Berat Badan Turun dan Bingung Cara Jaga Tetap Stabil? Intip 7 Tipsnya

Banyak orang yang melakukan diet seketika lupa bagaimana mengendalikan diri terutama saat tahu bahwa sudah berhasil menurunkan berat badan sebanyak targetnya. Tentu saja kita enggan untuk membiarkan berat badan naik ke angka sebelum diet lagi kan? Akan sulit dan memerlukan waktu lama menurunkannya kembali, oleh sebab itu ini dia beberapa tips menjaga berat badan yang sudah turun tetap stabil.

1. Menyimpan/Membuang Pakaian yang Besar dan Longgar

Jauhkan dari jangkauan penglihatan kita akan pakaian-pakaian kita yang berukuran besar, simpan atau buang jika sudah kurang layak pakai, atau boleh berikan kepada orang lain. Saat berat badan berhasil turun, pakaian maupun celana berukuran longgar sebaiknya hilang dari pandangan dan tersisa hanya pakaian-pakaian baru yang muat dengan berat badan terkini.

2. Tetap Menghitung Kalori dan Menjalankan Strategi Diet

Menghitung kalori tak sebaiknya berhenti saat berat badan yang ditargetkan telah tercapai. Usai berat badan turun, bila asupan kalori tak tetap dibatasi tentu saja nantinya berat badan bisa naik lagi kalau asupan kalori berlebihan.

Tetaplah perhatikan aturan atau panduan jenis diet yang selama ini dijalani, dan berpeganglah pada hal-hal tersebut. Lanjutkan strategi dalam program diet yang sebelumnya walau tak seketat itu lagi supaya berat badan bisa terjaga dengan baik.

3. Aktif Bergerak

Mungkin bosan ya mendengar tips satu ini? Tapi tetap bergerak aktif atau berolahraga tentu memberikan efek baik terhadap berat badan yang sudah turun untuk tetap stabil. Jika bosan dengan olahraga yang itu-itu saja selama ini, kenapa tak coba sesuatu yang baru, yang lebih seru atau bahkan menantang?

4. Memonitor Berat Badan

Monitorlah berat badan setelah turun dengan setidaknya seminggu sekali menimbang berat badan. Bahkan boleh juga kalau ingin menimbang berat badan dua hari sekali atau setiap hari. Hal ini akan mampu memunculkan pengendalian diri agar tidak kebablasan usai diet berhasil dan mencegah supaya berat badan tak naik drastis.

5. Minum Selalu Air Putih

Bukannya tak boleh minum yang manis-manis atau minum minuman bersoda ya. Tapi demi menjaga agar berat badan yang sudah turun tak lagi naik dan mengecewakan hati, banyak-banyaklah minum air putih daripada asupan jenis minuman lain apalagi yang manis-manis dan bersoda. Batasilah minuman berkalori tinggi walau diet sudah berhasil.

6. Menjaga Mindset di Awal Diet

Mindset atau pola pikir saat menjalani diet perlu tetap dijaga walau sudah berhasil menurunkan beberapa kilogram. Perubahan pola hidup adalah suatu mindset yang bisa diteruskan supaya tak hanya bermanfaat bagi diri kita yang sekarang tapi juga saat kita sudah tua nanti; tubuh pasti akan berterima kasih kok ketika dari sekarang kita bisa menjaga tubuh dengan benar.

7. Memperbanyak Asupan Buah dan Sayur

Sah-sah saja kok kalau sesekali ingin menikmati lagi donat, cupcake, apalagi keripik kentang. Namun ingat, jangan sampai kebablasan karena jika berlebihan malah akan meningkatkan berat badan lagi. Oleh karena itu, banyak-banyaklah makan sayur dan buah supaya berat badan terjaga baik dan sehat. Alangkah baiknya kalau di rumah bisa selalu stok buah dan sayur.

Pengendalian diri adalah kunci dari kemampuan menjaga berat badan yang sudah sukses turun sesuai target. Ingat-ingat lagi alasan dan motivasi yang dulu kita miliki untuk diet, serta jangan berhenti untuk berfokus pada menjaga kesehatan ya.