Inilah 5 Tanda Gendang Telinga Anda Sedang Bermasalah

428

Gendang telinga merupakan salah satu dari bagian dalam telinga yang fungsinya sangat penting dalam mendengar. Bila gendang telinga bermasalah, rasa nyeri mungkin akan muncul bahkan tak jarang dapat menurunkan fungsi pendengaran. Ada banyak hal yang dapat mengganggu fungsi gendang telinga, baik dikarenakan infeksi bakteri hingga kondisi perubahan pada lingkungan. Untuk menghindari dampak buruk dari gangguan pada gendang telinga Anda, sebaiknya kenali tanda gendang telinga sedang bermasalah seperti berikut ini.

1. Rasa Nyeri di Dalam Telinga

Saat gendang telinga bermasalah atau mungkin pecah, biasanya akan timbul rasa nyeri yang cukup hebat. Tak jarang rasa nyeri tersebut sampai ke kepala hingga menyebabkan rasa pusing. Umumnya rasa nyeri tersebut muncul secara tiba-tiba dan sangat tajam, sehingga aktivitas pun dapat terganggu. Meski jarang, gendang telinga yang bermasalah juga diikuti dengan naiknya suhu tubuh.

2. Penurunan Fungsi Pendengaran

Gendang telinga yang berperan penting dalam proses mendengar dapat mempengaruhi kualitas pendengaran saat sedang mengalami gangguan. Penurunan fungsi pendengaran ini dapat terjadi di salah satu telinga saja, namun bisa juga terjadi di seluruh bagian telinga yang terkena. Kondisi ini perlu ditangani segera agar tidak menyebabkan tuli secara permanen.

3. Keluar Nanah atau Darah

Gedang telinga yang pecah atau bermasalah juga bisa menimbulkan infeksi dan peradangan sehingga tak jarang mengeluarkan darah hingga nanah. Darah dan nanah yang memenuhi saluran telinga dapat mengganggu pendengaran, memberikan rasa sakit hingga ketidaknyamanan. Hindari untuk mengorek atau membersihkan telinga dari nanah atau darah tersebut, dan segeralah untuk pergi ke dokter.

4. Telinga Berdenging

Gendang telinga yang bermasalah juga sering menyebabkan telinga menjadi berdenging. Kondisi ini dapat meredam suara yang kita dengar dan membuat kondisi di dalam telinga semakin tidak nyaman. Jika kondisi ringan, denging dalam telinga yang juga disebut tinitus ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun ada baiknya untuk tetap memeriksalan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Mual dan Muntah

Mual dan muntah ini sebenarnya adalah efek dari vertigo yang muncul saat gendang telinga mengalami gangguan. Vertigo menyebabkan rasa sakit dan perasaan seperti berputar, hingga menyebabkan mual dan muntah terjadi. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman, jadi sebelum bertambah parah sebaiknya segera diatasi. Apalagi vertigo dapat mengganggu aktivitas dan menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat, jadi jangan tunda untuk pergi ke rumah sakit.

Nah, itulah tanda umum yang sering terjadi saat gendang telinga mengalami gangguan atau masalah. Sangat penting bagi kita untuk peka dengan kondisi kesehatan bagian tubuh manapun, agar saat mengalami masalah kita bisa segera mengantisipasinya dan mencegah gejala bertambah buruk.