Home Penyakit dan KelainanSirosis Hati 20 Pengobatan Sirosis Hati Paling Alami dan Mujarab

20 Pengobatan Sirosis Hati Paling Alami dan Mujarab

by Erlita

Sirosis hati merupakan salah satu jenis penyakit pada liver atau hati dan diketahui pula sebagai tahap akhir proses fibrosis hati yang artinya adalah efek ketika penyakit hati sudah kronis. Tanda-tanda paling umumnya adalah jaringan normal yang diganti dengan jaringan fibrous sehingga fungsi sel-sel hati pun menghilang. Lalu, adakah pengobatan sirosis hati alami yang bisa diandalkan?

  1. Konsumsi Pepaya

Selain menjadi solusi sembelit paling ampuh dan aman, buah ini termasuk buah yang baik untuk penderita sirosis hati. Jus pepaya adalah yang memberikan efek jauh lebih baik bagi tubuh, yakni dengan cara mencampurkan jus pepaya 2 sendok makan dengan jus lemon segar setengah sendok teh yang kemudian bisa dikonsumsi sehari 3 kali setiap hari.

  1. Biji Rami

Biji rami adalah bahan alami yang bisa dijadikan pengobatan alami bagi penderita sirosis hati yang bisa dibuktikan keampuhannya. Berkandungan fitonutrien tinggi, biji rami bakal mencegah adanya hormon berlebih yang sirkulasi darah tidak inginkan.

Penggunaan pun sangat mudah karena Anda bisa cukup menambahkan biji rami secukupnya pada santapan sehari-hari, seperti sandwich, salad atau makanan lainnya. Namun, pastikan biji rami sebelum dikonsumsi Anda lebih dulu memanggangnya. Ada pula yang dibuat sebagai smoothies dan bisa diminum setiap hari. Lebih mudah lagi, Anda juga bisa memanggang biji rami dan kemudian konsumsilah sedikit setiap pagi saat perut masih kosong.

  1. Gooseberry

Jenis buah berry satu ini memiliki ukuran kecil dengan bentuk oval atau bulat yang juga dikenal dengan sebutan buah amla. Berkandungan serat serta vitamin C tinggi, rupanya gooseberry juga bisa dijadikan pengobatan ampuh bagi yang sedang menderita sirosis hati.

Untuk menggunakannya, cukup dengan cara memarutnya dan hasil parutannya dapat dikonsumsi bersama salad. Dengan mendapatkan asupan vitamin C lebih banyak dari buah ini, fungsi hati akan ditingkatkan kembali dan kerusakan pada bagian liver pun diperbaiki. Asalkan dapat mengunyah buah ini dan mendapatkan ekstrak jusnya, tubuh akan lebih cepat pulih.

  1. Biji Pepaya

Selain buah pepaya, bijinya pun bisa diandalkan untuk kesembuhan sirosis hati Anda. Namun bukan asal langsung konsumsi, melainkan harus diremukkan lebih dulu supaya ekstrak jusnya Anda dapatkan. Yang perlu dikonsumsi secara rutin adalah sekitar sesendok makan jus biji pepaya yang sudah dicampur rata bersama jus lemon sebanyak 2 sendok makan. Demi memperoleh hasil maksimal, konsumsi sehari 2 kali lebih disarankan.

  1. Bayam

Makanan yang mengandung zat besi tinggi ini juga dikenal sebagai sumber betakaroten yang akan meningkatkan kesehatan hati Anda. Sediakan daun bayam dan wortel secukupnya yang kemudian bisa Anda hancurkan, campurkan atau giling bersama sampai halus lalu ambil ekstraknya dengan cara menyaringnya lebih dulu. Jus bayam plus wortel siap dikonsumsi setiap hari untuk merawat dan memperbaiki fungsi hati Anda.

  1. Cuka Apel

Cuka sari apel memang terpercaya dalam menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit luar maupun dalam. Untuk penderita sirosis hati, cobalah sediakan 1 gelas air lalu tambahkan sesendok teh madu bersama dengan sesendok makan cuka sari apel. Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi sehari 3 kali supaya mampu meningkatkan metabolisme lemak sekaligus mendetoksifikasi organ hati Anda.

  1. Licorice

Akar licorice bisa Anda jadikan sebagai teh untuk membantu mengobati sirosis hati secara alami. Herbal satu ini telah digunakan oleh banyak penderita hepatitis C yang rupanya tergolong efektif sebagai obat hepatitis C alami. Dengan mengonsumsi licorice, baik dalam bentuk teh atau suplemen, fungsi hati otomatis akan meningkat kembali sekaligus membantu mencegah tekanan darah tinggi.

  1. Milk Thistle

Milk thistle adalah nama sebuah tanaman yang dapat dijumpai secara umum di Timur Tengah, Afrika Utara atau di benua Eropa. Dari namanya kita akan menduga bahwa tanaman ini mungkin memiliki kandungan senyawa susu atau sejenisnya. Padahal, hanya fungsi dari tanaman inilah yang mirip dengan susu, yakni sebagai penetralisir toksin.

Hancurkan lebih dulu sejumlah biji thistle yang kemudian bisa direbus di alam air secukupnya, lalu diambil ekstraknya dengan menyaringnya nanti. Minumlah ramuan ini ketika dalam kondisi hangat secara rutin agar bisa menyembuhkan sirosis hati secara maksimal.

  1. Katuki

Herbal katuki adalah alternatif pengobatan bagi penderita sirosis hati yang juga layak dicoba dengan menggunakan bagian akarnya. Akar herbal inilah yang kerap dijadikan sebagai obat dan bahkan bisa dikonsumsi secara aman setiap hari untuk pemulihan sirosis hati sekaligus melancarkan gangguan pencernaan.

  1. Air Lemon dan Garam

Tips alami untuk merawat kondisi sirosis hati lainnya adalah dengan mencampurkan air perasan sebuah lemon segar ke dalam segelas air lalu tambahkan dengan garam sedikit. Konsumsi sehari 3 kali lebih dianjurkan dan pastikan untuk menggunakannya rutin agar sirosis hati lebih cepat membaik.

  1. Biji Jintan dan Yogurt

Ramuan ampuh selanjutnya bisa Anda buat dengan menyediakan 2 cangkir air lebih dulu, lalu masukkan 2 sendok makan biji jintan dalam bentuk bubuk bersama dengan 2 sendok penuh yogurt. Bisa juga ditambah sedikit garam untuk rasa karena gula tidak baik bagi penyakit hati. Konsumsi sehari 2 kali secara teratur akan mampu melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan kesehatan hati Anda.

  1. Kunyit

Kunyit yang kaya akan antiseptik, antioksidan, antijamur, hingga antibakteri bisa dijadikan obat ampuh alami bagi hati Anda. Cukup dengan menambahkan sesendok makan bubuk kunyit pada secangkir susu panas (boleh juga tambahkan madu sedikit ke dalamnya), Anda bisa menikmatinya setiap hari sampai fungsi hati terasa membaik kembali.

Pengobatan Lainnya untuk Sirosis Hati

Tak hanya bahan-bahan alami di atas saja yang bisa dijadikan sebagai perawatan sirosis hati paling ampuh, berikut adalah sejumlah cara pengobatan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Itulah sejumlah cara pengobatan sirosis hati paling alami dan wajib untuk Anda coba. Tentu untuk mengetahui kondisi kesehatan hati Anda lebih lanjut, rajinlah melakukan cek kesehatan ke dokter.

You may also like