5 Bahaya Air Cooler Untuk Kesehatan

9091

Bahaya air cooler merupakan dampak buruk dari pendingin ruangan yang didalamnya menggunakan material air sebagai bahan dasar pengumpul suhu dingin. Air cooler dikenal sebagai pendingin ruangan pengganti AC yang memiliki keistimewaan yaitu relatif lebih aman dan murah untuk pemakaian sehari hari dan cenderung membutuhkan ruangan yang banyak memiliki ventilasai udara.

Perbedaan antara Air cooler dan air conditioner ( AC)

Ciri ciri air cooler
• Mengeluarkan efek udara ruangan menjadi lembab
• Menurunkan suhu hanya mampu berkisar antara 3 sampai 5 derajat celsius saja
• Kurang efesien dan efektif pada lokasi atau wilayah yang memiiki kelembaban tinggi
• Relatif lebih murah dan hemat arus listrik yaitu antara 60 sampai 100 watt saja
• Memakai bahan dasar air atau es batu sebagai pengumpul suhu dingin pada ruangan
• Digunakan pada tempat atau ruangan yang banyak memiliki ventilasi udara (Tidak tertutup)

Ciri ciri air conditioner
• Memberikan efek dan sensasi ruangan menjadi lebih kering
• Dapat menurunkan suhu ruangan menjadi benar benar dingin
• Pada wilayah yang bersuhu tinggi, Ac tetap mampu memberikan sensasi sejuk yang sesuai dengan keinginan kita
• Relatif mahal dan boros listrik yaitu pada awal pengoperasiannya butuh biaya 300 watt lebih
• Digunakan hanya pada tempat atau ruangan yang tertutup

Bahaya air cooler
Meskipun pemakaian air cooler dinilai lebih sederhana dan aman tetapi memiliki bahaya yang perlu ada ketahui

1.Mengganggu sistem pernafasan
Air cooler tidak menyemburkan butiran air secara langsung seperti layaknya air conditioner, Sehingga berbahaya jika dipasang pada ruangan yang tertutup tanpa ventilasi udara yang luas. Menggunakan air cooler padaa ruangan tertutup dapat menghambat sirkualsi udara dan udara kotor yang mengandung partikel debu, Asap dan sebagainya justru tidak akan mampu tergantikan dengan udara yang baru sehingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan munculnya bahaya air cooler berupa gangguan sistem pernafasan seperti munculnya sesak nafas bagi orang orang yang memiliki penyakit asma kambuhan atau flek pada paru paru.

2. Menyebabkan alergi
Teraturlah membersihkan filter dan tanki air supaya efek sejuknya tetap dapat terasa dengan maksimal. Jika jarang atau malas membersihkan maka berpotensi menimbulkan bahaya air cooler yang awalnya tidak anda sadari. Segala kotoran yang ada didalam ruangan yaitu debu debu hasil radikal bebas atau udara kotor dapat menimbulkan alergi berupa bersin bersin dan batuk. (Baca juga : Obat alergi debu)

3. Mengurangi oksigen dalam ruangan
Dilarang menggunakan air cooler terus menerus dalam ruangan tertutup apalagi dalam jangka panjang. Pakailah sekitar 3 sampai 4 jam saja karena dapat menyebabkan munculnya bahaya air cooler yaitu berupa terganggunya keseimbangan tubuh misalnya seseorang akan mudah terserang sesak nafas, Asma, Masuk angin dan flu jika dipakai terus menerus sepanjang hari. Kondisi tersebut dipicu karena berkurangnya kadar oksigen didalam ruangan yang tidak disadari. (Baca juga : Cara mengatasi kekurangan oksigen)

4. Mempermudah perkembangbiakan bakteri
Air cooler tidak bisa membuat kondisi dalam ruangan terbebas dari kelembaban yang tinggi karena bentuknya sepwrti kipas dan mempunyai sistem kerja menggunakan air sehingga dibutuhkan ruangan yang tidak tertutup rapat. Bahaya air cooler pada tempat yang lembab yaitu dapat mempermudah munculnya bakteri hasil dari radikal bebas seperti kotoran dan debu yang masuk melalui lubang ventilasi udara lalu melekat pada dinding atau perabotan rumah tangga. Jagalah ruangan agar tetap bersih tanpa adanya sampah dan hindari merokok.

