23 Cara Mengatasi Batuk Kering Paling Ampuh

4968

Batuk, bukan merupakan suatu hal yang bisa dispelekan begitu saja, batuk bisa menjadi banyak pertanda penyakit, bahkan bisa dibilang batu merupakan segala pertanda penyakit, seperti penyait bronkitis ditandai dengan batuk, penyakit flek ditandai dengan batuk, penyakit TBC ditandai dengan batuk. Begitu banyak penyakit yang ditandai dengna batuk. Jadi memang benar jika batuk tidak boleh dispelekan begitu saja, paling tidak segera cari tau apa penyebab batuk yang sedang dialami dan mengapa bisa terjadi batuk serta gejala-gejala lain yang menyertai batuk. Memang membahas batuk tiada habisnya. Pada kesempatan kali ini pun kami bahas dan kami ulas secara tuntas mengenai batuk, namun yang kami ulas adalah mengenai bagaimana cara mengobati batuk kering. Batuk biasanya diserta penyakit lain seperti Flu, dan sakit kepala sehingga cukup menganggu kehidupan anda. Sebelum mengerti mengenai cara mengobati batuk kering. Ada beberapa hal yang perlu dibahas diantaranya penyebab batuk kering, hal-hal tentang batuk kering dan cara mengobati batuk kering. Berikut akan kami ulas satu persatu. (Baca Juga: Makanan yang Dilarang Saat Batuk , Makanan Penyebab Batuk)

Penyebab Batuk Kering

  1. Infeksi saluran pernafasan

Infeksi pada saluran pernafasan dapat menyebabkan batuk kering, batuk kering biasa terjadi ketika habis tersedak atau ketika bagian pernafasan terkena virus-virus atau asap-asap baik itu asap polusi ataupun asap yang disebabkan karena asap rokok. Saluran pernafasan memang perlu dijaga dengan baik, jangan sampai menimbulkan banyak pnyakit lian pada saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan pun dapat menyebabkan sesak nafas yang akan membuat sulit dalam melakukan pernafasan, dan tentu hal ini pun akan menggangu aktivitas dalam melakukan segala sesuatu atau dalam menyelesaikan tugas. Menjaga kesehatan memang perlu termasuk pada memilih lingkungan sehat atau menggunakan masker saat berpergian agar tidak terkena polusi.

Baca Juga:

  1. Alergi

Alergi dapat menyebabkan batuk kering muncul. Banyak alergi yang menyebabkan batuk kering terutama alergi dingin, biasanya seorang yang memiliki alergi dingin ini akan sering bersin dan sering batuk batuk ketika mengalami kedinginan, oleh sebab itu seorang yang memiliki alergi dingin harus hati-hati dan siap siaga dalam mengatasi kedinginannya. Ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan alergi dingin yang anda rasakan saat ini.

  1. Asma

Penyebab batuk lainnya adalah asma, dengan asma maka batuk kering pun bisa muncul begitu saja. Asma atau sesak nafas ini biasa disebabkan oleh debu atau paru-paru yang sudah kotor.

Baca juga:

  1. Tersedak

Penyebab batuk kering lainnya adalah tersedak, tersedak bisa terjadi kapan saja tanpa ada yang tau. Untuk itu kehati-hatian dalam makan dan minum perlu diperhatiakan agar tidak tersedak.

  1. Rokok

Rokok memang tidak baik, sudah banyak yang mengulas mengenai bahaya merokok sehingga merokok memang harus dihindari. oleh sebab itu rokok harus dihindari agar tidak menyebabkan batuk kering. Baik yang merokok maupun yang menghirup asap rokok secara langsung. Untuk itu hindarilah sebisa mungkin menghirup asap rokok yang berada disekitar anda, merokok pun merupakan gaya hidup tidak sehat. Selain rokok menjadi penyebab batuk kering, ternyata rokok juga memiliki bahaya rokok bagi jantung manusia.

