teknik penyemprotan steroid maka akan diambil langkah pemberian steroid oral dalam bentuk penyuntikan (injeksi) yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan.
  3. Dilakukan pembedahan dan pengangkatan polip jika keberdaan polip tersebut telah menghambat dan menyumbat saluran pernafasan atau dikarenakan tumbuhnya tumor jinak. Pembedahan polip dengan cara bedah sinus endoskop untuk polip yang berukuran besar dan tgidak mudah disembuhkan dengan cara penyemprotan dan injeksi sedangkan untuk polip yang kecil tertapi membandel maka akan dilakukan dengan pembedahan polypectmy.

Pencegahan lebih awal agar tidak terserang polip atau benjolan pada rongga hidung

  1. Rajin membersihkan rongga hidung dengan hati hati menggunakan alat yang steril, lunak dan tumpul misalnya Cutton bud yang sebelumnya telah dilumasi dengan baby oil atau minyak telon.
  2. Hindari aktifitas mencium bulu hewan berbulu secara berlebihan, Karena jika ada bulu atau bakteri yang masuk kerongga hidung maka akan memicu terjadi  infeksi yang menjadi salah satu penyebab munculnya polip.
  3. Menghindari atau memakai pelindung mulut dan hidung (masker) ketika berada pada lokasi yang biasa mempunyai kadar debu yang tinggi, Asap rokok,  Asap kendaraan, Asap pembakaran sampah dan berbagai macam asap lainnya.

Ramuan tradisional untuk sinusitis yang bisa dibuat sendiri dirumah yang mampu menyembuhkan polip yang telah bersarang didalam rongga hidung. Bahan bahan :

  1. Kunyit ukuran 2 ibu jari orang dewasa
  2. Daun sirih 7 lembar
  3. Jeruk nipis satu gelas ukuran sedang

Rebuslah daun sirih dengan air mineral hingga mendidih lalu dinginkan dan saringlah airnya. Kemudian Kunyit diparut dan peraslah sarinya kemudian campurkan air daun sirih dengan air kunyit lalu aduklah hingga merata, Tambahkan air jeruk nipis. Ramuan ini dapat diminum setiap hari satu kali agar kondisi polip dapat mengempis sedikit demi sedikit. Ramuan ini dalam kondisi yang masih hangat atau panas dapat dimana uap asapnya dapat digunakan untuk menguapi lubang hidung. Lakukan berkali kali untuk merawat kebersihan dan memperbaiki kelancaran hidung dari luar agar mempercepat penyembuhan polip dan dapat digunakan juga untuk mencegah munculnya penyebab ISPA pada anak dan dewasa.