10 Makanan Yang Aman Untuk Asam Lambung dan Baik Untuk Kesehatan

Makan merupakan salah satu kebutuhan primer bagi makhluk hidup. Dengan makan maka kebutuhan gizi di dalam tubuh kita pun akan terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi ini tentu saja kita pun harus benar – benar memilih makanan yang baik dan tidak makan dengan sembarangan.

Terutama untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung. Bagi mereka tentu saja harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan. Tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung. Mereka yang memilii asam lambung harus mengetahui makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung. Hal ini karena tentu saja akan berpengaruh dengan penyakit yang mereka derita. Mereka dengan masalah asam lambung haruslah memastikan makanan yang aman untuk asam lambung agar tidak menimbulkan gejala awal asam lambung. Hal ini tentu saja untuk menjaga agar asam lambung mereka tidak naik. Beberapa makanan yang aman untuk asam lambung diantaranya adalah :

  1. Biji – bijian
    Jenis makanan pertama yang baik untuk penderita asam lambung adalah biji – bijian. Beberapa makanan jenis biji – bijian seperti oatmeal, quinoa, dan jenis biji – bijian lainnya merupakan makanan yang bisa menurunkan asam lambung. Ini lah mengapa makanan jenis biji – bijian ini sangatlah baik untuk penderita asam lambung.
  2. Buah – buahan
    Mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung pun disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah penetral asam lambung. Buah – buahan seperti semangka, pepaya, apel,pisang, dan lainnya merupakan buah – buahan yang sangat baik bagi penderita asam lambung. Di dalam buah – buahan ini banyak sekali kandungan gizi dan mineral yang bisa mengatasi masalah asam lambung naik ataupun mencegah asam lambung naik.
  3. Roti
    Untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung pun disarankan mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum. Roti memiliki banyak serat yang akan sangat baik untuk sistem pencernaan khususnya lambung. Roti ini pun akan mampu mencegah naiknya asam lambung.
  4. Kacang hijau
    Salah satu makanan yang aman untuk asam lambung lainnya adalah kacang hijau> Kacang hijau ini banyak sekali mengandung karbohidrat. Selain itu kacang hijau juga bisa membantu mencegah naiknya asam lambung. Kacang hijau juga bisa menebalkan dindind lapisan lambung guna mencegah naiknya asam lambung. Kacang hijau selain berfungsi mencegah, juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki asam lambung agar tidak semakin parah. Kacang hijau lebih mudah dicerna oleh organ pencernaan sehingga hal ini akan mempermudah kinerja dari lambung.
  5. Rempah – rempah
    Beberapa rempah – rempah yang juga baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah dengan asam lambung diantaranya adalah jahe dan kunyit. Jahe merupakan obat efektif sebagai cara menurunkan asam lambung dan maag. kita bisa membuat dan mengolah jahe sebagai minuman untuk mendapatkan manfaatnya tersebut. Sementara kunyit, selain bisa digunakan sebagai bahan dasar jamu dan bumbu masakan, kunyit juga merupakan obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi masalah asam lambung ini. Kunyit juga mengandung anti oksidan, anti bakteri, dan juga anti infeksi.

  6. Sayuran
    Makanan yang aman untuk asam lambung lainnya adalah sayuran. Banyaknya kandungan gizi dan mineral serta serat di dalam sayuran membuat sayuran akan menjadi makanan yang bisa melancarkan sistem pencernaan dan juga mengatasi masalah asam lambung. Beberapa sayuran yang baik dan aman bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung seperti wortel, brokoli, asparagus dan lainnya. Sayuran – sayuran ini akan mampu mengatasi masalah asam lambung. Sayuran juga bisa mencegah naiknya asam lambung dan juga mampu menjaga kesehatan pencernaan kita.
  7. Kentang
    Mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung pun disarankan untuk mengkonsumsi kentang. Kentang yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sangat cocok untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung agar membuat perut tidak kosong. Hal ini akan membuat kadar asam lambung menjadi netral
  8. Daging rendah lemak
    Untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung beberapa makanan jenis daging memang masih bisa menjadi pilihan asal kan cara pengolahanya nya tepat. Hal tersebut adalah dengan mengolah daging tersebut dengancara direbus atau dipanggang dan tidak digoreng. Menggoreng daging akan meningkatkan jumlah lemak yang juga akan meningkatkan asam lambung saat dikonsumsi.
  9. Makanan laut rendah lemak
    Selain daging rendah lemak, makanan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung juga adalah makanan laut yang rendah lemak juga. Makanan laut yang rendah lemak ini akan membantu asam lambung tetap stabil.
  10. Makanan kaya protein
    Makanan yang baik untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung juga adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein. Makanan jenis ini akan sangat mudah dicerna oleh lambung sehingga tidak membebani kinerja lambung.

Itulah jenis – jenis makanan yang aman untuk asam lambung. Makanan – makanan tersebut akan membantu mengatasi masalah asam lambung dan juga membantu mencegah timbulnya masalah asam lambung. Hal penting lainnya yang harus diketahui juga adalah dengan mengetahui langkah pertologan pertama pada asam lambung.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Sehat