Kenali Gejala Cholinergic Urticaria, Penyakit yang Dialami V BTS

101

Beberapa hari yang lalu para penggemar KPop terutama fans setia grup boyband BTS dihebohkan dengan kabar yang mengejutkan, perihal penyakit yang sedang dialami oleh V BTS. V yang merupakan salah satu personel dari grup boyband terkenal itu membeberkan kalau ia menderita penyakit cholinergic urticaria. Sontak saja, berbagai situs di mesin pencarian langsung menjelaskan penyakit tersebut hingga menjadi trending topik. Lalu penyakit apa sebenarnya yang terjadi pada V BTS? Seberapa parah gejala penyakit tersebut muncul?

Cholinergic urticaria sendiri merupakan salah penyakit kulit, yaitu ruam kulit yang disebabkan karena adanya peningkatan pada suhu tubuh. Penyakit ini akan menunjukkan gejalanya saat seseorang sedang berkeringat, seperti misalnya sehabis berolahraga. Biasanya gejala sudah mulai terlihat sejak 6 menit setelah berolahraga dan berlangsung hingga 4 jam. Pada kasus yang ringan, gejala dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan kembalinya suhu tubuh pada tingkat yang normal. Namun dalam kasus yang parah, si penderita harus mendapatkan pertolongan medis segera untuk mencegah dampak buruk yang lebih membahayakan kesehatan.

Gejala Cholinergic Urticaria

Penyakit ini mungkin jarang didengar dan tidak banyak yang mengalaminya, karena itu penjelasan mengenai cholinergic urticaria baru mencuat dan dihebohkan setelah diketahui V BTS juga mengalaminya. Umumnya gejala yang timbul seperti:

  • muncul ruam-ruam kecil pada permukaan kulit
  • kulit terlihat kemerahan dan terasa sangat gatal
  • ruam pertama muncul di sekitar dada atau leher, lalu menyebar ke daerah lain
  • timbul bentol-bentol kecil yang cukup banyak.

Pada kasus yang parah dengan gejala yang berlebihan, penderita harus mendapatkan penanganan medis. Gejala yang memburuk terlihat dengan tanda-tanda seperti berikut:

  • nyeri pada perut
  • mengalami mual hingga muntah-muntah
  • mengalami diare
  • terjadi hipersalivasi, dimana produksi air liur sangat berlebihan
  • kepala terasa pusing
  • suara napas berubah
  • mengalami sesak napas.

Cholinergic urticaria umumnya diderita oleh pria meskipun wanita juga bisa mengalaminya, dengan jumlah penderita sebanyak 11 persen dari seluruh populasi. Gejala dapat mulai muncul saat penderita berusia 16 tahun, dan akan terus berlanjut hingga usia menginjak angka 30 tahunan.Selain karena faktor berkeringat setelah berolahraga, penyakit ini juga bisa dipicu karena seseorang sedang stres, gelisah atau mandi air hangat. Pemberian obat sangat dibutuhkan agar penyakit tersebut dapat diatasi dan tidak sampai menghambat aktivitas.

Bagi seorang idol seperti V BTS, penyakit ini sungguh sangat mengganggunya. Apalagi aktivitasnya yang memang didominasi dengan menyanyi sambil menari, hal ini tentu akan membuatnya mudah berkeringat dan memicu penyakitnya untuk kambuh. Karena itu, banyak fansnya yang merasa khawatir dan simpati dengan kondisi V BTS. Meski penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya, kita perlu selalu waspada karena bisa saja gejala yang muncul cukup parah hingga harus segera mendapatkan perawatan medis.