5 Gejala Tipes Kambuh Lagi dan Cara Mengatasinya

294

Penyakit tifus termasuk penyakit yang umum diderita baik oleh anak-anak maupun orang dewasa, yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menunjukkan gejala mulai dari ringan hingga berat, dan sangat mudah menular lewat makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut. Jika gejala yang dialami cukup ringan, maka perawatan di rumah biasanya sudah cukup untuk membantu penyembuhan. Namun jika gejalanya parah, perlu segera dibawa ke rumah sakit untuk menghindari komplikasi dan gejala yang bertambah buruk.

Penyakit tipes termasuk jenis penyakit yang dapat kambuh di kemudian hari jika kondisi kesehatan tidak terjaga dengan baik. Karena itu, kita tetap perlu waspada meskipun saat tipes menyerang kita berhasil sembuh dan tidak merasakan gejalanya lagi. Berikut ini Ciri-Ciri Tipes Yang Sudah Parah dan kambuh.

1. Demam

Demam merupakan gejala paling utama dari munculnya penyakit tipes, sebagai reaksi tubuh terhadap peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Demam yang dialami juga berbeda-beda pada setiap orang, namun umumnya berkisar 39-40 derajat celsius. Reaksi dari demam ini adalah tubuh menjadi mudah berkeringat dengan jumlah yang cukup banyak.

2. Tubuh Menjadi Lemas

Tipes atau demam tifoid juga akan menyebabkan tubuh terasa lemas, seakan tubuh tidak bertenaga. Hal ini dikarenakan saat penyakit tersebut menyerang, tubuh mengeluarkan natrium dan kalium dalam jumlah besar bersama dengan feses sehingga tubuh kehilangan mineral dan merasa sangat lemas. Dalam keadaan ini, cara mencegah tipes lebih utama agar kita dapat terlindungi dari penyakit tersebut.

3. Sakit Perut dan Diare

Penderita penyakit tipes memang kerap mengalami sakit perut dan diare yang cukup parah. Hal ini dikarenakan bakteri menyerang organ pencernaan khususnya bagian usus sehingga perut terasa memilit dan mulas. Kondisi ini pun menyebabkan diare dan rasa sakit di perut yang cukup lama.

4. Sakit Kepala

Saat tubuh terinfeksi bakteri dan mengalami peradangan biasanya akan muncul rasa sakit di kepala baik ringan maupun berat. Demikian juga tipes yang sering menimbulkan gejala sakit kepala ketika kambuh, karena terganggunya fungsi pencernaan. Ini merupakan dampak dari bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan sehingga bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan memicu penyakit tipes kambuh.

5. Nafsu Makan Menurun

Ketika seseorang menderita penyakit tipes maka biasanya nafsu makannya akan menurun dengan drastis. Hal ini dikarenakan bakteri menyerang saluran pencernaan dan menimbulkan gangguan seperti diare, mual dan muntah. Kondisi tersebut seringkali membuat nafsu makan hilang hingga berdampak pada tubuh yang lemas.

Umumnya gejala tipes kambuh tidak separah gejala saat pertama kali terserang penyakit ini. Namun kita tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan antibiotik sehingga feses bersih dari bakteri Salmonella typhi.