10 Akibat Kekurangan Mineral Bagi Kesehatan, Waspadailah

Mineral merupakan salah satu elemen terpenting dalam susunan tubuh manusia. Adanya mineral inilah yang akan memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Selain itu, juga berfungsi untuk membentuk kembali saraf yang rusak. Pembentukan sel-sel darah, dan menjaga sistem-sistem dalam tubuh kita untuk tetap berjalan sebagai mana mertinya. Begitu penting fungsi mineral bagi tubuh ketika mengalami kekurangan akan berdampak pula bagi tubuh. Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan akan menimbulkan berbagai macam masalah pada metabolisme tubuh kita. Semacam timbulnya pembekakan kelenjar gondok, diare, luka yang sulit mengalami kesembuhan, dan akibat lainnya.

Artikel ini akan mengupas terkait akibat kekurangan mineral bagi kesehatan. Dengan begitu anda akan dapat menganali gajala, mencegah, dan tentu menghindarinya. Berikut akan dipaparkan dampak kekurangan mineral itu.

  1. Yodium

Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan pertama berkaitan dengan yodium. Jenis mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena hermon tirosin di dalam tubuh kita membutuhkan yodium ini. Ketika anda mengalami kekurangan mineral jenis yodium ini akan mengalami masalah seperti pembekakan kelenjer gondok, yang sering terjadi penyakit gondok. Selain itu, ada juga disarankan untuk mengetahui  akibat kekurangan dan kelebihan yodium pada tubuh

  1. Selenium

Akibat kekurangan mineral berikutnya berkaitan dengan selenium. Mineral ni sangat berguna bagi tubuh karena akan memberikan panawar ketika terkena asupan makanan yang beracun, semacam antioksida. Kekurangan selenium ini akan menjadikan tubuh kita sulit untuk menetralisir racun yang masuk. Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah meningkatnya resiko kangker prostat.

  1. Tembaga

Akibat kekurangan mineral selanjutnya berhubungan dengan jenis mineral tembaga. Tembaga sendiri berupa zat yang berada ditubuh kita menunjang metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Akibat kekurangan mineral jenis ini akan menganggu tulang anda, utamanya akan mengalami kelainan tulang dan kurang darah.

4. Zinc

Zinc merupakan jenis mineral dalam tubuh manusia yang salah satu fungsinya berhubungam dengan kekebalan tubuh. Akibat yang ditimbulkan ketika mengalami kekurangan mineral ini tubuh akan mengalami penurunan daya tahan tubuh, mudah terserang penyakit atau virus, luka yang sulit proses pemyembuhan, dan diare. Selain itu, anda disarankan juga untuk mengetahui penyebab osteoporosis.

  1. Fosfor

Akibat kekurangan meneral bagi kesehatan berikutnya berkaitan dengan jenisnya yaitu berupa fosfor. Tubuh anda yang mengalami kekurangan fosfot akan mengalami masalah pasa otot dan tulang. Kedua elemen ini tentu berpengaruh kuat pada tubuh kita. Tanpa keduanya akan kesulitan untuk berdidi tegap dan melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami kekurangan mineral fosfor tubuh akan mengalami gangguan semacam tulang yang sering nyeri, perut terasa mual, dan dekat jantung yang tidak teratur. Tentu anda tidak menginginkan hal itu, untuk itu penuhilan asupan mineral terutama fosfor. Selain itu, ada disarankan juga untuk mengetahui akibat kelebihan dan kekurangan fosfor.

  1. Kalsium

Kalium sendiri sejenis mineral dalam tubuh kita yang sangat dibutuhkan, tertama pada masa anak-anak. Pada masa ini anak sedang mengalami pertumbuhan sangat membutuhkan kalium untuk mencukupi asupan nutrisi pada masa tumbuh kembang organ-organ tubuh. Pada orang dewasa dampak kekurangan mineral bagi kesehatan, utamanya kalsium akan mengalami osteoporosis, kejang, dan oesteomalasia. Tulang orang dewasa yang mengalami pergeseran sel-sel akan berdampak pula ketika kekurangan kalsium. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengetahui akibat kelebihan klorida dalam tubuh .

  1. Sodium

Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan berikutnya berhubungan dengan jenis mineral sodium. Suatu nutrisi yang penting untuk perkembangan tubuh kita, terutama untuk darah. Ketika anda mengalami kekurangan mineral sodium akan terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tentu anda tidak ingin mengalaminya. 


  1. Zat besi

Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan selanjutnya berkaitan dengan zat besi. Fungsi zat besi dalam tubuh sangatlah penting, yaitu untuk mengangkut oksigen menuju paru-paru. Ketika kekurangan mineral zat besi paru-paru kita akan mengalami kekuarangan pasukan oksigen. Sehingga, akan menganggu pernapasan dan menganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Selain itu, anda disarankan untuk mengetahui akibat kelebihan dan kekurangan zat besi.

  1. Mangnesium

Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan selanjutnya berkaitan dengan mangnesium. Sebagai salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh mangnesium penting pula untuk dipenuhi. Ketika tubuh tidak tercukupi secara baik akan mengalami beberapa masalah. Penyakit semacam muntah-muntah, diare, dan pusing. Kekurangan secara lebih parah akan mengakibatkan hilangnya nafsu makan, terganggunya saraf pusat, halusinasi, koma, dan gagal ginjal. Untuk itu, anda penting menjaga asupan mangnesium anda.

  1. Flor

Akibat kekurangan mineral bagi kesehatan selanjutnya berkaitan dengan jenis mineral flor. Fungsi utama mineral flor adalah untuk memperkuat gigi. Akibat kekurangan mineral jenis flor akan berdampak pada rapuhnya susunan gigi anda.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Mineral