17 Cara Mengatasi Jantung Lemah Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi jantung lemah secara alami sebenarnya cukup mudah, namun anda harus paham baha prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Fungsinya sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh yang berisi sari pati makanan dan oksigen sebagai bahan bakar manusia untuk melakukan aktivitas. Meskipun secara bentuk anatomi jantung hanya sebesar kepalan dua telapak tangan manusia, manfaatnya sangat luar biasa.

Sebagai alat yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, jantung di lengkapi dengan otot otot yang membantu kontraksi. Antara rongga atas jantung dan rongga bawah akan bekerja secara bergantian, Ketika rongga atas berkontraksi, maka darah akan mengalir ke luar jantung menuju ke seluruh tubuh. Lalu saat rongga bawah berelaksasi, maka darah akan mengalir masuk ke jantung dari seluruh tubuh.

Pasien yang mengalami gangguan jantung lemah memiliki arti jantungnya tidak bekerja secara normal. Artinya kemampuan jantung sudah menurun dari yang sebelumnya. Biasanya di tandai dengan aliran darah yang lambat dan tidak lancar.


Cara kerja otot jantung

Kemampuan otot jantung seperti kemampuan otot otot lainnya. Jika terlalu banyak di gunakan (mengalirkan darah lebih banyak dan lama) maka otot jantung juga bisa membesar. Seperti otot otot kebanyakan, jika banyak di gunakan maka otot juga membesar. Otot jantung juga seperti itu. Sayangnya jika otot jantung semakin besar, kemampuan untuk memompa darah akan lebih rendah dan menurun. Lama kelamaan efek panjangnya akan membuat jantung anda lemah. Untuk itu mulailah menghindari tekanan darah tinggi atau Hipertensi.

Otot jantung yang sedah lemah inilah yang paling susah di atasi. Kalau sudah sakit, maka kekuatan jantung untuk memompa darah akan berkurang. Seharusnya pasien mengoptimalkan kinerja jantung tersebut. Salah satu metodenya dengan mengonsumsi obat obatan yang membantu jantung untuk memompa darah.


Penyebab jantung melemah

Di sebut jantung lemah yakni apabila jantung tidak mampu memompa darah ke organ tubuh dengan jumlah eritrosit yang tepat. Hal ini bisa di sebabkan karena jantung yang sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Atau bisa saja karena darah tinggi (hipertensi), anemia, serta adanya gangguan pada denyut jantung.

Baca juga :


Gejala gangguan jantung lemah

Ciri Ciri Jantung Lemah

Beberapa gejala yang muncul karena jantung lemah adalah :

  • Lebih terasa mudah lelah, lemah, letih dan lesu
  • Jalan jauh sudah tidak kuat
  • Denyut jantung terasa berdebar debar (palpitasi)
  • Gejala kurang darah atau anemia
  • Mudah pusing
  • Beberapa orang mengalami mudah pingsan
  • Gejala sesak nafas
  • Mudah nyeri dank ram di tubuh
  • Sering terkena gangguan pencernaan
  • Terkena batuk yang tak kunjung sembuh dan kronis
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami gangguan berpikir


Untuk memastikan apakah seseorang tersebut terkena penyakit jantung atau tidak, maka bisa melakukan pengecekan ke dokter.

Ada beberapa cara alami yang bisa di gunakan untuk mengatasi penyakit jantung lemah secara alami. Salah satunya adalah :

1. Menghindari makanan yang memacu darah tinggi

Cara mengatasi jantung lemah secara alami yang pertama adalah dengan menghindari makanan. Untuk menghindari penyakit jantung secara alami adalah dengan menghindari makanan yang mengandung zat zat dimana bisa memacu darah tinggi. Misalnya sate kambing. Karena terdapat zat yang bisa meningkatkan pemasokan aliran darah lebih cepat. Hal ini bisa membuat jantung bekerja lebih keras yang bisa memberatkan kemampuan otot jantung

2. Mengurangi konsumsi garam

Selain itu bagi penderita yang mengalami gangguan jantung lemah harus mengurangi makanan yang terasa asin. Sebab zat garam bisa membuat tekanan darah tinggi. Tentu saja bisa membahayakan jantung.

3. Menghindari stress

Untuk membantu menyembuhkan penyakit di dalam tubuh manusia, maka harus melakukan penyembuhan dari pusat. Di sini yang di anggap pusat tubuh adalah otak. Psikologis memiliki efek yang cukup besar dan berpengaruh bagi tubuh manusia. Memulihkan dan mengurangi dampak jantung lemah di perlukan pengontrolan stress tubuh.


4. Perbanyak makan zat besi

Penyakit jantung lemah memang menjadikan tubuh anda kurang asupan sel darah merah di dalam tubuh. Padahal di sini manfaat sel darah merah tersbeut berguna untuk bahan bakar beraktivitas. Akibatnya karena kekurangan asupan dan produksi, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan dan mengganti kandungan karbon dioksida tubuh dengan oksigen. Maka di perlukan sel darah merah cukup.

5. Bahaya radikal bebas tinggi

Efek samping lain yang di hasilkan oleh adanya jantung lemah adalah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sangat berpotensi berkembang menajdi kanker. Maka banyaklah konsumsi makanan yang mengandung anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk. Salah satu efek jangka panjang dari minimnya kandungan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh adalah minimalisir resiko kanker.

