11 Buah-Buahan Untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

9447

Perut buncit adalah salah satu perubahan bentuk tubuh yang sangat sering terjadi terutama bagi mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun atau bahkan kurang. Baik wanita maupaun pria seringkali merasa terganggu dengan dengan kondisi perut buncit. Hal ini disebabkan orang menganggap perut buncit sangat menganggu penampilan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab perut buncit, antara lain:

  • Konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol merupakan salah satu faktor penyebab perut buncit. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan penumpukan lemak pada bagian perut. Hal tersebut terjadi karena alkohol mengandung banyak gula dan kalori dalam jumlah yang besar. Kelebihan kalori dan gula dalam darah akan membuat penumpukan lemak terjadi. Akibatnya, tidak hanya penumpukan lemak di perut saja, berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, hati, dan sistem organ lain lebih rentan untuk muncul.

artikel terkait:

  • Makan secara berlebih

Kunci tubuh yang sehat adalah mengikuti anjuran Rasulullah yaitu makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sayangnya, banyak orang yang seringkali lupa diri dan makan secara berlebih. Terlalu banyak makan, apalagi makan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Terlalu banyak makan akan menyebabkan penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh, termasuk di perut. Untuk itu, mulailah untuk menerapkan pola diet sehat dengan mengikuti aturan makan yang dianjurkan Rasulullah.

  • Ngemil pada malam hari

Kurangi kebiasaan mengemil di malam hari, apalagi jika mengemil makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori. Sudah tentu hal tersebut dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Jika tetap ingin mengemil di malam hari,  alternatif yang dapat dilakukan adalah mengganti dengan cemilan sehat, seperti sayur, buah, atau makanan rendah kalori. Perlu diketahui bahwa pada malam hari sistem pencernaan kita tidak begitu membutuhkan makanan. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh, termasuk pencernaan.

artikel terkait:

  • Makanan dengan pemanis buatan

Dewasa ini, makanan yang menggunakan pemanis buatan sangat banyak. Oleh karena itu, perlu perhatian yang serius terkait komposisi dalam makanan untuk mengetahui kandungan makanan dengan menggunakan pemanis alami atau pemanis buatan. Hal ini dikarenakan Pemanis buatan yang ada dalam makanan yang dikonsumsi akan sulit dicerna oleh tubuh. Akibatnya, makanan akan terfermentasi dalam sistem pencernaan (di usus) sehingga perut menjadi buncit dan terjadi radang di usus.

artikel terkait: bahaya aspartam – zat aditif pada makanan contoh bahayanya

  • Konsumsi makanan yang mengandung gas tinggi

Makanan yang mengandung gas tinggi akan membuat perut buncit. Makanan yang mengandung banyak lemak berpotensi menimbulkan gas pada sistem pencernaan kita. Selain itu, kopi dan minuman bersoda juga berpotensi menyebabkan tingginya gas pada sistem pencernaan kita. Akibatnya, perut akan menjadi buncit karena terjadi proses fermentasi di dalam usus.

artikel terkait: cara mengatasi perut kembung – penyebab perut kembung

  • Kurang olahraga 

Olahraga dipercaya dapat memberikan segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Lalu apa jadinya jika Anda kurang berolahraga. Sudah tentu kesehatan tubuh akan menurun dan juga perut menjadi buncit. Apalagi jika lemak di dalam tubuh berlebih. Olah raga sangat diperlukan untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh sehingga terhindar dari perut buncit dan berbagai macam penyakit.

artikel terkait:

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Cara terbaik untuk mencegah perut buncit adalah dengan menghindari berbagai faktor yang telah disebutkan di atas. Selain itu, penerapan pola hidup sehat dan pola makan yang baik dapat memberikan pengaruh positif bagi tubuh, termasuk bentuk tubuh yang ideal. Salah satu contoh penerapan pola makan baik adalah mengonsumsi buah secara teratur.

Buah Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Buah adalah salah satu jenis asupan makanan yang kaya akan serat. Buah-buahan selama ini dipercaya sebagai asupan yang kaya akan manfaat utuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, buah-buahan ternyata juga berkhasiat mengecilkan perut buncit. Jadi, bagi anda yang memiliki perut buncit, mulai sekarang anda bisa memulai untuk mengonsumsi buah-buahan terutama buah sehat berikut agar terhindar dari perut buncit.

artikel terkait: buah-buahan untuk diet cepat dan sehat

1. Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yag mengandung banyak air. Buah semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 % lebih. Maka jangan heran jika Anda mengonsumsi semangka membuat tubuh mudah terasa kenyang karena kandungan airnya yang cukup banyak. Jadi untuk anda yang memiliki perut buncit dan ingin mengurangi makan, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi semangka untuk mempercepat rasa kenyang dan mengurangi perut buncit. Buah semangka dapat melancarkan pencernaan sehingga pembakaran lemak di perut juga lebih optimal. Buah semangka juga tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga cadangan energi berupa lemak di dalam tubuh lebih cepat digunakan. Dengan kata lain, timbunan lemak yang ada di bagian perut lambat laun akan berkurang.

