Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes di Rumah Dengan Mudah

380

Pada artikel kali ini, halosehat akan membahas seputar penyakit tipes, mulai dari apa itu penyakit tipes, penyebab dan gejalanya, serta cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah. Mengingat jenis penyakit ini cukup banyak menyerang orang-orang Indonesia, khususnya mereka yang memiliki pola makan dan riwayat kesehatan yang tidak baik, maka memahami apa itu penyakit tipes dan cara menanganinya sendiri akan menjadi hal yang membantu ketika nanti mengalaminya.

Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala-gejala yang hampir mirip dengan penyakit demam berdarah atau DBD. Namun kedua jenis penyakit ini tentu berbeda, apalagi jika dilihat dari penyebabnya. Jika demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk dengue, maka penyakit tipes sama sekali tidak memiliki hubungan dengan jenis nyamuk.

Untuk lebih jelas memahami mengenai penyakit tipes dan cara menyembuhkannya, simak ulasan kami berikut ini.

Penyakit Tipes dan Penyebabnya

Tipes memiliki nama lain yaitu deman tifoid, yaitu salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Penyebaran penyakit ini akibat adanya bakteri tertentu melalui makanan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup, maupun ditularkan oleh orang lain yang terkena penyakit ini.

Bakteri penyebab penyakit tipes salah satunya yaitu Salmonella Typhi yang sudah terkontaminasi oleh feses dan ditemukan pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penyakit ini rentan menyerang mereka yang seringkali jajan sembarangan di tempat yang tidak bersih. Atau bisa juga disebarkan oleh orang yang terkena tipes melalui makanan yang diberikan kepada Anda.

Ketika makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella Typhi Anda konsumsi, bakteri akan masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ vital seperti hati, limpa, dan sumsung tulang. Bakteri yang berada di bagian organ tubuh vital ini akan berkembang biak dan akan menyerang aliran darah dan organ tubuh vital lainnya sehingga menyebabkan gejala-gejala yang muncul pada penyakit tipes pada umumnya.

Gejala yang Muncul

Bakteri yang berkembang biak dan menyerang organ tubuh vital lainnya akan memunculkan gejala-gejala penyakit tipes yang biasanya ditunjukkan pada masa 1-3 minggu setelah bakteri Salmonella Typhi masuk ke dalam tubuh. Gejala-gejala tersebut, yaitu:

  1. Demam tinggi. Terjadi ketika bakteri Salmonella Typhi berkembang biak dan menyebar ke aliran darah dan menyebar ke organ tubuh penting lainnya.
  2. Sakit kepala
  3. Tubuh jadi lemah dan lemas
  4. Otot-otot tubuh terasa nyeri
  5. Mual-mual dan muntah
  6. Diare
  7. Nafsu makan hilang
  8. Muncul bintik-bintik merah di bagian dada

Ciri-ciri gejala tipes ini akan muncul baik itu pada masa-masa awal masuknya bakteri Salmonella Typhi hingga masa-masa penyebarannya ke organ-organ tubuh lainnya.

Cara Menyembuhkan Tipes di Rumah

Dari gejala-gejala tipes yang muncul, baik kasus yang masih ringan maupun sudah parah, ada cara-cara yang bisa dilakukan di rumah. Untuk cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah, hanya cocok untuk gejala yang masih ringan. Cara mengobati tipes secara alami di rumah yang bisa Anda coba terapkan yaitu:

1. Cairan oralit

Cairan oralit yaitu campuran antara garam dan gula yang dilarutkan dalam air lalu diminum. Cairan ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah diare dan kekurangan cairan tubuh. Saat mengalami gejala-gejala tipes di rumah, Anda akan mengalami sakit perut dan diare yang diikuti dengan kekurangan cairan. Meminum cairan oralit dapat jadi salah satu cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah yang sederhana.

Cara membuatnya yaitu, sediakan segelas air berukuran sedang atau besar lalu campurkan gula dan garam dengan perbandingan 6:1 sendok teh. Anda bisa meminum cairan oralit ini berkali-kali dalam sehari sampai gejala-gejala tipes yang Anda alami berangsur-angsur hilang.

2. Bawang putih

Cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah ternyata juga bisa menggunakan bawang putih. Kandungan anti-bakteri dan anti-mikroba dalam bawang putih ampuh untuk menangkal racun dalam tubuh yang disebabkan oleh penyakit tipes. Selain itu, bawang putih juga dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga sangat cocok untuk dijadikan obat tipes.

