28 Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang Paling Sehat

Pengapuran tulang atau osteoarthritis merupakan satu jenis penyakit yang bisa terjadi rata-rata pada orang-orang yang sudah beranjak tua. Inti dari pengapuran tulang ini adalah sebuah kondisi bagian tulang yang ada di sekitar sendi mengalami penipisan dan itulah mengapa orang-orang dengan masalah ini akan cenderung sulit untuk beraktivitas seperti biasa.

Tak hanya menjadi terhambat dalam beraktivitas, seorang penderita pengapuran tulang pun akan menjadi lebih sulit untuk menyiapkan menu makanan harian. Saking banyaknya pantangan bagi penderita, akhirnya menjadi kesulitan dalam memilih makanan untuk penderita pengapuran tulang yang baik dan sehat. Itulah sebabnya, Anda perlu mengintip daftar makanan berikut agar tidak bingung lagi dalam mengonsumsi makanan yang tepat.

(Baca juga: cara mengatasi pengapuran tulang)

1. Apel

Buah satu ini tak perlu diragukan lagi akan manfaatnya bagi tubuh karena memang apel merupakan buah yang mampu menjauhkan kita dari berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang kronis. Menurut sebuah hasil penelitian dari Perancis, di dalam apel ada phloridzin yang merupakan jenis flavonoid.

Kandungan tersebut sangat baik bagi tulang karena mampu mengatasi masalah osteoporosis serta bisa diandalkan sebagai peningkat massa tulang. Bukan hanya phloridzin, melainkan juga ada kandungan Boron yang fungsinya adalah sebagai penguat tulang. Apel juga diketahui memiliki kandungan mineral banyak seperti zat besi, kalium, kalsium dan magnesium untuk mencegah tubuh terserang penyakit.

2. Brokoli

Jenis sayur hijau yang tak banyak digemari orang ini justru merupakan jenis sayur yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayuran hijau satu ini mampu membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh dan bisa juga dikonsumsi ketika sedang menderita pengapuran tulang. Makan brokoli juga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh ampuh.

Ketika daya tahan tubuh meningkat dan terus stabil, otomatis tubuh kita tidak akan gampang terserang penyakit apapun. Selain itu yang terpenting juga di sini adalah kesehatan tulang akan dijaga juga dengan mengonsumsi brokoli supaya tidak mengalami pengapuran tulang serta sendi. Bahkan risiko gejala anemia juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi brokoli.

(Baca juga: obat pengapuran tulang)

3. Pisang

Seperti kita ketahui, pisang merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi sebagai cara membakar lemak ketika seseorang sedang melakukan program diet. Hanya saja, pisang tak hanya bisa menjadi pembakar lemak saja, tapi juga menjadi penurun risiko pengapuran tulang. Buah satu ini perlu dimasukkan ke dalam menu harian penderita pengapuran tulang.

Menurut penelitian yang ada, ada sejumlah jenis pisang yang tak hanya berkandungan kalium tinggi tapi juga kalsium yang besar. Karena adanya kalsium yang tinggi, maka otomatis penyakit seperti pengapuran tulang bisa diatasi dan diobati. Namun perhatikan juga konsumsi pisang agar tak terjadi kelebihan kalium dan kalsium dalam tubuh.

4. Tomat

Makanan yang bisa masuk dalam kategori sayuran maupun buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bermanfaat dalam menambah daya tahan tubuh. Tak hanya itu, tomat sendiri juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita pengapuran tulang.

Kandungan vitamin K di dalamnya pun sangatlah besar sehingga memang mampu menjadi penguat tulang atau membantu memperbaiki tulang yang terganggu. Tomat juga diketahui berkandungan likopen yang tinggi sehingga massa tulang bisa meningkat dengan mengonsumsinya rutin. Asalkan tidak berlebihan, Anda bisa mencegah osteoporosis serta mengobati masalah pengapuran tulang secara alami melalui diet.

(Baca juga: obat nyeri tulang kaki)

5. Wortel

Kebanyakan orang mengira wortel adalah jenis sayur yang hanya bagus untuk kesehatan mata saja, padahal wortel adalah jenis sayur yang juga bisa digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang. Makanan yang mengandung vitamin A tinggi ini bukan hanya bermanfaat untuk menajamkan penglihatan kita. Wortel pun bisa dikonsumsi sebagai penjaga kesehatan tulang.

Wortel memiliki segudang nutrisi, vitamin dan mineral yang masing-masing akan membantu Anda menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk bagian tulang. Ada satu kandungan di dalam wortel yang akan mencegah tulang dari penyakit sendi dan tulang semacam osteoporosis dan pengapuran tulang. Konsumsilah setiap hari entah dengan dibuat jus atau dimasak sebagai bahan sup.