2. Pepaya

Pepaya kaya akan kandungan vitamin A dan C. Keduanya berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga sebagai antioksidan alami. Pepaya juga mengandung sejenis enzim yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga fermentasi makanan di dalam usus dapat dicegah. Alhasil, perut buncit bisa dicegah. Mengkonsumsi pepaya juga akan memberikan sensasi nyaman pada perut. Oleh karena itu, biasakan untuk memasukkan menu buah pepaya sebagai pengganti cemilan atau sarapan pagi.

artikel terkait: khasiat daun pepaya

3. Anggur

Anggur adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan alami yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Anda bisa mengkonsumsi anggur sebagai menu sarapan pagi Anda. Caranya dengan mengkonsumsi buag anggur yang telah dicampur dengan yogurt. Keduanya berperan aktif mencegah terjadinya penumpukan lemak pada daerah-daerah rawan seperti perut. Jika perut Anda buncit karena banyaknya tumpukan lemak pada bagian perut maka Anda bisa membuat jus anggur yang dicampur dengan yogurt dan mengkonsumsinya setiap pagi. Selain untuk mengecilkan perut buncit, mengkonsumsi anggur juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya gangguan jantung seperti jantung koroner.

4. Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis buah berry yang kaya akan vitamin C dan Mangan. Kedua jenis senyawa tersebut dipercaya dapat mengusir lemak yang tertimbun pada bagian perut. Mangan adalah salah satu jenis mineral yang akan membantu proses pemecahan karbohidrat dan lemak di dalam tubuh, termasuk di dalam perut. Dengan kata lain, timbunan lemak di bagian perut akan segera mengecil. Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan mengubah lemak menjadi energi.

5. Stroberi

Stroberi mengandung banyak vitamin C dan serat. Stroberi ternyata juga berkhasiat mengecilkan perut buncit. Stroberi dipercaya dapat mengontrol tumpukan lemak di bagian perut dan juga mengurangi lemak jika terjadi tumpukan. Dengan kata lain, mengkonsumsi stroberi dapat mengecilkan perut buncit dengan mengusir tumpukan lemak di bagian perut. Selain untuk mengecilkan perut buncit, stroberi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan stroberi ke dalam menu diet sehat.

6. Persik

Buah yang dapat mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah buah persik. Bagi anda yang memiliki kebiasaan ngemil pada malam hari maka anda dapat mengganti cemilan yang mengandung lemak dengan buah persik. Buah persik kaya akan vitamin C dan rendah akan kalori. Buah persik terbukti dapat mengusir tumpukan lemak di bagian perut sehingga perut buncit dapat teratasi.

7. Nanas

Buah selanjutnya yang dapat mengecilkan perut buncit adalah nanas. Nanas kaya akan vitamin A, B, C, dan E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu bagaimana nanas bisa mengecilkan perut buncit? Buah nanas ternyata mengandung sejenis enzim yang dapat mencegah penimbunan lemak di daerah rawan, salah satunya di bagian perut. Namun, bagi yang hendak mengkonsumsi nanas perlu memperhatikan takaran yang dianjurkan. Mengkonsumsi nanas secara berlebih justru tidak baik karena nanas bersifat panas di dalam perut. Mengkonsumsi nanas terlalu banyak justru dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

8. Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Apel adalah salah satu jenis buah yang bisa menjadi pencahar alami tanpa menimbulkan efek samping. Anda bisa mengkonsumsi 2 buah apel setiap harinya untuk memperoleh perut yang langsing dan terhindar dari timbunan lemak. Anda bisa mengkonsumsi apel saat sarapan dan juga pada malam hari sebagai pengganti cemilan.

9. Alpukat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah alpukat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh, serat, antioksidan, dan berbagai macam senyawa baik. Mengonsumsi buah alpukat akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, pengolahn buah alpukat menjadi jus alpukat sebagai pengganti sarapan agar terhindar dari perut buncit sangat tepat. Rasa lapar dapat ditunda, dengan kata lain, konsumsi alpukat dapat mencegah makan secara berlebih. Selain itu, mengkonsumsi alpukat juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (High Density Lipoprotein) di dalam tubuh.

artikel terkait: khasiat-biji-alpukat

10. Tomat

Buah yang dapat mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah tomat. Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin A, air, dan serat. Mengonsumsi tomat terbukti dapat mengontrol kadar lemak dalam tubuh dan juga mengontrol tekanan darah sehingga mencegah hipertensi. Mengkonsumsi tomat dapat mengurangi penimbunan lemak di bagian perut. Anda bisa mengkonsumsi jus tomat setiap hari agar terhindar dari perut buncit. Mengkonsumsi tomat juga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan mata karena tomat kaya akan vitamin A.

artikel trkait: kandungan gizi tomat

11. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Jika ingin mengecilkan perut buncit maka dapat meminum perasan jeruk nipis. Namun jika ingin meminum air perasan jeruk nipis usahakan agar perut tidak dalam keadaan kosong karena jeruk nipis bersifat asam sehingga bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Jeruk nipis terbukti dapat mengusir timbunan lemak di dalam tubuh, termasuk di bagian perut. Selain itu, jeruk nipis juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah panas dalam. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk.

artikel terkait: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang dapat mengecilkan perut buncit. Selain untuk mengecilkan perut buncit, buah-buahan juga penting dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Selain mengonsumsi berbagai jenis buah di atas, cara untuk mengecilkan perut buncit juga harus menerapkan pola hidup sehat dan mengatur pola makan yang seimbang.

artikel terkait: