16 Penyebab Susah Tidur Siang Harus Diketahui

Tidur siang sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan karena kegiatan ini mampu menjadi peningkat daya ingat otak sekaligus suasana hati. Tidur siang juga merupakan pilihan tepat sebagai cara mengatasi stres hingga meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, ada kalanya tidur siang begitu sulit, apa kira-kira penyebab susah tidur siang yang perlu kita ketahui?

  1. Mengonsumsi Kafein

Seperti kita ketahui, mengonsumsi kafein seperti minuman kopi atau teh berlebih bisa berpengaruh cukup buruk bagi beberapa orang. Pengaruh yang dimaksud di sini adalah seperti menjadikan seseorang sulit tidur dan menjadi lebih betah melek walau sebenarnya ingin tidur siang dan mengistirahatkan diri.

Kafein juga ada di dalam makanan coklat dan minuman soda, jadi pastikan agar tidak mengonsumsinya terlalu banyak di siang hari apabila hendak tidur siang. Saat mengonsumsi kafein, justru hal ini akan menjadikan tubuh dan mata lebih segar yang akan mencegah rasa kantuk dan membuat sulit terlelap walau sudah siap untuk tidur siang.

  1. Bermain Games

Apakah Anda suka bermain games? Bisa jadi penyebab susahnya untuk tidur siang adalah faktor tersebut. Kebiasaan bermain games beberapa jam sebelum tidur akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Jangan dikira paparan sinar dari layar komputer atau ponsel itu aman-aman saja dan tidak berdampak buruk.

Justru paparan sinar itulah yang menjadi faktor pengganggu dari keinginan Anda untuk tidur siang. Bahkan games juga cenderung membuat kita ingin terus bermain sehingga seharusnya jam tidur siang misalnya jam 1 siang, bisa-bisa mundur beberapa jam karena penasaran ingin bermain terus. Itulah yang menjadikan tidur siang menjadi sulit dan kemungkinan saat sudah memejamkan mata pun akan terus terngiang permainan yang dimainkan tadi.

  1. Bangun Pagi Kesiangan

Susahnya tidur siang juga bisa disebabkan oleh jam bangun di pagi hari. Ketika pagi seharusnya bangun jam 5 atau 6, tapi justru bangun jam 9 atau 10 sementara jadwal tidur siang adalah jam 1, hal ini akan memicu sulit untuk tidur siang pada beberapa orang. Waktu bangun dan untuk tidur kembali di siang hari terlalu dekat sehingga tubuh dan mata masih terasa segar biasanya.

  1. Menonton Film Horor

Sulit tidur siang mungkin juga disebabkan oleh tontonan yang sebelumnya kita nikmati. Cobalah ingat-ingat kembali, apakah sebelum beranjak tidur siang Anda menonton film horor? Jika tak terbiasa atau tak terlalu menyukai film horor, kemungkinan ada adegan tertentu yang membuat Anda tegang sehingga susah untuk tidur siang.

  1. Menggunakan Ponsel

Penggunaan ponsel sebelum tidur, seperti misalnya 3 am sebelum tidur adalah salah satu penyebab mengapa Anda menjadi sulit untuk tidur siang. Walau hanya ber-SMS ria atau telepon dengan orang terdekat, gelombang radiofrekuensilah yang menjadi alasan mengapa kualitas tidur menjadi terganggu.

  1. Sering Buang Air Kecil

Alasan lain mengapa Anda susah tidur siang, kemungkinan adalah karena beberapa jam sebelum tidur, Anda minum terlalu banyak sehingga mengakibatkan sering buang air kecil. Walau tampak sepele, hal ini rupanya membuat beberapa orang menjadi sulit untuk mudah lelap saat tidur siang. Ketika hendak terlelap, biasanya akan timbul keinginan untuk buang air kecil yang bahkan dapat terjadi selama beberapa kali. Inilah yang kemudian menjadikan seseorang sulit dan sudah enggan untuk tidur siang.


  1. Bising

Kebisingan dapat menjadi salah satu penyebab umum mengapa seseorang menjadi sulit untuk tidur siang. Maka dari itu, bila hendak tidur siang cobalah untuk menghindari suara-suara bising yang kiranya akan mengganggu tidur siang Anda. Jika tempat Anda hendak tidur dipenuhi dengan kebisingan, temukan tempat yang cukup sepi dan nyaman untuk tidur.

