Home Tips KesehatanKesehatan Tulang Ngilu pada Tulang Paha – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ngilu pada Tulang Paha – Penyebab dan Cara Mengatasinya

by Erlita

Paha yang terasa ngilu, khususnya sewaktu dibuat berjalan atau bangun dari posisi duduk adalah kondisi yang mungkin membuat Anda khawatir. Ngilu dan sakit pada bagian paha tanpa adanya aktivitas fisik berlebihan yang dilakukan memang membuat penasaran bukan? Karena hal ini cukup mengganggu, coba tengok apa saja penyebab ngilu pada tulang paha berikut cara mengatasinya.

Penyebab

Ada berbagai macam penyebab mengapa bagian paha bisa terasa ngilu dan sakitnya tak tertahankan. Perlu diketahui bahwa ngilu tak selalu berasal dari tulang yang terganggu, tapi ada kemungkinan bahwa saraf, otot ataupun sendilah yang menyebabkan seakan tulanglah yang ngilu.

  1. Patah Tulang

Ketika Anda mengalami patah tulang baik itu di bagian paha langsung atau panggul, ada kalanya tulang bagian paha akan terasa ngilu dan sakit. Bila Anda pernah atau baru-baru ini mengalami patah tulang di bagian paha atau panggul. Cobalah untuk memeriksakan kondisi tulang yang sempat patah supaya dapat diketahui apakah penyembuhan patah tulang sudah total dan apakah perlu ada penanganan lanjutan dengan obat patah tulang paha yang sesuai.

  1. Tumor Tulang

Kemungkinan lainnya akan tulang paha yang ngilu adalah timbulnya tumor, sehingga kemudian pembelahan pada tulang terjadi atau bahkan terjadi perkembangan yang tak seperti wajarnya. Tumor yang umum terjadi pada tulang antara lain seperti:

  • Giant cell tumor
  • Fibroma
  • Rhabdomuoma
  • Osteoid osteoma
  • Enchondroma
  • Osteochondroma
  1. Kanker Tulang

Selain patah tulang, ngilu di bagian tulang paha kemungkinan ada kaitannya dengan kanker tulang. Namun penting untuk diketahui bahwa kanker tulang justru bukanlah berawal dari tulang pada umumnya, justru dari penyebaran sel kanker dari organ kanker lainnya. Periksakan segera kondisi kesehatan tubuh Anda dengan mengecek langsung akan ada tidaknya pertumbuhan sel kanker.

  1. Osteomielitis

Infeksi tulang di mana bakterilah yang menyebabkannya bisa kita sebut dengan osteomielitis. Ketika tulang bagian paha nyeri dan ngilu ditambah dengan beberapa gejala lainnya seperti pembengkakan, demam serta kemerahan di area paha, bisa jadi hal ini merujuk pada osteomielitis. Selain daerah kaki, biasanya tulang lengan dan punggung dapat terserang juga.

  1. Cedera Tulang

Ngilu di bagian tulang paha bisa saja karena cedera, baik itu karena luka pukul, trauma atau bahkan terjatuh. Patah tulang adalah salah satu akibat yang cukup berbahaya saat terjadi cedera pada bagian paha. Apabila Anda menduga adanya kerusakan tulang, maka segeralah ke dokter ahli tulang untuk penanganan lebih tepat.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kemungkinan lain akan penyebab tulang paha terasa ngilu meski memang ini merupakan suatu penyakit sendi yang bersifat degeneratif di mana juga dikenal sebagai penyebab sakit pinggang tengah. Ngilu yang dirasakan di bagian tulang paha tak serta-merta selalu berhubungan dengan kondisi tulang itu sendiri. Sendi biasanya akan mengalami kerusakan seiring usia bertambah, jadi cobalah periksakan karena potensi osteoarthritis pun cukup besar.

  1. Artritis Reumatoid

Penyakit satu ini juga diketahui sebagai penyakit radang sendi yang pada umumnya lebih sering dialami pada jaringan sinovial sendi. Tak hanya ngilu, Anda juga harus waspada dan cepat bertindak mengatasinya atau sendi akan makin rusak dan makin sulit bagi Anda menggerakkannya.

Cara Mengatasi Tulang Paha Ngilu

Apapun dugaan penyebab yang mendasari rasa ngilu pada tulang paha Anda, ada beberapa langkah yang bisa coba dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama.

  • Mengompres hangat – Jangan ragu untuk mengompres hangat bagian paha yang Anda keluhkan sakit, hal ini juga sangat berguna ketika betis terasa panas.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri – Obat pereda nyeri dapat juga Anda andalkan ketika rasa ngilunya tak tertahankan dan Anda ingin rasa ngilunya cepat hilang.
  • Melakukan peregangan – Untuk paha sering ngilu cobalah untuk melakukan beberapa kali peregangan dalam sehari. Karena bila asalnya dari sendi yang bermasalah, Anda bisa coba untuk membuatnya tak lagi kaku dan tegang.
  • Menghindari mengenakan celana ketat – Celana yang terlalu ketat kemungkinan hanya akan memperburuk rasa ngilu dan sakit di bagian paha Anda. Jadi untuk sementara waktu, kenakanlah celana yang nyaman dan tak terlalu ketat sampai ngilu hilang.
  • Menghindari berdiri dan duduk dalam posisi lama – Rasa sakit dan ngilu pada paha dapat berisiko lebih buruk apabila Anda duduk atau berdiri dalam waktu yang lama dengan posisi yang sama.

Ketika cara-cara mandiri tersebut tak juga membuahkan hasil yang baik bagi paha Anda dan tulang masih terasa begitu ngilu, segeralah ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter spesialis penyakit dalam adalah yang paling tepat Anda tuju supaya gejala ngilu tulang paha bisa teranalisa dengan tepat melalui pemeriksaan fisik. Selain pemeriksaan fisik, USG dan tes darah kiranya ikut diperlukan sehingga dokter bisa memberi solusi penanganan paling sesuai untuk ngilu pada tulang paha.

You may also like