Kepala Terasa Berat dan Badan Lemas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kepala terasa berat dan badan lemas sering diderita oleh masyarakat kita. Salah satu jenis penyakit ini memang dianggap biasa dan tidak terlalu diambil pusing. Terlebih bagi yang memiliki aktivitas tinggi. Dianggap sebagai kelelahan, banyak aktivitas, dan kurang istirahat yang cukup. Memang ada kaitan dengan hal itu, namun penting untuk diketahui kapala terasa berat dan badan lemas dapat mengancam kesehata tubuh Anda.

Anda pasti berpikiran kepala terasa berat dan badan lemas bukan merupakan penyakit berbahaya. Jika Anda berpikir demikian itu merupakan hal yang fatal. Sebab dari hal sepele yang menyerang tubuh bisa menjadi penyakit berbahaya yang sangat mengancam. Untuk itulah sebagai antisipasi penting anda waspada akan segala penyakit yang ada. Jangan anggap selepe terlebih diberikan obat yang tidak jelas akan dosisnya. Tentu hal itu akan menjadikan kesehatan tubuh jauh lebih buruk. Sebagai antisipasi penting mengetahui penyebab dari kepala terasa berat dan bedan lemas.

  1. Stres

Penyebab pertama kepala terasa berat dan bedan lemas adalah stress. Stress ini dapat terjadi karena beberapa faktor, kelelahan setelah melakukan berbagai aktivitas padat. Mau menghadapi ujian sekolah dan menghadapi masalah yang cukup berat dalam kehidupan. Stress ini tidak secara langsung menimbulkan kepala terasa berat dan bedan lemas. Melainkan secara bertahap dan pelan-pelan akan menjadikan penyakit yang demikian. Untuk itulah penting bagi Anda ketika menghadapi tekanan yang tinggi dan merasakan gejala stress. Melakukan berbagai tindakan untuk mengurangi rasa tersebut. Tindakan itu semacam olahraga, melatih pernapasan untuk rileks, dan mencoba menghadapi sesuatu dengan kepala dingin. Sebab stress ini secara lebih lanjut akan menimbulkan berbagai gangguan tubuh lainnya.

  1. Waktu Makan Tidak Teratur

Waktu makan merupakan salah satu hal terpenting yang terkadang jarang disadari oleh masyarakat secara umum. Waktu makan ini berkaitan dengan waktu yang tepat, misalnya kapan harus sarapan, kapan makan siang, dan kapan makan malam. Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang super tentu waktu makan sangat terganggu. Karena bisa jadi saat jam makan terbentur dengan pekerjaan. Terlebih masih muda yang beranggapan tubuh masih kuat untuk menahan lapar. Penting untuk Anda ketahui waktu makan yang kurang tepat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, asam lambung , dan kepala terasa berat dan bedan lemas. Hal ini berkaitan dengan asupan gizi yang kurang teratur masuk ke dalam tubuh. Sehingga respon dari tubuh akan melalui berbagai cara salah satunya kepala berat dan badan lemas.

 3.  Kurang Olahraga

Olahraga memang bukan hal yang diragukan untuk kesehatan tubuh. Melalui olahraga akan membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Selain itu, olahraga juga akan menghilangkan racun-racun dan lemak dalam tubuh yang dikeluarkan lewat keringat. Berbeda cerita bagi Anda yang memiliki kesibukan. Olahraga menjadi salah satu kegiatan langka yang dilakukan. Meskipun demikian harus olahraga ini harus dilakukan mengingat salah satu dampaknya adalah kepala terasa berat dan bedan lemas atau kurang bertenaga. Tentu jika hal itu terjadi akan menganggu aktivitas sehari-hari Anda. Olahraga dapat dilakukan sebelum berangkat kerja atau sore hari setelah bekerja.


  1. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya bagi tubuh. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Salah satu penyebab kolesetrol berupa makanan yang kurang seimbang antara buah dan sayur, banyak makanan yang berlemak, kurang beristirahat, dan gaya hidup yang tidak sehat. Penting untuk Anda ketahui salah satu gejala yang timbul dari penyakit ini adalah kepala terasa berat dan bedan lemas. Hal ini disebabkan sistem matabolisme tubuh kurang berjalan dengan baik.

  1. Kelebihan Konsumsi Obat

Jika Anda merasakan kepala terasa berat dan bedan lemas penting untuk diwaspadai sebagai salah satu indikasi kelebihan obat. Obat memang baik untuk membantu menyembuhkan penyakit dan menjaga sehatan tubuh. Meskipun demikian jika mengkonsumsi dalam takaran yang berlebih dapat berbahaya untuk tubuh. Kepala terasa berat dan bedan lemas merupakan gejala awal. Setelah itu dapat menyebabkan kematian mendadak.

Selain mengetahui penyebab dari kepala terasa berat dan bedan lemas penting juga memahami cara untuk mengatasinya. Adapun cara itu sebagai berikut:

  1. Menjaga Asupan Makanan

Asupan makanan bagi tubuh ibarat mobil yang membutuhkan bensin. Jika berkurang ataupun mengandung senyawa berbahaya akan mengalami kerusakan. Sama halnya dengan tubuh manusia. Makanan yang seimbang antara buah dan sayur serta banyak vitamin memberikan asupan terbaik untuk tubuh. Selain itu, menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebab lemak ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

  1. Tidur yang Cukup

Istirahat jangan dianggap sepela. Hal ini justru akan mengembalikan energi tubuh dan mengistirahatkan organ-organ setelah seharian bekerja. Kualitas tidur akan menentukan kualitas tubuh Anda. Penting untuk Anda pahami hal tersebut.

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit