Home Penyakit dan KelainanBatuk 12 Bahaya Batuk Lebih Dari 2 Minggu Yang Harus Diwaspadai

12 Bahaya Batuk Lebih Dari 2 Minggu Yang Harus Diwaspadai

by Henny Anugerah

Batuk yang terus menerus tak kunjung sembuh walaupun sudah mengkonsumsi obat perlu diwaspadai dan segera ditangani oleh dokter yang terkait karena dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang menderita penyakit tertentu yang bisa mengancam jiwa.

Bahaya batuk berkepanjangan

1.kanker paru paru

Umumnya munculnya sel kanker dalam paru paru disebabkan karena Merokok berlebihan, Menghirup udara kotor misalnya asap kendaraan atau akibat sering mengkonsumsi makanan yang mengandung radikal bebas seperti zat pewarna, Pengawet makanan berbahaya, Makanan jenis junkfood  dan lain lain.

Bahaya yang ditimbulkan adalah Semua penderita kanker paru paru akan mengalami batuk terus menerus lebih dari 2 minggu yang jika dibiarkan maka batuk akan keluar dengan bercampur darah, suara parau atau serak, dada sakit dan menderita nyeri pada tenggorokan.

  1. Batuk rejan

Umumnya batuk rejan muncul disebabkan karena infeksi bakteri pada bagian paru paru dan saluran pernafasan  yang timbul secara bersamaan ataupun secara satu persatu organ .

Bahaya yang ditimbulkan adalah penderita akan mengalami batuk terus menerus. Bahaya batuk lebih dari 2 minggu pada penderita batuk rejan cenderung dibarengi dengan munculnya flu, Pilek tak kunjung sembuh dan serangan demam ringan hingga berat.

  1. TBC (tuberculosis)

Umumnya Gejala batuk TBC atau penyakit tuberculosis muncul dalam tubuh seseorang akibat tertular bakteri mycobacterium tuberculosis dari penderita sebelumnya.

Salah satu penyebab batuk tak kunjung sembuh paling klasik dalam dunia kedokteran adalah terserang bakteri mycobacterium tuberculosis yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh sevara keseluruhan, Karena Bakteri tersebut dapat menyebardengan cepat lalu menyerang bagian organ tubuh lain. Bahaya yang ditimbulkan adalah sakit pada tulang dan persendian, Kerusakan paru paru, Gangguan otak hingga kelainan jantung.

  1. Radang paru paru akut (Pneumonia)

Munculnya ciri ciri radang paru paru pada orang yang semula dikatakan sehat adalah disebabkan karena serangan bakteri streptococcus pneumoniae yang menginfeksi paru paru secara bertahap hingga menghasilkan kantung berisi cairan infeksi penuh bakteri. Cairan inilah yang dapat mencederai dan merusak jaringan paru paru.

Bahaya batuk lebih dari 2 minggu dari penyakit pneumonia dapat menghasilkan efek buruk seperti durasi batuk akan semakin parah dimalam hari yang diiringi dengan kesulitan bernafas, Ketika batuk akan keluar lendir berwarna hijau kekuningan  dan disertai dada yang sangat nyeri.

5.Penyakit paru Obstruktif Kronik

Penyebab terbesar dari munculnya penyakit paru obstruktif kronik adalah kebiasaan merokok yang berlebihan dan telah berlangsung selama bertahun tahun .

Bahaya batuk lebih dari 2 minggu dapat menjadi tanda jika seseorang sedang menderita penyakit paru obstruktif kronik yang biasanya diawali dengan gejala batuk yang terus menerus hingga dada terasa sakit, sesak nafas, Dada terasa berat hingga menderita kesulitan bernafas.

6.Asma

Penyakit asma adalah salah satu penyakit genetik tetapi bisa juga menyerang orang orang yang memiliki kepekaan terhadap benda benda asing yang memicu alergi, Misalnya bau parfum menyengat, Radikal bebas berupa debu, Bulu bulu hewan hingga serbuk dari berbagai macam bunga.