6. Istirahat yang cukup

Jantung manusia merupakan salah satu otot yang bekerja di luar kesadaran. Meskipun anda sedang tidur, beristirahat, jantung dan segala komponen ototnya tetap bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Salah satu cara untuk lebih mengurangi beban kerja jantung adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Saat anda tidur dengan kualitas tidur yang baik, maka jantung anda juga bekerja dengan relaks.

7. Hindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang tidak baik di lakukan. Terutama bagi pasien yang sedang mengidap gangguan jantung lemah. Merokok bisa meningkatkan produksi karbon dioksida (CO2) dalam tubuh meningkat. Seseorang yang memiliki kelebihan karbon dioksida bisa mengakibatkan keracunan.

Baca juga :

8. Hindari melakukan aktivitas berat

Penderita yang mengalami gangguan jantung lemah sangat di waspadai melakukan aktivitas berat. Sebab mereka yang melakukan aktivitas berat cenderung membuat tubuh menjadi lemah. Tentu saja tubuh lelah akan membutuhkan pasokan oksigen ke dalam tubuh lebih banyak. Padahal seseorang yang mengalami gangguan jantung lemah, memerlukan waktu yang lebih lama dari orang normal untuk membawa dan mengalirkan darah sampai ke otak dan organ lain. Jika sampai organ tubuh vital, terutama otak tidak segera mendapat asupan oksigen yang cukup, penderita cenderung bisa pingsan.

9. Jangan tegang

Penderita yang mengalami masalah gangguan pada jantung tidak boleh merasa tegang. Sebab secara psikologis, efek tegang akan membuat jantung mereka berdebar debar lebih kencang. Di dalam jantung sana, berdebar debar ini berarti jantung anda tengah melakukan kegiatan yang cukup berat dan membutuhkan waktu yang cepat untuk sampaikan oksigen ke otak. Maka hindarilah perasaan tegang.

10. Control emosi dalam keadaan stabil

Emosi seseorang juga sangat berpengaruh terhadap gangguan hidupnya. Salah satunya adalah penderita jantung lemah. Emosi yang tidak stabil bisa mempengaruhi pikiran dan membuatnya kehilangan perasaan untuk melakukan suatu aktivitas.

11. Mengurangi makanan yang mengandung kolestrol tinggi

Makanan yang mengandung kolestrol tinggi berpotensi meningkatkan tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah manusia, maka kerja otot jantung juga semakin keras. Hal inilah yang di pandang buruk oleh jantung. Oleh sebab itu kurangilah makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Misalnya seperti menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan makanan bersantan.

12. Berolahraga yang teratur

Olahraga teratur merupakan salah satu cara untuk menghindari atau mengurangi resiko dan dampak jantung lemah. Sebab dengan melakukan olah raga, jantung sedikit di latih untuk menstabilkan denyut dan debarannya. Namun dengan kata lain, olahraga tersebut haruslah ringan. Sehingga tidak membuat jantung bekerja terlalu keras.

13. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung

Salah satu makanan yang baik untuk jantung adalah oatmeal. Memang rasanya agak kurang enak, sebab bahan dasarnya dari bahan makanan yang di sesuaikan untuk penderita jantung. Untuk mengantipasi rasanya yang agak kurang enak tersebut bisa di tambahkan madu, buah pisang atau strawberry.

Baca : Makanan sehat untuk jantung

14. Konsumsi blueberry

Buah ini memiliki kandungan anti oksidan poten resvaterol yang tinggi. Kandungan zat inilah yang membantu mengurangi dan menurunkan resiko penyakit jantung. Sudah banyak study kasus dan penelitian yang menyebutkan tentang hal tersebut.

15. Konsumsi the hijau

Teh hijau menjadi minuman yang paling banyak di gemari oleh orang orang yang sedang dalam program diet. Ternyata makanan ini pula yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan dari teh hijau ini adalah kaya akan anti oksidan, sebab terdapat zat resveratol dan katekin. Manfaat lain dari zat ini adalah membantu mengurangi penumpukan plak yang ada di dalam pembuluh darah. Hal ini sekaligus sebagai obat anti kanker.

16. Mengkonsumsi manggis

Buah manggis di perkaya dengan kandungan vitamin C dan E yang sangat baik mengoptimalkan kinerja jantung ke seluruh tubuh. Zat ini juga bekerja sebagai vasolidator. Maksudnya adalah membantu memperlebar pembuluh darah yang tersumbat, sekaligus bersifat anti lipedemik atau mampu membuang kolestrol. Manfaat lain yang di hasilkan oleh manggis ini juga bersifat anti atherosderotic atau mampu mencegah pengerasan arteri di dalam tubuh dan hypotensive atau bisa merendahkan tekanan darah menjadi normal. Paling utama dari manfaat yang di hasilkan di atas adalah bisa menguatkan kembali otot jantung

17. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kopi, teh, minuman energi adalah jenis minuman yang harus anda hindari ketika mengalami jantung lemah. Kafein akan memicu denyut jantung. Jadi harap anda hindari berbagai jenis minuman dan makanan yang berbahan dasar dari berbagai bahan tersebut.

Baca :

Itulah beberapa cara yang di gunakan untuk mengatasi jantung lemah.

Baca juga : Dokter jantung terbaik di Indonesia

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung