Flagyl IV – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

131

Flagyl IV merupakan sebuah obat yang digunakan di dalam membantu mengatasi penyakit infeksi yang diakibatkan oleh serangan bakteri anaerob maupun juga protozoa. Bakteri ini nantinya akan memberikan dampak penyakit kepada pasien seperti terkena uretritis maupun juga vaginitis. Di dalam Flagyl IV terkandung zat aktif yang bernama metronidazole yang memang terbukti di dalam membantu mengobati infeksi bakteri.

Flagyl IV harus anda dapatkan dengan melalui resep dokter karena memang obat yang satu ini tidak akan bisa anda dapatkan dengan mudah, kecuali sebelumnya anda sudah memperoleh resep dokter. Informasi selengkapnya mengenai segala hal tentang Flagyl IV akan kami berikan kepada anda di bawah ini agar supaya anda bisa mengatahui informasi seperti indikasi, dosis, dan kemungkinan efek samping akibat menggunakan Flagyl IV.

Fungsi Flagyl IV

  1. Flagyl IV merupakan sebuah obat yang digunakan di dalam membantu mengobati penyakit infeksi trichomonal vaginitis dan juga penyakit yang disebabkan oleh bakteri vaginosis.
  2. Selain itu, Flagyl IV juga digunakan di dalam melakukan pembedahan sepsis ginekologi terutama bagi pasien yang sudah terkena infeksi bakteri anaerob kolon seperti misalnya bacteroides fragilis.
  3. Indikasi lain dari Flagyl IV adalah sebagai obat yang digunakan di dalam mengatasi titanus.
  4. Dalam kasus lain juga ditemukan bahwasanya obat-obatan yang di dalamnya mengandung metronidazole efektif digunakan untuk membantu mengobati amoebasis dan juga hepar.
  5. Dan juga Flagyl IV sudah dijadikan sebagai alternatif pertama di dalam pengobatan untuk mengatasi acute necrotizing ulcerative gingivitis.

Kontraindikasi Flagyl IV

  • Pasien dengan gangguan riwayat hipersentifitas disarankan untuk tidak menggunakan Flagyl IV agar tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pasien yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada di dalam Flagyl IV juga disarankan untuk brehati-hati ketika orang tersebut ingin menggunakan Flagyl IV.
  • Adapun pasien ibu hamil trisemester pertama sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan Flagyl IV karena dikhawatirkan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menggangu kesehatan janin.
  • Dan untuk pasien dengan masalah penyakit jantung atau hati, disarankan untuk berkomunikasi dengan dokter terlebih dahulu agar dokter bisa meberikan dosis yang paling baik untuk anda.

Dosis Flagyl IV

Di bawah ini merupakan informasi tentang dosis yang harus anda perhatikan:

  • Untuk dosis yang diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak yang berusia di atas 12 tahun adalah sebanyak 100 ml dan diberikan dalam bentuk infus intravena dan diberikan setiap 8 jam.
  • Sementara untuk pasien yang berusia di bawah 12 tahun, maka dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 7,5 mg/KG per BB maupun juga bisa diberikan 1,5 ml infus /kg/BB dan diberikan secara intravena untuk kemudian diberikan dalam waktu 8 jam.
  • Informasi lebih lengkap mengenai takaran dosis Flagyl IV, maka anda bisa bertanya langsung kepada dokter.

Efek Samping Flagyl IV

  1. Flagyl IV bisa menyebabkan pasien mengalami masalah secara umum seperti misalnya mual tanpa muntah atau merasa tidak enak pada bagian perut.
  2. Flagyl IV juga bisa mengakibatkan pasien menderita ruam kulit, gatal, terutama bagi pasien yang sebelumnya pernah mengalami masalah alergi.
  3. Sementara untuke efek samping yang jarang terjadi adalah sakit kepala, mudah lelah, kepala pusing, lesu, dan lain sebagainya yang mana jika kondisi ini tidak kunjung selesai, maka kami sarankan agar anda bertanya kepada dokter.
  4. Dan untuk obat-obatan yang diberikan secara intravena, kemungkinan bisa mengalami tromboflebitis.