Salah satu tanda tanda Asma awal bisa berbentuk  sesak nafas dan juga bisa muncul batuk berkepanjangan. Batuk akan berlanjut semakin parah pada malam hari. Bahaya batuk lebih dari 2 minggu pada penyakit asma dapat memiucu munculnya keluhan kesehatan lain seperti gejala insomnia, Tenggorokan sakit dan dada terasa nyeri.

  1. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal reflux disease adalah naiknya asam lambung berlebih yang berjalan cepat ke arah kerongkongan hingga menimbulkan sensasi rasa panas dan nyeri pada area kerongkongan. Kondisi ini dapat memicu munculnya bahaya batuk lebih dari 2 minggu batuk  jika ternyata seseorang tersebut memiliki penyakit asam lambung kronis, Yaitu Kerongkongan akan selalu menderita sakit dan mengalami kesulitan untuk menelan makanan bahkan minuman dan disertai suara yang berubah menjadi parau.

8.Aspirasi

Aspirasi adalah kondisi dimana saluran pernafasan kemasukan benda asing selain bakteri atau virus, Misalnya serbuk logam atau partikel halus berbahaya dari bahan bahan tekstil. Benda benda berbahaya itu bisa menjadi pemicu munculnya batuk terus menerus.  Efek buruk dari munculnya kasus aspirasi adalah bahaya batuk lebih dari 2 minggu, Dada terasa sakit dan tarikan nafas yang berat. Kondisi terjadi disebabkan Karena partikel kecil dan halus yang telah masuk pada saluran pernafasan akan mencederai organ paru paru atau organ lain yang ada didekatnya.

  1. Gagal jantung

Seseorang yang mengalami gejala gagal jantung khususnya pada bilik jantung sebelah kiri maka akan mengalami batuk terus menerus yang jika tidak segera ditangani secara medis dapat menghentikan fungsi jantung atau bahkan kematian.

10.Bronkitis kronis

Penyebab Bronkitis adalah infeksi paru paru yang disebabkan oleh serangan virus yang menyebabkan iritasi, Luka dan peradangan pada paru sehingga menimbulkan batuk batuk yang berkepanjangan hingga lebih dari 2 minggu. Bahaya batuk lebih dari 2 minggu pada tanda tanda bronchitis adalah batuk bercampur darah, Mengalami demam Dan dada akan selalu terasa sakit saat batuk terjadi.

11.Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit umum yang dapat diderita siapa saja yang muncul karena flu biasa yang disebabkan karena infeksi virus atau jamur yang berkembang biak di area sinus tetapi  lama kelamaan dapat  menyebabkan  peradangan hebat pada dinding sinus yang dibarengi dengan munculnya batuk terus menerus. Bahaya batuk lebih dari 2 minggu pada penyakit sinusitis adalah hidung tersumbat, Kesulitan bernafas, Ada rasa nyeri diantara dahi dan mata dan gigi bagian rahang atas akan ikut menderita sakit. Jika kondisi ini tidak segera diobati maka akan berubah ke fase gejala sinusitis akut dan kronis.

12.Radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah keluhan kesehatan yang menyerang bagian belakang tenggorokan atau sering disebut dengan faringitis. Mudahnya seseorang terserang gejala radang tenggorokan paling banyak disebabkan karena makanan, Merokok, Alkohol dan lain lain. Radang tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya dengan obat yang bisa dibeli diapotek atau toko obat.

Tetapi pada radang tenggorokan yang berkepanjangan maka akan memicu munculnya batuk batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Kondisi ini terjadi akibat dinding tenggorokan telah mengalami peradangan. Bahaya batuk lebih dari 2 minggu pada radang tenggorokan berkepanjangan adalah nyeri otot dan sendi, Sakit kepala, Pembengkakan pada kelenjar getah bening, Terserang deman  dan tenggorokan sakit untuk menel

You may also like