Home Featured 5 Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah dan Akut

5 Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah dan Akut

by Putri Yohani Masnun

Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis, yang dapat menyerang paru-paru, kelenjar hingga tulang. Umumnya, penyakit TBC yang banyak diderita adalah TBC paru, dan penyakit ini cukup sulit disembuhkan. Bahkan pengobatannya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Penyakit TBC yang sudah semakin parah tentu sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa. Karena itu kita perlu mengetahui bagaimana ciri penyakit TBC yang sudah parah agar dapat mewaspadainya.

1. Batuk Kronis dengan Bercak Darah

Kondisi yang paling jelas terlihat saat penyakit TBC seseorang sudah parah adalah batuk kronis yang seringkali disertai dengan keluarnya bercak darah. Kondisi ini menandakan penyakit tersebut sudah menggerogoti paru-paru dan menimbulkan banyak luka atau peradangan sehingga darah ikut keluar ketika batuk. Karena itu, waspadalah dengan bahaya batuk lebih dari 2 minggu dan batuk berdarah tiba-tiba dengan segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Tubuh Terlihat Kurus

Penderita TBC paru biasanya akan kehilangan nafsu makan, sehingga tubuhnya terlihat sangat kurus. Bahkan bisa dibilang tubuhnya terlihat seperti tulang yang dibalut kulit, karena tidak berisi sama sekali. Hal ini dikarenakan bakteri mengirim sinyal ke otak agar tidak merasa lapar dan tidak punya keinginan untuk makan sehingga penderita TBC enggan untuk makan. Kondisi ini akan membuat penderita TBC selalu lemas, terlihat lesu, mudah sekali lelah dan tidak memiliki gairah hidup.

3. Selalu Demam dan Menggigil

Penderita TBC yang kondisinya sudah parah juga sering mengalami demam, meski tidak terlalu tinggi namun demam ini berlangsung cukup lama. Biasanya demam disertai dengan menggigil, juga sering berkeringat dimalam hari. Kondisi ini membuat penderita semakin merasa tidak nyaman, dan cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menjalani pengobatan secara intensif hingga sembuh total.

4. Rasa Nyeri di Dada

Bakteri Tuberkulosis yang menyerang paru-paru akan bertahan dan menginfeksi organ tersebut hingga fungsi organ paru benar-benar rusak. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas, juga rasa nyeri yang hebat di dada. Rasa nyeri tersebut semakin kuat saat penderita sedang batuk. Kondisi ini juga bisa menjadi efek paru-paru basah yang sebaiknya kita hindari.

5. Mengalami Infeksi Tulang

Penyakit TBC yang sudah parah tidak hanya menyerang paru-paru saja, namun bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain termasuk salah satunya tulang. Saat bakteri menyerang tulang, maka penderita akan merasakan nyeri pada tulang dan persendian, karena adanya peradangan yang disebabkan bakteri tersebut. Kondisi ini membuat tubuh terasa sakit dan sulit untuk beraktivitas dengan normal.

Itulah ciri penyakit TBC yang sudah parah dan sebaiknya kondisi ini kita cegah sebaik mungkin. Kenali gejala awal TBC agar kita dapat segera ditangani dan mendapat pengobatan yang intensif sedini mungkin. Penyakit TBC dapat disembuhkan jika kita segera berobat dan mengikuti setiap saran dokter, juga tidak lupa mengkonsumsi obat yang diberikan sampai habis.

You may also like