  1. Tingkat Cahaya Ruangan Tinggi

Mungkin ada beberapa orang yang sulit tidur siang karena ruangan yang digunakan untuk tidur memiliki tingkat pencahayaan yang terlalu tinggi. Hal inilah yang cukup mengganggu bagi sebagian orang ketika hendak tidur, baik tidur siang maupun malam. Jadi, carilah tempat dengan tingkat penerangan rendah, atau matikan lampu untuk bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Banyak Pikiran

Tujuan seseorang ingin tidur siang adalah sebagai cara menghilangkan stres pikiran atau kepenatan. Namun, ada pula yang justru menjadi susah tidur karena kemudian banyak pikiran yang datang sehingga tidur pun tak enak. Memikirkan pekerjaan, tugas atau masalah-masalah lain di tempat tidur hanya akan menghambat waktu tidur siang.

  1. Posisi yang Kurang Nyaman

Posisi tidur yang kurang nyaman dapat menjadi alasan utama mengapa menjadi susah untuk tidur siang. Pastikan bahwa posisi ketika tidur sudah enak dan nyaman, lalu pejamkan mata di mana hal ini akan membantu agar bisa pulas lebih cepat.

  1. Menunda Tidur

Bagi yang terbiasa tidur siang, tentu sudah ada jam atau waktu tertentu untuk melakukannya, bukan? Namun, tidur siang menjadi sulit apabila kita menunda-nundanya. Contohnya saja, menunda tidur siang karena mementingkan bermain games atau misalnya memilih untuk mengerjakan hal-hal lain lebih dulu sehingga waktu tidur siang tertunda dan menjadi sulit tidur karenanya.

  1. Mengonsumsi Alkohol

Selain kafein, konsumsi alkohol juga hanya akan membuat seseorang sulit untuk tidur siang. Supaya bisa tidur lebih nyaman dan nyenyak, maka dianjurkan untuk menghindari minuman-minuman dengan kandungan alkohol maupun kafein. Selain membuat lebih sulit tidur siang, mengonsumsi alkohol hanya akan memicu masalah perut atau gangguan pencernaan nantinya.

  1. Terlalu Banyak Makan

Bila sebelum tidur siang terlalu banyak makan, ada dua kemungkinan, kita bisa tidur nyenyak karena saking mengantuknya atau justru malah tidak bisa tidur karena sakit perut. Makan kekenyangan memang paling sering membuat rasa kantuk lebih berat, tapi hal ini juga dapat menjadi penyebab perut terasa penuh dan malah mengganggu tidur siang.

  1. Kedinginan

Sulitnya tidur siang bisa jadi karena temperatur tubuh sendiri mengalami penurunan sewaktu kita masuk ke alam tidur. Dengan menyiapkan selimut atau pakaian berlengan panjang, ini akan menjaga kita tetap hangat selama tidur yang juga akan mencegah tubuh kedinginan. Maka dari itu, sebelum tidur siang hendaknya persiapkan semuanya lebih dulu.

  1. Merasa Bersalah

Perasaan bersalah menjadi salah satu penyebab mengapa tidur siang menjadi kurang enak dan nyaman. Ada sebagian orang yang merasa bahwa tidur tengah hari dapat menjadi penghambat untuk pekerjaan mereka, namun sebenarnya mengambil waktu istirahat sejenak di siang hari justru akan meningkatkan sisi proaktif seseorang.

  1. Berada di Tempat yang Kurang Tepat

Jika ingin melakukan tidur siang, maka pastikan untuk berada di tempat yang benar-benar tepat dan nyaman, yakni di rumah sendiri. Apabila melakukan tidur siang di tempat kerja, bisa-bisa justru akan sulit untuk bisa terlelap karena terlalu khawatir kalau ada yang melihat.

Berbagai penyebab susah tidur siang telah diulas, maka cobalah untuk menghindari faktor-faktor tersebut. Bila dapat dengan mudah tidur siang, pastikan untuk tidak terlalu lama, karena bahaya tidur siang terlalu lama juga dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk