Selama Puasa Tetap Ingin Melatih Fisik? 9 Olahraga Ini Layak Dicoba

257

Banyak orang berpikir dan mengira bahwa berolahraga saat puasa hanya akan melemahkan tubuh. Padahal nyatanya, berolahraga meski selama berpuasa justru akan membuat tubuh makin prima, segar, bugar dan berstamina. Tak perlu yang terlalu berat, sejumlah rekomendasi olahraga ringan di bawah ini bisa dicoba dilakukan rutin di rumah atau bahkan di kantor.

  1. Naik Turun Tangga

Olahraga paling mudah yang bahkan bisa dilakukan di kantor adalah naik turun tangga. Jenis olahraga satu ini termasuk aman jika ingin melakukannya ketika sedang berpuasa. Melakukan olahraga ini 10 menit saja sudah cukup dan bahkan menjadi salah satu olahraga yang membakar kalori cukup efektif, yakni sebesar 178 kalori.

  1. Jalan Kaki

Olahraga sederhana lainnya yang juga bisa dilakukan rutin selama puasa dan dijamin aman adalah berjalan kaki. Jika ingin, lakukan pagi hari sebelum atau sesudah sahur, atau boleh juga saat sebelum buka puasa secara rutin. Aktivitas fisik ini bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar dengan melakukannya sekitar 15-30 menit.

  1. Jalan Cepat

Olahraga ringan selanjutnya selain jalan kaki adalah jalan cepat di mana jalan cepat ini tak hanya bisa dilakukan sendiri kok. Anda bisa coba lakukan jalan cepat bersama teman-teman agar lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Lakukan saja kurang lebih 20-30 menit sebelum berbuka puasa.

  1. Jogging

Bila tak ingin gampang dehidrasi saat berolahraga selama berpuasa, pilih olahraga jogging kurang lebih 20-30 menit. Hampir sama dengan jalan cepat, lari-lari kecil dan ringan pun bisa membantu tubuh tetap berstamina, segar dan bugar kok. Lakukan setiap menjelang berbuka supaya setelah itu, Anda bisa minum menyegarkan tubuh yang berpeluh.

  1. Bowling

Olahraga yang juga termasuk dalam jenis permainan ini bisa juga Anda lakukan tak hanya sekadar mengisi waktu sebelum buka puasa. Bowling juga mampu menolong tubuh kita untuk tetap berstamina sekaligus lebih rileks. Bonusnya lagi, main bowling juga menjadi faktor yang meningkatkan keseimbangan gerak tubuh lho.

  1. Bersepeda

Aktivitas fisik seperti bersepeda tak hanya menambah keseruan saja, tapi juga merupakan olahraga ringan yang bisa bikin tubuh sehat dan bugar. Bersepeda kurang lebih 30-40 menit dapat membantu mengurangi dan membakar kalori dalam tubuh secara efektif sekaligus menawarkan relaksasi.

  1. Yoga

Yoga adalah jenis latihan fisik yang tak begitu berat dan bahkan berfokus pada keseimbangan fisik dan mental kita. Pada olahraga Yoga jugalah, latihan teknik pernapasan diterapkan sehingga peredaran darah kembali lancar ke seluruh tubuh berkat oksigen yang tersuplai secara lebih sempurna. Bukan hanya fisik jauh lebih baik dan bugar, pikiran akan jauh lebih rileks juga selama puasa.

  1. Tai Chi

Untuk olahraga yang juga aman serta direkomendasikan bagi yang berpuasa, Tai Chi boleh dicoba. Bela diri dalam bentuk halus ini adalah hasil kombinasi dari gerakan mirip tarian dengan teknik pernapasan. Meski olahraga ini lebih banyak dilakukan para lansia, anak-anak muda dan orang dewasa juga dapat memraktekkannya kok.

  1. Renang

Untuk melatih fisik agar lebih bugar dan prima selama puasa, renang juga bisa dijadikan pilihan, apalagi ditambah fakta bahwa renang pun merupakan aktivitas pembakar kalori efektif. Berenanglah selama kurang lebih setengah jam, namun hati-hati jangan sampai airnya masuk dan tertelan dan malah membuat puasa Anda batal ya.

Puasa di bulan Ramadhan seharusnya tetap bugar dong, maka itu tadi adalah sejumlah rekomendasi jenis latihan fisik yang pas kalau dilakukan saat berpuasa. Tak perlu harus angkat berat dan memaksakan diri selama puasa, beberapa aktivitas fisik tersebut dapat Anda coba praktekkan mulai sekarang untuk ketahanan fisik yang jauh lebih meningkat.