  1. Makanan

Makanan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan makanan gorengan dapat menyebabkan batuk kering, paling banyak makanan yang dapat menyebabkan batuk kering adalah terllau banyak konsumsi gorengan. Oleh sebab itu porsikan secukupnya ketika hendak makan gorengan, jangan terlalu banyak makan gorengan agar tidak mengalami batuk kering ini. bagaimanapun sedini mungkin harus dapat melakukan gaya hidup sehat agar hidup dapat lebih nyaman dan aman.

Baca Juga:

  1. Debu

Debu-debu atau polusi yang ada pada lingkungan ini dapat membuat paru-paru menjadi kotor, ketika paru-paru sudah kotor, bukan tidak mungkin batuk kering akan menyerang dan melanda. Oleh sebab itu gunakan masker ketika hendak bergelut pada tempat-tempat yang kotor dan banyak debu, seperti ketika anda hendak merapikan barang-barang yang sudah lama berada dalam simpanan.

  1. Polusi udara

Sama halnya dengan debu, polusi udara juga bisa disebut dengan debu. Polusi udara yang terus menerus dapat merusak paru-paru dan menyebabkan paru-paru menjadi kotor, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru dan dapat menyebabkan batuk kering.

Baca Juga:

  1. TBC

Selain itu semua, hal yang menyebabkan batuk kering adalah TBC, karena tanda dari TBC adalah batuk kering. Dan penyakit TBC pun berkaitan langsung dengan paru-paru dan kegagalan salahs atu fungsinya sehingga menyebabkan paru-paru mengalami TBC. TBC disebabkan karena adanya virus atau bakteri yang menyerang paru-paru.

Penyebab-penyebab batuk kering ini perlu diketahui, terutama pada point ke 9, ketika sedang batuk kering perlu diwaspadai, karena ditakutkan itu akan menyebabkan penyakit TBC yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Selain penyebab ada hal yang perlu diketahui juga yaitu tentang batuk kering.

Batuk Kering

  1. Batuk kering dapat merupakan salah satu jenis batuk yang disebabkan karena menghirup debu-debu yang ada disekitar atau dilingkungan terutama disebabkan oleh debu asap rokok. Batuk kering biasa tejadi setelah terjadi paparan iritan. (Baca Juga: Bahaya Menelan Asap Rokok)
  2. Batuk kering disebabkan karena adanya virus-virus yang menyerang bagian paru-paru seperti halnya penyakit TBC, yang menyebabkan paru-paru menjadi terinfeksi dan menimbulakna batuk kering. Sejatinya batuk kering ini bisa disebut gejala yang diakibatkan karena infeksi paru-paru
  3. Batuk kering dapat terjadi pada seorang yang mengalami gangguan pada paru-paru seperti seorang yang mengalami penyakit asma (Baca Juga: Bronkitis Asmatis)
  4. Bahkan batuk kering dapat terjadi ketika seseorang banyak mengkonumsi obat-obatan sepeti obat penurun tekanan darah. Terutama obat tekanan darah yang dalam golongan ACA inhibitor, enalapril dan lain sebagainya. (Baca Juga: Gejala Batuk Kering)
  5. Batuk kering juga dapat disebabkan karena seorang habis tersedak ketika minum, terutama ketika tersedak setelah minum susu. Karena tersedak ini akan mengaggu paru-paru dan memberikan dampak pada paru-paru. Oleh karena itu ketika makan atau minum perhatikan dan hati-hatilah agar tidak tersedak. (Baca juga: Bahaya Paru paru Basah)

Sudah dibahas lebih lanjut mengenai batuk kering dan apa saja yang menyebabkan batuk kering, jika anda sudah mengetahui itu semua, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi batuk kering, batuk kering memang bukan hal yang sulit untuk diobati, namun bukan batuk yang mudah pula untuk ditangani, membutuhkan suatu hal yang telaten dan benar-benar untuk benar-benar tuntas mengatasi batuk kering ini. oleh sebab itu kami akan mencoba mengulas satu persatu hal-hal yang dapat mengobati batuk kering. Adapun batuk kering dapat diobati dengan :

Cara Mengatasi Batuk Kering

  1. Konsumsi cuka apel

Cuka apel dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk kering dengan efektif, karena cuka apel dapat memberikan vitamin pada tenggorokan dan membuat batuk kering merasa agak lembabb, sehingga tidka menjadi kering lagi, selain itu cuka apel juga membantu membunuh bakteri pada tenggorokan.