5. Kondisi ruangan yang bau dan sumpek
Memakai air cooler lebih efektif pada tempat yang banyakj mempunyai udara bebas seperti taman, Ruang tamu atau ruang kelauraga yang pintu daan jendelanya terbuka lebar. Dalam kondisi ruangan yang sempit tanpa udara dari luar yang yang memadai maka kondisi ruangan akan terasa selalu panas, Muncul bau apek pada pakaian dan peralatan ruamahtangga lain misalnya bantal, Kasur dan sebagainya serta menyebabkan timbulnya bahaya air cooler yaitu dimana suasana ruangan menjadi sumpek. Kondisi ini dapat mengganggu tidur anda dan mengurangi konsentrasi dalam berfikir.

Tips cara menggunakan air cooler agar kesejukan ruangan selalu maksimal

1.Udara cukup baik
Letakkanlah air cooler pada posisi dimana udara mengalir dengan baik misalnya dekat jendela atau pintu. Semakin banyak udara yang mengalir secara terbuka maka makin bagus air cooler dalam bekerja. Jangan gunakan air cooler dalam ruangan atau tempat yang tertutup karena udara sejuk yang diinginkan justru menyebabkan kondisi ruangan menjadi pengap dan membuat tidak nyaman.

2.Air dingin atau es batu
Mengisi secara teratur dan konsisten tangki air dengan air dingin dan es batu , Jika tidak maka manfaat aircooler akan sama seperti kipas angin biasa. Udara sejuk tidak akan dapat anda rasakan dengan baik melainkan hanya seperti angin yang menerpa kulit dan menghasilkan rasa sejuk yang tidak maksimal.

3. Membersihkan secara berkala
Membersihkan filter dan tangki air secara berkala agar udara sejuk dapat selalu keluar dengan maksimak dan lancar. Kotoran yang melekat pada filter dan tangki air dapat menjadi penyebab munculnya bahaya air cooler karena kotoran dan debu mampu secara bertahap melemahkan semburan suhu dingin yang akan dikeluarkan lalu jika dibiarkan dalam jangka panjang maka akan menyumbat komponen lain dalam air cooler sehingga akan mempercepat kerusakan.

4. Jauhkan dari peralatan elektronik
Bahaya air cooler yang paling banyak menimpa masyarakat secara umum adalah karena ketidak pahaman. Contohnya sedapat mungkin tidak memasang atau meletakan air cooler terlalu dekat dengan peralatan elektronik lain misalnya televisi, Radio, Handphone, Komputer dan lain lain, karena efek semburan suhu dinginnya yang melembabkan ruangan mampu melemahakan kinerja elektronik dan membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Tak heran jika banyak orang yang mengeluhkan peralataan elektroniknya cepat rusak sejak memasang air cooler.

5. Menjaga kebersihan lingkungan
Ketika sudah menggunakan air cooler biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan sekitarnya agar tetap terjadi pergantian sirkulsai udara yang baik setiap hari. Hindari tumpukan barang yang tidak perlu atau hindari penataan benda benda yang terlalu banyak dan berantakan. Manfaat air cooler hanya bisa dirasakan pada tempat atau ruangan yang rapih, Sedikit barang, Mempunyai ventlasi udara yang relatif lebar dan cukup penerangan.

6. Pewangi ruangan
Agar tercipta keharuman ruangan yang sensasional maka pemasangan air cooler dapat ditambahkan dengan sebuah pewangi ruangan. Pewangi ruangan dapat diletakkan kira kira setengah meter dari air cooler agar keharuman yang disemburkan bersamaan dengan udara sejuk dari air cooler dapat lebih lama dan awet.