6. Kacang Polong

Pengapurang tulang memang menjadi masalah besar bagi beberapa orang yang mengalaminya karena menjadi penghambat rutinitas. Untuk menjadi lebih baik, kondisi pengapuran tulang perlu didukung dengan asupan makanan yang tepat, contohnya seperti kacang polong. Makanan ini bisa dikonsumsi bebas oleh pengidap pengapuran tulang secara rutin.

Makanan yang mengandung serat tinggi ini juga memiliki kandungan protein serta 7 mineral dan 8 vitamin yang akan membantu supaya kesehatan Anda terjaga dengan baik. Tak hanya kandungan tersebut, ada pula vitamin B6 serta vitamin K dengan folat yang akan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang secara maksimal.

(Baca juga: obat linu pada tulang kaki)

7. Teh Hijau

Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa teh hijau mampu menjadi makanan/minuman yang bisa membantu pemulihan suatu penyakit, tak terkecuali kondisi pengapuran tulang. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau termasuk sangat tinggi dan senyawa antioksidan yang ada di dalamnya diketahui bernama polifenol. Kandungan senyawa inilah yang baik untuk pengapuran tulang.

Fungsi penting polifenol adalah sebagai antioksidan yang artinya bakal melindungi tubuh dari inflamasi dan juga mampu berperan sebagai peningkat metabolisme tubuh. Bagi yang sudah merasakan gejala pengapuran tulang awal, bisa juga mengonsumsi teh hijau agar risiko pengapuran tulang bisa berkurang. Konsumsilah sehari 1-2 cangkir supaya tubuh merasa jauh lebih baik.

8. Bawang Putih

Mungkin kebanyakan dari kita ketika di masakan ada irisan bawang putih, kita akan meminggirkannya atau malah membuangnya karena tidak suka. Bau dari bawang putih dan efek samping bawang putih kerap kali mengkhawatirkan, tapi justru mengonsumsi bawang putih setiap hari 1-2 siung bisa membantu supaya tulang tercegah dari penipisan.

Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan dan mengonsumsinya bersama dengan masakan tersebut, tapi jika ingin mengonsumsinya langsung juga sah-sah saja. Apabila ingin makan yang versi mentahnya, perhatikan juga bahaya bawang putih mentah karena berlebihan dalam mengonsumsi pun akan berakibat buruk. Tak ada salahnya untuk mulai rajin mengonsumsi bawang putih ini.

(Baca juga: obat sakit tulang)

9. Oatmeal

Sebagai salah satu jenis makanan yang berserat tinggi, oatmeal ini seringkali menjadi menu sarapan baik dan sehat bagi penderita jenis-jenis penyakit jantung. Padahal oatmeal juga baik untuk osteoarthritis atau pengapuran tulang. Jadi selain bisa bermanfaat bagi tulang, Anda bisa mengonsumsi oatmeal untuk menjaga kesehatan jantung dan seluruh tubuh.

10. Pepaya

Selain oatmeal dan pisang, pepaya adalah makanan dengan kandungan serat tinggi yang paling baik juga untuk penderita pengapuran tulang. Pepaya biasanya digunakan untuk memperlancar BAB atau mengatasi masalah sembelit, tapi sebenarnya pepaya juga bagus untuk tulang. Makanlah buah ini setiap hari atau serutin mungkin agar sistem pencernaan lancar dan masalah pengapuran tulang sendi juga berkurang.

(Baca juga: cara mencegah osteoporosis)

Makanan Sehat Lain untuk Pengapuran Tulang

Selain dari makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, masih ada juga beberapa makanan lainnya yang bisa coba Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah jenis atau bahan makanan lain yang bisa dikonsumsi selama menderita pengapuran tulang:

  • Kunyit
  • Ikan mackerel
  • Jahe
  • Ikan salmon
  • Biji rami
  • Biji bunga matahari
  • Biji kenari
  • Telur
  • Susu
  • Jamur
  • Kubis
  • Jeruk
  • Kacang tanah
  • Hazelnut
  • Almond
  • Sereal
  • Blueberry
  • Anggur merah

(Baca juga: penyebab tulang keropos)

Itulah daftar makanan untuk penderita pengapuran tulang yang paling baik dan Anda bisa mencoba memvariasikannya setiap hari dengan mengonsumsi makanan-makanan yang berbeda per harinya agar tak bosan. Tak hanya memerhatikan makanan saja, cobalah untuk menambah intensitas waktu untuk berolahraga karena kurang olahraga bisa menjadi faktor peningkat risiko pengapuran tulang.

Tak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti melakukan peregangan misalnya. Tulang dan sendi tidak akan menjadi terlalu kaku kalau Anda rajin melakukan aktivitas fisik. Ubah gaya hidup menjadi lebih baik, sehat dan seimbang agar pengapuran tulang juga cepat membaik.