Baca Juga:

  1. Gunakan garam untuk berkumur

Air garam dapat membantu mengatai tenggorokan yang sedang kering, air garam akan membantu melegakan tenggorokan dan bahkan dapat mengatasi sakti tengorokan. Memanfaatkan air garam dapat dilakukan dengan cara berkumur-kumur dengan air baram. Dengan demikian tenggorokan dan rasa kering pada tenggorokan sedikit demi sedikit akan berkurang dan batuk kering adkan dapat disembuhakna.

  1. Gunakan jahe untuk diminum

Selain garam jahe hangat akan membantu menghangatkan tubuh dan menghangatkan tenggorokan sehingga dapat membantu tenggorokan menjadi lebih lembab, selain menghangatkan jahe juga memiliki kemampuan untuk memberikan sensasi lega pada tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan.

Baca juga:

  1. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih memang sangat penting, bahkan mengkonsumsi air putih dianjurkan paling tidak 8 gelas perhari. Seorang yang kurang mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan beberapa gejala penyakit lain. Bahkan bukan hanya batuk kering saja. Batuk kering dapat diatasi dengan air putih karena air putih akan membantu melembabkan.

  1. Konsumsi teh herbal

Teh yang dibuat dari bahan-bahan herbal memang sangat efektif untuk melegakan tenggorokan. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menyeduhnya mengunakan air hangat kemudian minumlah selagi hangat.

  1. Gunakan jeruk nipis dan kecap

Hal yang paling sering dilakukan biasanya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis yang diberik sedikit kecap kemudian diminum begitu saja, meskipun rasanya agak kecut-kecut manis, tetapi jeruk nipis dan kecap ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit batuk apapun jenis batuknya. Biasanya jeruk nipis paling sering digunakan untuk mengatasi batuk.

  1. Gunakan kunyit untuk obat

Kunyit dapat dijadikan sebagai obat, yaitu obat batuk kering, cara menggunakan kunyit untuk obat bisa dilakukan dengan barbagai cara, kunyit disini memiliki fungsi sebagai anti biotik, sehingga kunyit akan membantu untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di tenggorokan. Konsumsi kunyit untuk obat cukup dengan 1 sendok bubuk kunyit dan 1 sendok madu kemudian diseduh dengan air hangat, dan minumlah kunyit selagi kunyit masih hangat. Lakukan sehari 2 kali saja.

Baca Juga:

  1. Manfaatkan daun pagagan

Daun pagagan memiliki manfaat untuk mengobati batuk kering dengan dijadikan minuman seduhan. Yaitu dengan air, gua batu dan daun pagagan yang diseduh dan diminum 2 kali sehari.

  1. Manfaatkan blimbing wuluh

Cara memanfaatkan blimbing wuluh dapat dilakukan dengan banyak cara namun cara yang satu ini yang akan diulas yaitu dengan memarut beberapa blimbing wuluh dan diberi air kemudian dengan menambahkang garam sesuai dengan selera. Atau bisa langsung diblender dan dibuat jus. Hal ini akan membantu melegakan tenggorokan dan membuat tenggorokan menjadi terasa lebih ringan.

Baca Juga:

  1. Gunakan kayu manis

Kayu manis dapat digunakan dengan tambahan gula dan garam. Hal ini dapt dijadikan ramuan yang ampuh untuk melegakan tengorokan untuk melegakan batuk kering.

  1. Hindari ruangan ber AC

Untuk menghidari batuk kering maka anda juga perlu mengurangi aktivitas didalam ruangan ber AC, karena ruanga ber AC dapat mengaggu paru-paru dan dapat memubat batuk kering semakin parah.

Baca Juga:

  1. Kurangi atau bahkan hentikan konsumsi alkohol

Bahaya alkohol sudah sangat banyak, bahkan tidak jarang bahaya alkohol saat ini ditemuai, bahkan tidak hanya menyebabkan batuk kering tetapi alkohol dapat merusak jantung dan saraf-saraf lain. Bahkan bisa sampai merusak sistem saraf yang ada di dalam tubuh.

