Amankah Rokok Herbal Sebagai Pengganti Rokok Biasa? Intip Penjelasannya!

348

Bagi para perokok aktif yang mungkin sedang mencari cara untuk berhenti merokok setelah tahu bahaya merokok bagi kesehatan, kemungkinan akan berpikir bahwa rokok herbal adalah yang paling baik ketimbang rokok elektrik apalagi rokok yang biasa. Ini kemungkinan karena kata herbal seakan menjadi jaminan bahwa rokok tersebut adalah rokok aman dan alami serta tak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Pernahkah Anda mendengar tentang rokok herbal yang memang tak seperti rokok pada umumnya? Ya, dikatakan tak seperti rokok-rokok pada umumnya karena penggunaan tembakau tidak berlaku pada jenis rokok ini. Jadi, benarkah rokok herbal ini terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan tubuh? Amankah rokok herbal bila digunakan setiap hari seperti kebiasaan orang merokok pada umumnya?

Aman tidak sih rokok herbal itu?

Meski telah lama dikenal dan sempat menjadi perhatian banyak orang karena rokok herbal dianggap sebagai solusi bagi para perokok, rokok herbal yang terbuat dari rambut jagung, kayu manis, daun mint, serai dan juga tanaman herbal lain ini pun dianggap sebagai penyehat tubuh. Seperti kita tahu, bahan-bahan alami tersebut memang dapat dikonsumsi.

Tak hanya itu, rokok herbal pun dapat juga mengandung tanaman herbal lainnya, seperti daun selada kering, daun teratai kering, kuntum bunga mawar kering, daun cengkeh kering, ampas tebu kering, serta bunga melati dan juga ginseng. Jadi, karena tak mengandung nikotin dan bahkan tak terbuat dari tembakau, apakah bisa dikatakan aman rokok herbal ini?

Beberapa diantara bahan-bahan tersebut dikenal cukup aman bagi tubuh karena justru mampu menjadi obat untuk sejumlah masalah kesehatan dan bahkan ada pula bahan-bahan yang justru membantu menghentikan kebiasaan merokok. Namun walau tak berkandungan nikotin yang menjadikan seseorang kecanduan merokok, Anda wajib tahu bahaya dibaliknya juga.

Karena merokok tetaplah proses mengisap hasil pembakaran dari tanaman herbal, seaman apapun herbal tersebut, hasil pembakaran dari sayur atau tanaman mampu menjadi penghasil karbonmonoksida serta jenis racun lainnya. Jadi, efeknya pun kurang lebih menjadi sama dengan tembakau yang mampu membahayakan paru-paru pengisapnya.

Tips Berhenti Merokok yang Lebih Aman

Tembakau sendiri sebenarnya adalah herbal bukan? Jadi, daun tanaman herbal lainnya yang digunakan menjadi kandungan rokok, bila menggunakannya dengan cara dibakar, tetap saja berbahaya bagi kesehatan. Ini karena karbonmonoksida, hingga tar di mana bahaya tar pada rokok sangat besar, dan juga racun lainnya terhasilkan dari pembakaran tersebut.

Banyak orang meyakini bahwa rokok herbal yang tak mengandung nikotin atau setidaknya bernikotin rendah mampu membantu supaya kebiasaan merokok dapat berhenti. Hanya saja, rokok herbal terbukti tak memiliki efektivitas dalam menolong kebiasaan merokok untuk menurun menurut Clive Bates dari ASH (Action on Smoking and Health).

Jadi jika ingin yang lebih aman lagi bagi tubuh dan memampukan Anda untuk lupa dengan rokok sama sekali, maka cara-cara inilah yang layak dicoba.

  • Memperkuat mindset – Pastikan untuk bisa berhenti merokok dengan membuat mindset yang lebih kuat. Untuk berhasil lepas dari kebiasaan merokok, diperlukan mindset dari diri sendiri, niat dan motivasi yang tinggi supaya benar-benar bisa berhasil.
  • Membuat daftar alasan ingin berhenti dari kebiasaan merokok – Anda bisa memulai upaya berhenti merokok dengan membuat dulu daftar alasan kenapa Anda begitu ingin lepas dari rokok. Bawa catatan ini ke mana saja agar mampu menjadi pengingat Anda tentang tujuan Anda berhenti merokok supaya tetap semangat melanjutkan upaya ini.
  • Mengatur asupan makanan – Banyak perokok yang kurang mengetahui bahwa kegiatan merokok juga dapat dipicu oleh makanan yang diasup oleh tubuh. Untuk menekan keinginan merokok, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan seperti keju, buah dan berbagai macam sayuran dan meminimalkan asupan daging. Karena rupanya, setiap kali makan daging, keinginan merokok jauh lebih besar.
  • Mengonsumsi minuman yang tepat – Selain daging, minuman tertentu seperti halnya minuman alkohol, minuman soda, dan minuman mengandung kafein (kopi dan teh) mampu meningkatkan keinginan untuk merokok. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih lebih banyak serta jus buah maupun sayur bisa dilakukan sebab ini akan jauh lebih dapat menekan hasrat ingin merokok.
  • Rutin olahraga – Untuk bisa sedikit-sedikit menghindari kebiasaan merokok, gaya hidup sehat tak hanya berupa mengubah asupan makanan dan minuman menjadi lebih sehat, aktivitas fisik pun wajib diubah. Kurang olahraga dapat menjadi pemicu seorang perokok untuk semakin ingin merokok, sementara jika olahraga dengan rutin, ada zat-zat kimia yang otak hasilkan supaya keinginan merokok bisa ditekan.
  • Lingkungan kondusif – Selain dari faktor perencanaan dan gaya hidup sehat, penting untuk memiliki lingkungan kondusif agar bberhenti merokok dapat segera terwujud. Salah satu cara yang paling baik adalah memilih teman yang tidak merokok. Atau, Anda bisa hindari orang-orang yang merokok sementara waktu sampai Anda yakin betul sudah berhasil lepas dari rokok.

Jadi, amankah rokok herbal bagi kesehatan? Sayangnya herbal satu ini tidaklah aman bagi Anda karena apapun herbal yang terkandung di dalam rokok jika penggunaannya tetap dengan cara dibakar, maka hasilnya yang diisap tubuh adalah zat racun. Jadi, pilihlah cara berhenti merokok secara bijak dan benar supaya mampu memberikan tubuh Anda manfaat dan terhindar dari berbagai penyakit akibat merokok.