Ini Dia 8 Makanan Penurun Kolesterol Untuk Ibu Hamil

83

Para ibu hamil perlu tahu bahwa bayi yang lahir dari seorang ibu yang memiliki kolesterol tinggi ternyata berisiko tinggi mengalami pembentukan plak pembuluh darah yang lebih cepat jika membandingkannya dengan bayi yang dilahirkan oleh ibu yang memiliki kadar kolesterol normal dan stabil menurut The FELIC (Fate of Early Lesions in Children) Study. Memenuhi nutrisi dan asupan lengkap bagi tubuh ketika hamil itu wajib, tapi perhatikan juga makanan yang bisa menjaga kadar kolesterol tetap baik.

Seorang wanita di kala hamil memang kemudian berupaya agar asupan nutrisi bisa tercukupi demi perkembangan janin di dalam kandungan. Hanya saja nyatanya, banyak wanita hamil yang kemudian mengalami lonjakan kadar kolesterol begitu juga berat badan. Itulah kenapa, perlu lho melirik beberapa makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil ini.

  1. Oatmeal

Tak diragukan lagi, kalau oatmeal saja dapat menetralkan kadar kolesterol dalam darah orang pada umumnya, tentu ibu hamil pun bisa juga mengonsumsinya. Serat alami di dalam oatmeal akan menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik. Mengonsumsinya juga menjadi cara mencegah kelebihan berat badan akibat makan berlebihan.

  1. Alpukat

Lemak di dalam alpukat adalah lemak baik, ditambah serat tinggi di dalamnya akan memberi efek mengenyangkan yang tahan lama dan mampu menjadi penurun kadar kolesterol yang tinggi. Vitamin B1 dan juga B2-nya mampu meredakan morning sickness. Mengonsumsinya 2 buah sehari mampu meningkatkan asam lemak tak jenuh ganda lho.

  1. Biji Rami

Biji rami atau flax seeds layak dicoba untuk mulai dikonsumsi karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda sama seperti alpukat. Konsumsilah per harinya 50 gram supaya asam lemak tersebut bisa dipenuhi sebesar 16 gram. Ketika asam lemak ini ditingkatkan dan asupan kolesterol tinggi dikurangi, maka tubuh akan terasa jauh lebih baik.

  1. Delima

Sebagai penurun kolesterol dalam darah yang tinggi, buah delima layak dicoba juga. Tak hanya menstabilkan kembali kolesterol dalam tubuh, nyatanya asam folat yang ditawarkan buah ini juga mampu mendukung perkembangan otak janin lho.

  1. Brokoli

Makanan yang mengandung serat tinggi lainnya dan bagus untuk para ibu hamil dalam menurunkan kolesterol tinggi adalah brokoli. Kabar baiknya lagi, di dalam brokoli terkandung vitamin K serta mineral kalsium yang pastinya bisa mendukung janin berkembang secara sempurna.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kita tahu bernutrisi tinggi, ada kandungan vitamin B kompleks sekaligus vitamin E yang bermanfaat bagi saraf. Namun lebih dari itu, bagi ibu hamil dengan kolesterol tinggi juga bisa mengonsumsinya agar kadar kolesterol kembali normal. Cukup setiap pagi konsumsi saja minyak zaitun sesendok teh secara rutin.

  1. Jus Jeruk

Sumber vitamin C tinggi seperti jus jeruk bisa dikonsumsi rutin oleh para wanita hamil dengan keluhan kadar kolesterol tinggi. Meminum 2-3 kali dalam sehari dipercaya sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang ampuh lho. Terlebih ada sifat antioksidan tinggi di dalam minuman sehat ini yang pastinya bagus untuk kesehatan janin dan sang ibu.

  1. Nasi Merah

Sebagai ganti nasi putih, nasi merah sangat bagus dan dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki masalah kolesterol tinggi. Karbohidrat kompleks dan seratnya menjadi penurun kadar kolesterol yang dijamin aman dan pastinya akan menjaga kesehatan sang ibu beserta janin selama dalam kandungan.

Sebenarnya adalah hal wajar ketika kadar kolesterol naik di masa kehamilan, namun supaya tidak kemudian menimbulkan penyakit ada baiknya mulai membatasi makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan menghindari dulu makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Jika sudah telanjur ada lonjakan kadar kolesterol, segera cari dan asup makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil tersebut ya.