10 Efek Paru – Paru Basah Yang Harus Kita Perhatikan

Salah satu organ di dalam tubuh kita yang sangat penting adalah paru – paru. Paru – Paru merupakan sebuah organ pada sistem pernafasan. Pada paru – paru ini proses pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida terjadi. Karena sangat vital nya peran dari paru – paru ini maka menjaga kesehatan paru – paru sangatlah penting. Salah satu masalah yang bisa menyerang paru – paru kita adalah paru – paru basah. Paru – paru basah atau biasa juga disebut dengan pneumonia merupakan penyakit yang bisa mengganggu paru – paru kita. Efek paru – paru basah bisa menjadi sangat serius apabila kita tidak melakukan pengobatan dengan tepat. Paru – paru basah merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada kantong – kantong udara (alveolus) pada paru – paru. Paru – paru basah bisa terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan virus, jamur, atau bakteri yang ada pada sistem pernafasan.

Ciri – ciri penyakit paru -paru basah adalah seperti sakit pada bagian dada, demam, batuk, tubuh menjadi lemah, detak jantung menjadi lebih cepat, dan lainnya. Efek dari paru – paru basah ini bisa berakibat vatal bagi kita. Beberapa efek dari paru – paru basah seperti :

  1. Batuk
    Efek dari paru – paru basah yang sering terjadi adalah munculnya batuk. Batuk bisa menjadi tanda awal jika ada masalah dengan organ pernafasan anda. Jika kondisi paru – paru basah semakin parah maka frequensi dari batuk ini pun akan semakin sering.
  2. Sulit bernafas
    Efek lain dari paru – paru basah adalah anda akan merasakan sulit bernafas. Rasa sulit bernafas ini terjadi karena saluran udara pada paru – paru sudah dipenuhi oleh cairan yang menyebabkan saluran udara tersebut menjadi tertutup.
  3. Mudah lelah
    Efek lain dari paru – paru basah adalah tubuh yang menjadi mudah lelah. Rasa lelah bagi penderita paru – paru basah diakibatkan karena terjadinya penurunan suplai oksigen akibat gangguan pada organ pernafasan. Cairan yang menumpuk pada paru – paru akan membuat pernafasan menjadi terganggu. Hal ini akan otomatis mengganggu suplai oksigen ke seluruh tubuh.
  4. Efusi Pleura
    Salah satu efek dari paru – paru basah adalah terjadinya efusi pleura. Efusi pleura merupakan gangguan kesehatan akibat dari paru – paru basah yang tidak segera ditangani dengan tepat. Efusi pleura merupakan kondisi dimana adanya cairan yang menumpuk diantara kedua lapisan pleura. Pleura sendiri merupakan membran pemisaha antara dinding dada bagian dalam dengan paru – paru. Pada dasarnya fungsi cairan yang dihasilkan pleura adalah untuk sebagai pelumas untuk paru -paru. Dalam kondisi normal cairan ini akan membuat kita bernafas dengan lancar. Namun menumpuknya cairan ini akan membuat kita bernafas dengan tidak nyaman. Gejala dari efusi pleura adalah munculnya batuk, merasa sesak nafas, dan sakit pada dada ketika bernafas.
  5. Abses paru – paru
    Bahaya lain dari paru – paru basah adalah munculya abses paru – paru. Abses paru – paru merupakan kondisi terjadinyan infeksi pada paru – paru. Abses paru – paru akan membuat timbulnya pembengkakan pada paru – paru dimana bengkakan tersebut berisi nanah. Hal ini terjadi karena adanya infeksi mikroba. Gejala yang muncul dari abses paru – paru diantaranya adalah batuk, sesak nafas, sakit pada saat bernafas, demam tinggi, keringat berlebihan, berat badan menurun, menurunya nafsu makan, dan lainnya. Biasanya abses paru – paru ini terjadi pada usia lanjut.

  6. Septikemia
    Hal lain yang menjad efek paru paru basah adalah septikemia. Septikemia atau keracunan pada darah merupakan kondisi dimana bakteri dalam jumlah darah masuk ke darah. Gejala yang akan muncul apabila terserang septikemia adalah demam, keringat dingin, detak jantung berdebar – debar, kulit menjadi pucat dan gejala lainnya
  7. Infeksi darah
    Efek dari paru – paru basah juga bisa menimbulkan infeksi darah. Infeksi darah atau biasa disebut dengan sepsis ini akan menimbulkan masalah pada sistem daya tahan tubuh. Gejala dari infeksi darah ini demam, batuk, sesak nafas, jumlah sel darah putih lebih tinggi dari batas normal, dan detak jantung menjadi lebih cepat.
  8. Kanker paru – paru
    Masalah lain yang akan muncul dari paru – paru basah adalah munculnya kanker paru – paru. Kanker paru – paru ini muncul karena paru – paru basah tidak ditangani secara cepat dan tepat.
  9. TBC
    Bahaya paru – paru basah lainnya adalah munculnya TBC atau tuberculosis. Gejala dari TBC ini adalah batuk yang tidak berhenti selama lebih dari 2 minggu, batuk yang disertai darah, demam, turunnya nafsu makan, dan turunnya berat badan.
  10. Bronkitis
    Hal lain yang akan menjadi masalah sebagai efek dari paru – paru basah adalah munculnya bronkitis. Bronkitis merupakan kondisi dimana munculnya infeksi yang menyerang bagian saluran utama pernafasan. Gejala dari munculnya bronkitis ini diantaranya adalah demam, tubuh menjadi cepat lelah, dada sakit, tenggorokan sakit, batuk berlendir dan lainnya.

Itulah beberapa efek paru – paru basah yang bisa saja terjadi apabila tidak mendapat penanganan dengan cepat dan tepat.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Paru Paru Basah