4 Penyakit Mata Akibat Diabetes – Gejala dan Pencegahan

Diabetes merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Salah satu hal berbahaya yang menjadi dampak dari diabetes adalah penyakit mata. Dengan kadar gula di dalam tubuh yang sangat tinggi, penderita sangat rawan terkena penyakit mata akibat diabetes. Jenis – jenis penyakit mata tersebut antara lain.

Penyakit mata akibat diabetes yang sering terjadi antara lain :

  1. Pandangan kabur
    Salah satu penyakit mata akibat diabetes adalah pandangan kabur. Dengan kadar gula di dalam tubuh yang tinggi bisa menyebabkan lensa pada mata menjadi bengkak dan mengganggu kemampuan kita untuk melihat.
  2. Retinopati
    Kadar gula di dalam tubuh yang tinggi juga bisa mengakibatkan rusaknya pembuluh darah yang memasok darah ke retina. Retina membutuhkan pasokan darah terus – menerus untuk dapat melihat dengan baik. Dan jika pembuluh darah itu rusak bisa menyebabkan pendarahan di mata dan menyebabkan kebutaan.
  3. Katarak
    Penyakit mata akibat diabetes lain yaitu katarak. Diabetes membuat kadar gula di dalam lensa mata menjadi ikut naik. Kadar gula yang naik ini membuat zat sorbitol ikut naik dan menumpuk di lensa. Hal ini yang membuat lensa mata menjadi kurang jernih dan kelainan yang terjadi pada mata.
  4. Glaukoma
    Penyakit mata akibat diabetes lainnya adalah glaukoma. Glaukoma ini terjadi pada saat cairan yang terdapat di mata tidak dapat terdistribusi dengan baik dan pada akhirnya menyebabkan cairan itu menumpuk. Hal ini membuat saraf dan pembuluh di mata akan rusak karena tertekan cairan yang menumpuk tersebut dan menyebabkan penglihatan terganggu.

Gejala

Ada beberapa gejala yang muncul pada penyakit mata akibat diabetes ini. Beberapa gejala yang muncul antara lain :

  • Muncul floater atau bintik – bintik pada objek yang dilihat
  • Muncul titik gelap pada objek yang dilihat
  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan melihat di malam hari.

Pencegahan

Secara umum ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan agar terindar dari diabetes ini. Hal itu antara lain :

  • Jaga berat badan
    Dengan menjaga berat badan agar terhindar dari obesitas resiko terkena diabetes pun menurun. Dalam banyak kasus obesitas merupakan salah satu faktor penyebab diabetes
  • Tidak Makan makanan berlemak
    Makanan berlemak ini erat kaitannya dengan penyebab obesitas. Selain itu makanan ini juga makanan yang dilarang untuk penderita diabetes.
  • Makanan sehat
    Menjaga pola makanan adalah salah satu cara mencegah diabetes yang baik. Salah satu caranya seperti mengganti asupan karbohidrat kita dari nasi, roti, atau kentang menjadi gandum. Gandum adalah salah satu makanan yang baik untuk diabetes
    Nasi, roti, dan kentang mengandung karbohidrat sederhana yang sangat mudah diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Yang pada akhirnya kadar glukosa dalam tubuh pun meningkat. Sementara gandum yang mengandung karbohidrat kompleks lebih sulit diubah menjadi glukosa.
    Hal lain dari pola makan yang harus kita jaga adalah dengan rutin mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran.
  • Aktif bergerak
    Dalam beberapa kasus justru dengan aktif bergerak maka resiko terkena diabetes menjadi turun. Dengan aktif bergerak, kita menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.
  • Pola hidup sehat
    Pola hidup sehat ini salah satunya dengan selalu sarapan, memiliki waktu tidur yang cukup, tidak merokok, menghindari stress, dan juga menghindari kebiasaan penyebab diabetes lainnya. Hal ini secara efektif dapat menurunkan risiko kita terkena diabetes.
  • Hindari minuman manis
    Jenis minuman manis seperti minuman bersoda dan teh manis bisa menigkatkan kadar gula di dalam tubuh.
  • Vitamin D
    Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga memiliki fungsi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes