20 Ciri Ciri Gejala Tipes dan Faktanya yang Paling Benar

Ciri ciri gejala tipes atau lebih dikenal dengan sebutan gejala demam tifoid pada dewasa dan anak merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri salmonella typi yang ada dalam makanan, Minuman, Air yang terkontiminasi dan melalui penularan dari penderita tipes melalui kotorannya.

Ciri ciri tipes

Gejala tipes dapat mudah disembuhkan tetapin jika telah berkembang menjadi penyakit tipes lebih lanjut maka akan muncul gangguan kesehatan tubuh yang berhubungan dengan organ hati. Sumsum tulang, Empedu, Limpa, Usus dan lain lain. Ciri ciri tipes  yang wajib diketahui agar segera dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat adalah:

  • Demam – Semua usia yang mengalami gejala tipes akan merasakan suhu tubuh yang semakin lama senakin meningkat bahkan 40 derajat celcius.
  • Ruam dan bintik merah – Semua manusia yang terserang gejala demam tifoid maka dipermukaan tubuhnya akan muncul ruam ruam atau bintik kemerahan  yang bergerombol ataupun yang terpisah pisah
  • Nyeri otot – Pada ciri ciri gejala demam tifoid munculnya nyeri pada otot menyebabkan seseorang menderita kesulitan tidur dimalam hari.
  • Berhalusinasi – Pada penderita ciri ciri gejala tipes terutama pada anak maka yang akan sering muncul adalah berhalusinasi. Anak anak akan merasakan ketakutan, Kegelisahan dan perubahan prilaku selama demam tifoid berlangsung.
  • Dehidrasi – Ciri ciri gejala tipes yang sulit terlihat adalah tubuh terserang dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Namun ciri ciri dehidrasi pada penderita demam tifoid adalah wajah terlihat pucat dan bibir kering
  • Lemah dan lesu – Salah satu ciri ciri gejala  tipes yang menyolok mata adalah tubuh yang terasa lemah dan lesu sehingga sering terlihat ingin selalu tidur. Apapun aktivitas tidak bisa dilakukan secara maksimal kendati aktivitas tersebut hanya duduk saja.
  • Sakit kepala – Disaat nyeri otot, Ruam kemerahan, Demam , Berhalusinasi serta lemah tubuh maka akan muncul ciri ciri gejala  tipes lain berupa sakit kepala yang muncul secara tiba tiba atau bahkan timbul tenggelam. Kondisi ini membutuhkan terapi menghilangkan sakit kepala paling ampuh agar serangan kesulitan tidur, Stres dan berhalusinasi tidak muncul.
  • Mencret – Bakteri salmonella typi yang telah masuk dalam aliran darah akan meluas kearah jaringan usus lalu mengganggu kinerjanya. Kondisi ini mempengaruhi kelancaran seseorang dalam buang air besar. Feses yang dihasilkan untuk kemudian dibuang melalui pembuangan terakhir (Anus) tidak bisa dibekukan secara normal dan terus menerus mengandung air yang akibatnya akan menyebabkan munculnya diare atau mencret.
  • Sembelit- Ciri ciri gejala tipes yang lain adalah munculnya masalah kesulitan buang air besar atau sembelit yang disebabkan oleh penyebaran  dan perkembangan bakteri salmonella typi yang mampu mengikat dan menyerap cairan tubuh sehingga feses sulit terbentuk secara normal.
  • Sakit perut – Demam  tifoid dapat mengakibatkan penderitanya mengalami sakit perut yang melilit karena penyebaran bakteri yang telah meluas kearah jaringan perut.
  • Kurang nafsu maka – Saat bakteri salmonella typi telah memasuki aliran darah maka akan masuk pada jaringan lain sehingga mengganggu sistem pencernaan dan memiliki efek menekan rasa lapar, Akibatnya seseorang menjadi kurang nafsu makan meskipun sebenarnya perut dalam keadaan kosong.
  • Hilang konsentrasi – Ciri ciri gejala tipes yang dapat terlihat pada seseorang yang sedang terlibat pada aktivitas kerja adalah hilangnya konsentrasi  atau sering terserang lupa.
  • Mual dan muntah  – Mual dam muntah merupakan ciri ciri gejala tipes yang berhubungan dengan serangan bakteri pada jaringan perut yang telah menyebar luas dimana organ usus telah mengalami luka .

Fakta tentang tipes

  • Ciri ciri gejala tipes pada orang dewasa dan pemulihannya harus dipahami sebelum benar benar ditanganni dokter agar penderita tidak mengalami kerusakan organ pencernaan lebih lanjut. Ciri ciri tipes  yang sudah nampak sejak awal kemunculannya relatif  mudah dihilangkan dengan penggunaan antibiotik terdiri atas Chloramphenicol, Cefriaxone, Ampisilin, Erimethoprim, Sultamethoxazaole atau  Ciprofloxacin tetapi atas rekomendasi dokter dan istirahat yang cukup. Namun saat gejala tipes berubah menjadi penyakit tipes yang lebih lanjut hanya bisa ditangani secara medis dibawah pengawasan dokter yang terkait. Kenali ciri ciri tipes dengan segera agar penanganan penyembuhannya dapat dilakukan dengan cepat.
  • Untuk mencegah paling sederhana penularan bakteri salmonella terhadap air, makanan dan minuman adalah dengan cara membiasakan diri mencuci tangan.
  • Tipes dapat cepat menular melalui kotoran (Feses) manusia yang masih tertinggal dilantai toilet atau pada tanah, Jika terinjak kaki maka dapat menginfeksi orang yang sehat apalgi jika ada kulit yang terluka maka  secara perlahan lahan bakteri masuk  melalui pori pori.
  • Penyakit tipes atau ciri ciri gejala tipes yang dinyatakan sembuh belum tentu sepenuhnya aktivitas bakteri hilang karena bakteri salmonella typin dapat bertahan atau berdiam selama bertahun tahun dalam usus dan kantung empedu dan akan keluar kembali pada waktu yang tidak bisa dipastikan untuk menulari orang lain. Tuntaskan penyakit tipes dengan cara rutin memeriksakan kondisi tubuh.
  • Daging yang mentah atau setengah matang berpotensi mengandung bakteri salmonella typi yang dihasilkan dari radikal bebas bentukan dari polusi udara. 
  • komplikasi pada penyakit tipes meliputi pendarahan usus berat, Infeksi tulang, Masalah jantung, Ketidakstabilan mental hingga infeksi saluran kencing. Komplikasi tersebut merupakan dari sekian banyak ciri ciri tipes yang sudah parah harus diwaspadai karena dapat menyerang pasien segala usia terutama yang telah menderita tipes kronis.
  • Penyebab demam tifoid dan gejalanya yang berbahaya yang ternyata telah berlangsung lama tetapi tidak segera ditangani secara medis maka dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kesadaran yang mengacu pada kematian.