Home Merk Obat A-ZMerk Obat K Kalmoxillin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Kalmoxillin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Apa yang anda tahu tentang Kalmoxillin? Mungkin tidak sedikit yang masih belum mengetahui obat yang satu ini. Namun jangan khawatir karena kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan Kalmoxillin.

Kalmoxillin merupakan obat yang digunakan sebagai solusi bagi anda yang menderita berbagai penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman yang mana ia peka terhadap amoxicillin, seperti faringitis, infeksi kulit, otitis media akut, infeksi salmonella, dan lain sebagainya.

Obat yang diproduksi oleh Kalbe Farma ini merupakan obat yang harus anda dapatkan dengan menyertakan resep dokter. Di dalam Kalmoxillin, terkandung zat yang mungkin anda sudah tidak asing lagi yakni amoxicillin yang mana ia termasuk ke dalam jenis antibiotik beta laktam.

Amoxicillin memiliki spektrum yang sedang dan aktif, baik terhadap bakteri gram negatif maupun juga bakteri gram positif.

Fungsi Kalmoxillin

  1. Kalmoxillin merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang diakibatkan oleh kuman yang peka terhadap amoxicillin. Beberapa kondisi tersebut antara lain otitis media akut, infeksi kulit dan jaringan, infeksi saluran kemih, faringitis yang diakibatkan oleh streptococcus, infeksi klamida, infeksi salmonella, dan lain sebagainya.
  2. Kalmoxillin juga digunakan sebagai obat untuk membantu mencegah endokarditis yang mana kondisi tersebut lebih beresiko terhadap orang yang menjalani perawatan gigi.
  3. Kalmoxillin juga termasuk obat yang umum digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan bawah maupun juga atas.
  4. Kalmoxillin juga bisa digunakan sebagai solusi bagi anda yang menderita infeksi saluran cerna maupun juga infeksi saluran kemih.

Kontraindikasi Kalmoxillin

  • Hindari penggunaan Kalmoxillin bagi seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap kandungan di dalam Kalmoxillin.
  • Untuk orang yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap antibiotik beta laktam, dianjurkan untuk berhati-hati ketika menggunakan Kalmoxillin.
  • Adapun penggunaan Kalmoxillin untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui kemungkinan tidak dianjurkan. Informasi selengkapnya bisa anda tanyakan kepada dokter.
  • Kemungkinan Kalmoxillin akan berkontraindikasi jika dikonsumsi oleh seseorang yang pernah memiliki riwayat penyakit ginjal.

Dosis Kalmoxillin

  • Dosis berupa sirup kering yang harus diberikan kepada anak-anak yang memiliki berat badan lebih dari 8 kg adalah 125 sampai dengan 250 mg. Dosis tersebut nanti akan diberikan setiap 8 jam.
  • Dosis yang diberikan kepada pasien yang memiliki fungsi ginjal yang buruk, nanti akan dimonitor di dalam kadar plasma dan urine harus dilakukan. Untuk dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi pasien tersebut.
  • Dianjurkan agar supaya Kalmoxillin dikonsumsi sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan oleh dokter.

Cara Penggunaan Kalmoxillin

  • Kalmoxillin tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang dengan hipersensitivitas.
  • Penggunaan Kalmoxillin harus berdasarkan informasi yang sudah diberikan oleh dokter anda.
  • Untuk pengurangan atau penambahan dosis Kalmoxillin, anda tidak boleh melakukannya kecuali sudah mendapatkan izin dari dokter.
  • Jika Kalmoxillin malah menyebabkan anda ruam, mual, atau muntah, maka anda harus segera menghubungi dokter.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

  1. Kemungkinan Kalmoxillin bisa mengakibatkan perubahan mental, insomnia, sakit kepala ringan, kecemasan, kebingungan, berpikir tidak jelas, terutama untuk pasien yang menggunakan obat ini dalam waktu yang lama maupun juga dengan dosis yang tinggi.
  2. Dianjurkan untuk berhati-hati memberikan Kalmoxillin kepada pasien yang terindikasi pernah atau sedang mengalami kerusakan pada hati atau ginjal.
  3. Kalmoxillin termasuk obat yang diketahui ikut keluar bersamaan dengan ASI. Artinya, penggunaan Kalmoxillin untuk ibu hamil harus berdasarkan izin dari dokter. Agar obat ini tidak menimbulkan masalah pada bayi.

You may also like