Agar Santai dan Tenang di Masa Ujian, 9 Minuman Ini Bisa Menolong

202

Pikiran menjadi kurang tenang dan jadi mudah tegang saat berada di musim ujian bukan? Sebenarnya tak perlu terlalu stres jika sudah melakukan yang terbaik. Selain belajar dan berusaha keras, pastikan untuk mengasup makanan dan minuman yang tepat. Untuk merasa lebih santai dan tenang, minuman-minuman ini kiranya bisa menolong.

  1. Susu

Susu bukan hanya sumber protein dan kalsium, melainkan juga triptofan yang tubuh kita dapat ubah menjadi serotonin. Serotonin berfungsi membuat suasana hati jadi lebih baik dan tenang. Jadi tak ada salahnya kalau sedang ujian, setiap pagi atau malam hari sebelum tidur selalu minum segelas susu hangat.

  1. Teh Hijau

Tak hanya terkenal akan antioksidannya yang tinggi, teh hijau juga merupakan minuman yang menenangkan pikiran sekaligus suasana hati. Ada theanine yang menjadi penenang alami bagi tubuh sehingga meminumnya di kala musim ujian bisa bikin kecemasan hilang atau setidaknya lebih reda.

  1. Teh Kamomil

Tak salah lagi, teh kamomil menjadi salah satu cara mengatasi stres yang ampuh, jadi kenapa tidak mencoba menikmatinya di tengah-tengah waktu belajar atau sebelum berangkat untuk ujian? Ada kandungan glisin di dalam teh kamomil yang mampu menjadi penenang saraf, maka bisa meminumnya tiap hari saat sedang menghadapi ujian.

  1. Jus Pisang

Di dalam buah pisang ada kandungan asam triptofan yang sama seperti ada pada susu. Hormon serotonin pun bisa aktif secara lebih mudah sehingga efek tegang dan suasana hati yang buruk bisa diperbaiki. Jangan lupa bahwa jus pisang juga kaya vitamin B6 sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dan membuat mood meningkat.

  1. Jus Ceri

Stres karena ujian itu memang sudah biasa, tapi apakah tidak ingin meredakannya? Supaya menghadapi ujian jauh lebih percaya diri, santai dan tenang, cobalah mengonsumsi jus buah ceri yang kaya akan vitamin C. Jus ceri akan membantu mengaktifkan hormon melatonin pengatur kualitas tidur dan istirahat tubuh sehingga stres bisa berkurang.

  1. Jus Kiwi

Selain jus ceri, jus buah kiwi pun boleh coba dikonsumsi selama masa ujian. Kiwi termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga mampu meningkatkan energi tubuh. Ketika tubuh jauh lebih aktif, biasanya stres akan hilang dengan sendirinya dan bahkan pikiran jauh lebih rileks.

  1. Jus Sayur

Sayuran seperti kale, bayam dan seledri adalah jenis sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi dengan cara dijus untuk menangani stres. Supaya stres dan ketegangan akibat ujian bisa lebih reda, cobalah mengonsumsi jus sayuran tersebut sambil juga memenuhi asupan vitamin C, mineral magnesium dan kalsium dalam tubuh. Boleh juga untuk mengombinasikannya bersama buah agar aroma dan rasa sayur bisa disembunyikan.

  1. Teh Chai

Untuk pikiran dan hati tenang, jenis teh seperti teh chai layak sekali untuk coba dikonsumsi. Teh ini adalah teh hitam yang dikombinasi dengan bahan alami lainnya, seperti pala, kapulaga, jahe, cengkeh, serta kayu manis. Dijamin teh kaya rempah ini bakal membuat rileks; bahkan boleh juga lho ditambah parutan kulit jeruk.

  1. Jus Apel

Pada masa ujian, agar tetap fit dan juga selalu jauh dari yang namanya stres kita juga bisa bikin jus apel. Kaya dengan mineral zat besi dan fosfor, stres oksidatif dapat teratasi secara alami. Minumlah sebagai menu sarapan atau boleh juga diminum di malam hari sebelum tidur.

Mulai kini tak perlu bingung lagi kalau sedang stres dan ingin menenangkan diri pada saat ujian. Beberapa rekomendasi minuman tersebut bisa coba dikonsumsi rutin agar dapat menjadi terapi menghilangkan stres sehingga pikiran jadi jauh lebih fokus juga.