Home Featured 6 Olahraga Untuk Kesehatan Hati Terjaga Baik

6 Olahraga Untuk Kesehatan Hati Terjaga Baik

by Erlita

Banyak orang lebih memerhatikan bagaimana cara menyehatkan jantung dengan berolahraga, begitu juga dengan otak agar senantiasa terasah. Padahal, organ seperti liver atau hati juga membutuhkan perhatian agar tetap terjaga kesehatan dan fungsinya. Olahraga pada dasarnya bertujuan menstabilkan berat badan, ketika berat badan stabil maka berbagai penyakit hati dapat dihindari.

Ada cukup banyak pilihan jenis olahraga untuk kesehatan hati tetap terjaga dengan baik, maka tak ada alasan untuk melewatkan kegiatan positif satu ini. Dan berikut inilah beberapa jenis latihan fisik yang umum dianjurkan bagi yang ingin organ hatinya tetap berfungsi maksimal dan sehat.

  1. Menari

Aerobik yang bisa dilakukan tak hanya senam, tapi juga menari. Seperti halnya olahraga untuk wanita menopause, menari juga bisa diterapkan bahkan oleh siapapun karena mampu meningkatkan asupan oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk liver atau hati serta meningkatkan detak jantung karena ada repetisi yang dilakukan ketika melakukannya.

Ketika bosan dengan jenis olahraga aerobik biasa, apalagi senam yang gerakannya itu-itu saja, kenapa tak mencoba menari? Kini telah banyak tersedia video tutorial langkah gerakan menari dengan diiringi lagu-lagu sekuler yang tengah hits. Dengan begini, organ hati akan senantiasa sehat karena berat badan berhasil tetap terjaga.

  1. Latihan Angkat Beban

Latihan beban adalah jenis olahraga lainnya yang bisa coba dilakukan yang tak hanya meningkatkan kekuatan fisik tapi juga menjadi pencegah agar lemak tak menimbun menyebabkan perlemakan hati atau fatty liver. Penyakit hati yang berkembang ke tahap lebih kronis dapat mengecilkan otot, maka dengan latihan beban ini tentunya dapat mendukung proses pembangunan otot tanpa lemak yang juga menjadi penunda proses pengecilan otot tadi.

  1. Jogging

Melakukan olahraga seperti jogging yang mudah dan murah serta dapat dilakukan di manapun ini dapat menjadi peningkat metabolisme tubuh serta mempercepatnya dalam bekerja. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti mampu menjadi penunda adanya cedera pada organ liver secara signifikan, maka tak ada salahnya untuk mulai melakukannya rutin.

  1. Bersepeda

Selain jogging, bersepeda adalah salah satu olahraga yang juga bisa dilakukan dan bahkan dianjurkan supaya tidak terjadi gangguan pada organ hati. Bersepeda beberapa menit setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu adalah cara tepat menjaga agar berat badan stabil sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Renang

Untuk melatih ketahanan tubuh dan juga membangun kekuatannya, berenang adalah jenis olahraga yang menjadi pilihan tepat. Tak hanya ketahanan dan kekuatan fisik, organ hati juga butuh ketahanan dan kekuatan lebih besar sehingga berenang bisa jadi pilihan olahraga yang oke. Selain itu, renang akan menjaga kesehatan jantung sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Jalan Kaki

Olahraga paling ringan dan bahkan lebih simpel dari jogging adalah berjalan kaki. Untuk fungsi liver atau hati yang lebih maksimal serta berat badan yang terjaga agar tak mudah naik, jalan kaki 15-30 menit dalam sehari itu sangat baik lho. Bahkan rajin berjalan kaki mampu meningkatkan masa hidup seseorang menurut New England Journal Medicine.

Olahraga untuk kesehatan hati tersebut memang sebaiknya mulai dilakukan rutin agar mampu mencegah penyakit hati. Namun, akan jauh lebih baik kalau dapat menyeimbangkannya dengan pola makan yang sehat bergizi sebagai kunci hidup sehat sehingga liver juga senantiasa sehat.

You may also like