Bawang Putih Bisa Sembuhkan Asma Lho, Begini 7 Cara Gunakannya

612

Bawang Putih Bisa Sembuhkan Asma Lho, Begini 7 Cara GunakannyaBelum banyak yang tahu bahwa sebenarnya penyakit gangguan pernapasan seperti asma dapat coba diatasi dengan bumbu dapur umum seperti bawang putih. Ada kandungan vitamin C di dalam bawang putih yang akan menetralisir radikal bebas serta menjadi pereda pelepasan histamin oleh tubuh. Namun, bagaimana caranya gunakan bawang putih sebagai obat asma?

  1. Teh Bawang Putih

Sediakan sekitar 3-4 siung bawang putih berikut juga air sebanyak 400-500 ml. Bawang putih tadi bisa dikupas, bersihkan dan hancurkan sebelum dimasukkan ke air yang telah siap. Rebus hingga bersisa setengahnya, tuang pada sebuah cangkir dan minumlah hangat-hangat sehari 3 kali secara rutin.

Untuk hasil yang jauh lebih maksimal bagi kesembuhan asma, boleh juga tambahkan jus lemon ½ sendok teh saja serta madu untuk meningkatkan rasa. Tapi tambahkan saja sesuai selera, hanya jika Anda menyukai madu atau jus lemon. Madu pun pilihlah yang murni dan asli agar khasiat yang diterima tubuh lebih maksimal.

  1. Uap Kombinasi Minyak Kayu Putih dan Minyak Bawang Putih

Jika mungkin biasanya Anda yang mengalami hidung tersumbat saat flu lalu menggunakan minyak kayu putih karena aromanya yang bisa membuka jalannya pernapasan, saat asma pun cara ini bisa digunakan. Cukup panaskan lebih dulu sebaskom air, tambahkan beberapa tetes minyak bawang putih dan minyak kayu putih ke dalamnya, hirup uapnya selama beberapa menit.

  1. Bawang Putih Kombinasi Kunyit

Kunyit adalah rempah yang mengandung anti-alergi sehingga pada penderita asma akibat reaksi alergi bisa coba mengonsumsi obat alami campuran antara kunyit dan bawang putih secara aman. Sediakan akar kunyit 1 inci dan hancurkan dengan menambahkan air sedikit hingga akhirnya menjadi bentuk pasta.

Siapkan pula 4-5 siung bawang putih, kupas, bersihkan dan hancurkan, lalu tambahkan ke pasta kunyit tadi. Campur kedua bahan hingga benar-benar rata, barulah ambil sekitar 1 sendok makan ramuan ini untuk dikonsumsi sehari 1-2 kali. Dalam beberapa hari biasanya gejala asma akan mereda secara efektif.

  1. Bawang Putih Campur Madu

Asma terkadang dapat menyerang apabila seseorang tersebut merupakan penderita alergi. Maka untuk mencegah asma terjadi, mengatasinya, atau sekadar sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh, bawang putih dapat coba dikombinasikan bersama madu murni sebagai obat alami.

4 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dibersihkan bisa dihancurkan hingga menjadi bentuk pasta halus. Campur dengan sesendok makan madu, masukkan ke dalam segelas air hangat. Setelah mengaduknya rata, minumlah ramuan dan pastikan konsumsi teratur sehari 3 kali sampai Anda merasa bahwa gejala asma sudah cukup mereda.

  1. Susu Bawang Putih

Cukup sediakan bawang putih sebanyak 8 siung, kupas dan hancurkan (boleh juga dihaluskan), lalu masukkan ke seperempat cangkir susu. Panaskan ramuan dengan mengaduknya selama dipanaskan menggunakan spatula, setelahnya bisa Anda angkat untuk disaring, barulah kemudian bisa Anda konsumsi saat sudah lebih hangat. Minumlah sehari 1-2 kali untuk meredakan gejala asma secara jitu.

  1. Kombinasi Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang merah kita tahu memiliki kandungan antiradang yang tinggi begitu juga dengan flavonoid quercetin yang masih termasuk antioksidan. Sebab itulah, bawang merah yang dikombinasi bersama bawang putih adalah ide cemerlang, yakni dengan mengupas bawang merah lebih dulu yang ukurannya kecil dan parutlah.

Lanjutkan dengan menghancurkan bawang putih 4 siung sekaligus mencampurnya bersama bawang merah yang tadi telah diparut. Konsumsilah ramuan ini sesendok makan sehari 1-2 kali serutin mungkin sampai asma mereda dan gejalanya berkurang secara efektif.

  1. Bawang Putih Campur Jahe

Sediakan jahe 1 inci besarnya, kupas dan hancurkan bersama dengan bawang putih 4 siung agar keduanya menjadi adonan pasta. Setelahnya, tambahkan dengan sesendok teh madu murni, campur rata sebelum akhirnya bisa dikonsumsi. Tiap konsumsi pastikan minum 1 sendok makan sehari 2-3 kali sampai tanda-tanda asma yang dirasakan mereda.

Namun bagi beberapa orang hendaklah hati-hati akan efek samping bawang putih yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Bagi yang memiliki gangguan pencernaan pada lambung kemungkinan besar bawang putih malah menjadi pemicu timbulnya heartburn dan diare. Para wanita hamil dan menyusui yang memiliki asma tak dianjurkan menggunakan bawang putih sebagai obatnya.