Home Featured 7 Gejala Tipes Ringan pada Orang Dewasa dan Anak

7 Gejala Tipes Ringan pada Orang Dewasa dan Anak

by Putri Yohani Masnun

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii, yang mudah sekali menyebar lewat makanan atau minuman yang tercemar atau kontak langsung dengan feses yang mengandung bakteri tersebut. Umumnya, gejala penyakit ini akan muncul setelah 6-30 hari tubuh terinfeksi, baik ringan hingga parah. Berikut ini merupakan gejala tipes ringan yang sebaiknya kita kenali, agar dapat segera ditangani sebelum menjadi parah.

1. Demam

Saat tubuh terinfeksi, maka sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dan merespon untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, suhu tubuh dapat meningkat dan menyebabkan demam. Umumnya, penderita tipes akan mengalami demam dengan kisaran suhu tubuh antara 39-40 derajat celcius.

2. Sakit Kepala

Seiring dengan terjadinya demam, penderita tipes juga akan mengalami sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas. Hal ini dikarenakan infeksi yang terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam tubuh merangsang pelepasan zat kimia yang memicu peradangan dan sakit kepala.

3. Diare

Bakteri penyebab penyakit tipes akan menyerang organ pencernaan terutama pada bagian usus. Kondisi ini mengakibatkan fungsi usus dalam menyerap dan mengolah makanan menjadi terganggu. Karena itu, penderita tipes biasanya akan mengalami diare baik ringan maupun parah.

4. Tubuh Terasa Lemas

Penderita tipes biasanya akan merasakan seluruh tubuhnya lemas seperti tidak bertenaga. Selain karena infeksi bakteri menyebabkan peradangan di dalam tubuh. juga dikarenakan nafsu makan yang berkurang sehingga asupan nutrisi menjadi berkurang. Apalagi jika diare terus terjadi, maka tubuh akan kekurangan cairan dapat mengalami dehidrasi.

5. Nyeri Otot

Selain merasa sangat lemas, penyakit tipes juga sering mengakibatkan seluruh otot dan sendi terasa nyeri bahkan kaku dan tegang. Kondisi ini akan membuat penderita merasakan sakit sekujur tubuhnya hingga enggan untuk melakukan aktivitas apapun.

6. Banyak Berkeringat

Saat tubuh mengalami demam, maka otak akan mengirim sinyal agar tubuh mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jika keringat yang keluar berlebihan, maka dapat menjadi bahaya karena memicu timbulnya dehidrasi. Karena itu, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang perbanyaklah minum air putih.

7. Sakit Perut

Bakteri yang menginfeksi usus akan merangsang usus melakukan gerakan peristaltik lebih cepat dari biasanya, sehingga dapat menciptakan rasa kram dan mulas hebat pada perut. Kondisi ini biasanya terjadi bersamaan dengan terjadinya diare, dan tentu saja tidak boleh diabaikan karena dapat berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan penderita tipes.

Nah, itulah gejala tipes ringan yang umumnya dialami penderita tipes pada tahap awal. Sebaiknya, jika gejala tersebut muncul segeralah pergi ke dokter agar dapat segera ditangani. Jika terlambat, gejala dapat berubah menjadi parah dan mengancam nyawa penderitanya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan menghindari jajan sembarangan agar tidak mudah tertular penyebab tifus.

You may also like