Bolehkah Penderita Tipes Minum Jus Jambu, Makanan yang Menjadi Pantangan dan Dianjurkan

Tipes atau tifus merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan virus atau bakteri. Serangan ini karena sistem imun tubuh yang tidak sempurna. Banyak penyebab yang mendasari akan penyakit ini. Salah satunya adalah pola kehidupan yang tidak sehat. Makan yang tidak seimbang dan tentu kurang olah raga yang cukup. Dengan sistem imun yang menurun inilah yang menyebabkan tubuh mudah terserang virus dari penyakit tipes.

Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang berbahaya. Ketika dibiarkan secara terus menerus akan membuat penderita kekurangan cairan tubuh dan kondisi stamina yang terus menurun. Akibat dari hal ini jelas sistem metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Selain itu, penyakit tipes juga memiliki gajala yang menyertainya. Adapaun gejala itu berupa demam, denyu jantung melambat, dan pembekakan limpa. Tentu hal ini akan membuat anda semakin was-was.

Bagi anda yang masih awam soal pengobatan penyakit ini tentu akan melakukan berbagai upaya kesembuhan. Salah satunya dengan menyuguhkan makanan ataupun buah yang membantu proses pemulihan. Penting untuk dipahami tidak semua makanan atau buah itu baik dan bagus untuk orang yang menderita tipes. Salah satunya adalah jambu . Terlebih jambu ini dibuat jus.  Buah ini ketika dikonsumsi akan memperburuk kerja usus yang memang diserang utama dalam penyakit ini. Untuk itu, penting anda menghindari dari buah jambu ini. Tidak saja buah jambu tetapi ada makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita tipes. Adapun makanan itu itu akan kami bahas di bawah ini.

  1. Makanan Instan

Jenis makanan ini memang banyak anda temukan di berbagai toko terdekat. Karena instan dan mudah dalam proses menyajikan tentu akan membuat siapa saja ingin menikmatinya. Panting untuk anda ketahui bagi penyakit tipes makanan instan ini tidak baik untuk proses penyembuhan ataupun dalam masa transisi. Kandungan bahan pengawet makanan dan berbagai lemak jahat lainnya secara tidak sadar akan melemahkan sistem imun tubuh. Tidak saja itu, bisa jadi makanan ini juga akan menyebabkan berbagai penyakit lainnya salah satunya darah tinggi. Untuk itu, anda diharapkan makanan instan ini untuk penderita tipes.

  1. Makanan pedas

Jenis makanan ini memang menantang anda, terlebih sensai yang ada membuat siapa saja tergugah untuk terus makan. Rasa pedas yang dihasilkan dari cabai inilah yang tidak baik untuk penderita tipes. Orang yang terkena penyakit tipes yang terserang adalah ususnya. Usus ketika terkena makanan yang pedas akan mengalami kontraksi. Selain itu, usus penderita tipes juga sangat rentan. Sehingga, jauh lebih baik untuk menghindari makanan pedas untuk proses kebaikan penderita tipes. Makanan  bahaya makanan pedas ini tidak saja untuk penderita tipes. Tetapi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit maag juga tidak dianjurkan.

  1. Makanan Berlemak

Lemak memang baik untuk tubuh. Tetapi lemak yang berlebih juga tidak baik. Tidak saja menyebabkan kegemukan tetapi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Terlebih bagi penderita tipes akan sangat berbahaya. Hal ini karena usus orang yang terserang tipes sedang bermasalah. Ketika makan yang berlemak diajak untuk bekerja ekstra. Sehingga, jelas akan menganggu proses penyembuhan. selain itu, memang lemak dapat menyebabkan  stroke. Karena adanya penumpukan dari lemk yang berada dalam tubuh.

  1. Makanan Serba Asam

Tidak mengherankan semua makanan memiliki rasa asam. Untuk penderita tipes sangat tidak dianjurkan karena akan menganggu sistem pencernaan. Adapun makanan yang memiliki rasa asam berlebih adalah blimbing, asam jawa, Jeruk, dan apel. Penting bagi anda menghindari makanan itu demi kebaikan dan kesembuhan penyakit tipes anda. selain itu, memang makanan serba asam ini termasuk makanan rendah kalori yang tidak baik untuk penderita tipes.

  1. Minuman Bersoda dan Beralkohol

Minuman bersoda dan beralkohol karena memiliki efek samping yang buruk. Begitu juga bagi penderita tipes, jenis minuman ini akan menjadikan sistem pencernaan terganggu. Lebih-lebih bisa menimbulkan masalah baru yang jauh lebih buruk.


  1. Semua Protein Hewani

Jenis makanan yang mengandung protein juga menjadi pentangan untuk penyakit tipes. Adapaun jenis makanan itu berupa daging ayam, sapi, dan ikan asin.

Selain makanan yang tidak dianjurkan untuk tipes. Ada juga makanan yang justru baik untuk penderita tipes. Adapun makanan itu berupa.

  1. Buah Anggur

Buah ini tidak saja memiliki rasa yang segar. Tetapi juga baik untuk pederita tipes. Vitamin C dan antioksida sangat membantu untuk penderita tipes. Karena sebagai penangkan racun dan banteri dalam tubuh.

  1. Melon

Buah ini mengandung serat yang rendah. Serat yang rendah inilah yang membantu proses penyembuhan penderita tipes. Melalui serat yang rendah inilah usus akan bekerja secara norma. Tidak terlalu dipaksa atau berlenbih. Sehingga usus akan tetap terjaga dengan baik.

  1. Alpukat

Buah ini juga baik untuk penderita tipes. Karena memiliki serat yang rendah serta memiliki kandungan gizi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Durian

Buah durian tidak saja menjadi pantangan bagi orang yang menderita kolesterol. tetapi juga untuk penderita penyakit tipes. Ini disebabkan oleh kandaungan kalori dan lemak yang berlebih. Sehingga, tidak baik untuk dikonsumsi penderita tipes.

 

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Tifus
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri