Daclin-300 – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

463

Daclin-300 merupakan salah satu jenis obat yang diproduksi oleh PT Tempo Scan Pasific. Daclin-300 adalah obat yang telah terdaftar dalam BPOM dengan nomor DKL0322718001A1. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dengan berat 300 mg. Obat ini tergolong dalam obat keras, artinya untuk mendapatkan obat ini harus menyertakan surat resep dokter ke apotek terdekat.

Obat Daclin-300 bermanfaat untuk mengobati infeksi kulit karena bakteri anaerob atau bakteri aerob gram positif yang rentan. Tidak hanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, namun juga infeksi saluran nafas (ispa), radang telinga atau otitis media, dan osteomyelitis atau infeksi tulang. Selain itu Daclin-300 juga mampu untuk mengatasi infeksi kulit serta jaringan lunak, intra abdominal, tulang dan sendi. Terakhir Daclin-300 juga mengobat infeksi ginekologi atau infeksi pada reproduksi wanita, dan septikemia, yang merupakan kondisi dimana bakteri masuk ke dalam darah.

Komposisi Daclin-300

Komposisi yang dimiliki oleh Obat Daclin-300 adalah Clindamycin. Clindamycin adalah sejenis golongan yang digunakan untuk mengobati infeksi serius yang diakibatkan oleh bakteri. Banyak sekali infeksi yang dapat ditangani oleh kandungan obat ini sesuai dengan manfaat yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Selain itu, kandungan Clindamycin bermanfaat untuk mengatasi infeksi gigi yang tidak bisa diselesaikan oleh antibiotik lainnya. Cara kerja hampir sama dengan Linkosimin, namun aktivitasnya lebih besar terhadap organisme yang sensitif.

Dosis Penggunaan Daclin-300

Dosis penggunaan yang paling tepat adalah berasal dari petunjuk atau anjuran dokter yang bersangkutan langsung. Pada dasarnya dosis yang biasa diberikan Daclin-300 kepada pasien, sebagai berikut:

  • Khusus dewasa pemberian dosis sebanyak 150-300 mg. Berikan tiap 6 jam.
  • Pada kasus dengan infeksi lebih serius, Pemberian dosis sebanyak 300-450 mg. Berikan tiap 6 jam.
  • Khusus anak-anak pemberian dosis sebanyak 3-6 mg per kilogram berat badan diberikan tiap 6 jam
  • Daclin-300 dapat diberikan bersama atau tanpa makanan

Efek Samping Daclin-300

Beberapa pasien akan merasakan reaksi yang terjadi pada tubuhnya setelah mengonsumsi obat tertentu. Hal ini dinamakan efek samping.  Efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi Daclin-300, antara lain:

  1. Pasien mengalami gangguan pencernaan, mual, dan muntah.
  2. Terkadang berhubungan dengan kolitis berat
  3. Pasien mengalami gejala dermatitis, reaksi kulit dan ikterus
  4. Ada kemungkinan mengalami perubahan hematopoietik

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua efek samping akan dirasakan oleh Pasien. Efek samping yang akan disebutkan dapat diobati hingga dicegah dengan penanganan yang baik.

Kontraindikasi Daclin-300

Kontraindikasi adalah suatu keadaan seorang pasien tidak dapat mengonsumsi obat tersebut karena bisa berakibat buruk apabila menggunakannya. Kontraindikasi Daclin-300 adalah Pasien yang memiliki reaksi alergi terhadap obat Clindamycin hydrochloride atau lincomycin.

Interaksi Daclin-300

Interaksi obat adalah keadaan ada peningkatan maupun penurunan efek obat apabila diminum secara bersamaan. Interaksi Daclin-300 dengan obat lainnya, antara lain:

  • Daclin-300 dapat meningkatkan efek penghambat neuromaskular.
  • Daclin-300 dapat bersifat antagonis dengan obat jenis neostigmin dan piridostigmin

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Hal-hal yang perlu diperhatikan selama menggunakan obat Daclin-300, antara lain:

  1. Superinfeksi, bayi prematur, dan diare.
  2. Wanita yang sedang hamil atau menyusui.
  3. Pasien yang mengalami gangguan fungsi hati dan ginjal.
  4. Pasien yang mengalami neonatus dan bayi
  5. Daclin-300 tidak boleh digunakan untuk pasien infeksi non bakteri
  6. Simpan di tempat sejuk dan kering, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung
  7. Jika terjadi reaksi alergi, hentikan pemakaian dan segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.