  1. Kurangi atau hentikan merokok

Tidak hanya alkohol, namun merokokpun perlu dihentikan agar udara yang dihirup bersih, dan zat-zat yang terkandung dalam rokok tidak merusak jantung dan paru-paru dan jantung serta paru-paru akan tetap sehat.

Baca Juga:

  1. Perbanyak istirahat yang teratur

Jangan lupakan istirahat yang cukup, terutama di malam hari, karena istirahat yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh kembali untuk mempermudah aktivitas, termasuk pada semua organ yang ada di dalam tubuh ini.

  1. Manfaatkan beras kecur

Beras kencur dan jahe memiliki kandungan anti infamasi yang dapat mengurangi dan memberikan kesembuhan ada batuk kering, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk memanfaatkan beras kencur ini diantaranya adalah jahe dan kencur kemudian direbus dan disaring kemudian diminum.

Baca Juga:

  1. Gunakan daun sirih

Daun sirih pun tak kalah manfaatnya, daun sirih dapat memiliki fungsi yang banyak untuk kesehatan, tidak terkecuai untuk mengobati batuk kering. Daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai campuran jahe agar batuk kering dapat sembuh lebih cepat.

  1. Gunakan kemangi

Selain daun sirih, dapat pula menggunakan daun kemangi, daun kemangi dapat diamnfaatkan dengan cara merebus 7 lembar daun kemangi dengan 3 gelas air kemudian minum secara teratur.

Baca Juga:

  1. Konsumsi permen pelega

Permen pelega juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit batuk kering ini seperti permen jahe dan permen mint.

  1. Manfaatkan sambiloto

Sambiloto dapat dimanfaatkan dengan merebus sambiloto dan mencampurkannya dengan air jeruk nipis, dan memberinya gula batu, setelah jadi minumlah 2 kali sehari. Atau cukup 1 hari 1 saja.

Baca juga:

  1. Manfaatkan mengkudu

Buah kaya manfaat, mengkudu sangat efektif untuk menyembuhkan segala macam penyakit, meskipun rasa yang kurang enak, tetapi mengkudu sangat efektif untuk menyembuhkan segala penyakit.

  1. Jahe merah

Sama halnya dengan jahe, jahe merah pun memiliki khasiat yang hampir sama dengan jahe.

  1. Madu

Madu dapat diminum begitu saja atau dikonsumsi begitu saja, biasanya madu digunakan untuk obat kering anak-anak.

Baca Juga:

  1. Minuman yang hangat

Minuman yang hangat sangat efektif untuk memberikan kehangatan dan kelembaban bagi tenggorokan sehingga sakit yang dirasakan sedikit demi sedikit akan menghilang.

Itulah dua puluh tiga (23) cara mengatasai batuk kering dengan cepat dan tepat, dengan 23 alternatif cara ini tentu akan membantu mempermudah dalam mengatasi dan menangani sakit yang disebabkan oleh batuk kering. Sepeti yang telah diulas di atas tadi bahwa batuk kering bukan hal yang mudah namun bukan batuk yang tidak bisa disembuhkan juga. Batuk kering dapat sembuh jika cara mengkonsumsinya rutin dan terus menerus, dengan menkonsumsi secara rutin berarti telah membantuk untuk membuat kekeringan menjadi lembab, seperti halnya air putih yang telah dijelaskan tadi. Air putih memang membantu melembabkan kembali tenggorokan sehingga tenggorokan akan lebih merasakan lega, hal ini tentu mampu melegakan batuk kering, jika air putih diminum dan digunakan untuk terapi air putih, terapi air putih tidak hanya mengurangi batuk kering, tetapi juga dapat membunuh kuman-kuman dan bakteri atau bahkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Oleh sebab itu terapi air putih memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan air putih dapat menyebabkan kecantikan dan kelembapan pada kulit pula, namun yang perlu diingat adalah bahwa tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi air putih karena tetap terdapat bahaya akibat terlalu banyak minum air putih jadi harus sesuai dengan porsinya.