Untuk menyembuhkan tipes dengan bawang putih, Anda cukup mengonsumsi 2 siung bawang putih sebelum makan. Lakukan cara ini selama mengalami gejala-gejala tipes hingga gejala-gejala tersebut berangsur-angsur menghilang dan Anda sembuh dari tipes. Namun, perlu diingat bawang putih tidak disarankan untuk dikonsumsi saat terkena tipes oleh ibu hamil maupun bayi.

3. Cairan cuka apel

Cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah bisa juga dengan menggunakan cairan cuka apel. Cuka apel mengandung asam yang dipercaya dapat mengeluarkan panas saat mengalami gejala-gejala penyakit tipes. Selain itu, ketika mengalami diare saat tipes, cairan cuka sari apel juga dapat menggantikan mineral yang hilang dalam tubuh.

Anda bisa mencampurkan satu sendok teh cairan cuka apel ke dalam segelas air lalu campurkan dengan beberapa sendok teh madu lalu minum airnya sebelum makan selama seminggu penuh. Atau, Anda bisa juga menggunakan cairan cuka apel sebagai kompres. Caranya, campurkan cairan cuka apel ke dalam air hangat dengan perbandingan 1:2 lalu jadikan kompres untuk perut dan dahi.

4. Cengkeh

Cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah yang keempat yaitu bisa dengan menggunakan cengkeh. Jika cengkeh umumnya dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan, namun ternyata cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat, termasuk penyakit tipes karena memiliki kandungan anti-bakteri. Cara membuatnya yaitu dengan merebus 5-7 cengkeh hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut ketika sudah dingin atau hangat kuku selama satu minggu penuh.

5. Daun selasih atau basil

Daun selasih atau basil juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit tipes karena memiliki kandungan antibiotik dan antibakteri. Dengan kandungan tersebut, daun selasih dapat membantu meredakan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah dengan daun selasih atau basil yaitu:

  • Campurkan beberapa helai daun selasih dan jahe ke dalam satu gelas air
  • Rebus hingga hanya tersisa setengah gelasnya saja
  • Untuk menambahkan cita rasa yang lebih enak dikonsumsi, Anda bisa mencampurkan sedikit madu
  • Minum hingga 2-3 kali sehari sampai sembuh dari gejala-gejala penyakit tipes

6. Buah Pisang

Cara mengobati tipes dengan buah bisa dengan menggunakan buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu masalah diare pada saat terkena penyakit tipes. Kandungan kalium ini dapat menggantikan kalium yang hilang akibat diare tersebut. Caranya mudah sekali, yaitu dengan mengonsumsi buah pisang 2-3 kali sehari selama masa penyembuhan dari penyakit tipes.

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa minum jus untuk penyakit tipes yang bisa dikonsumsi selama pemulihan. Jika tidak sembuh juga dan mengalami ciri-ciri tipes yang sudah parah, disarankan untuk melakukan diagnosis di rumah sakit agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Penyakit Tipes

Sebelum diserang penyakitnya, Anda bisa melakukan cara mencegah penyakit tipes dengan cara-cara berikut ini:

  1. Vaksin tifoid, baik itu suntik maupun oral. Vaksin tifoid oral diperuntukkan bagi anak usia 2 tahun sedangkan vaksin tifoid suntik untuk anak di atas usia 6 tahun. Meskipun sifatnya tidak wajib, Anda bisa berinisiatif untuk memberikan vaksin ini pada anak mengingat jenis penyakit ini juga sering menimpa anak kecil, khususnya yang suka jajan sembarangan di luar rumah.
  2. Menjalani gaya hidup sehat, seperti tidak membeli makanan dengan lingkungan yang tidak bersih dan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum makan.
  3. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki risiko tinggi terkontaminasi dengan feses, seperti susu, sayuran tertentu, dan seafood.
  4. Mencuci bersih bahan makanan yang akan dimasak agar terhindar dari penyebaran bakteri Salmonella Typhi dan bakteri penyebab tipes lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai penyakit tipes dan cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah yang bisa Anda coba ikuti tipsnya. Agar terhindar dari penyakit tipes, biasakan untuk menghindari makan makanan yang tidak bersih dan selalu cuci tangan dengan cairan desinfektan setiap kali ingin makan atau setelah buang air besar maupun kecil.