8 Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Epilepsi Sangat Berbahaya                 

Epilepsi merupakan sebuah penyakit yang bisa mempengaruhi kesehatan sistem saraf otak jangka panjang. Penderita epilepsi bisa menerima perawatan melalui terapi dan pengobatan epilepsi atau obat tradisional epilepsi untuk mengurangi serangan kejang. Namun resiko kejang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa pernah diketahui. Karena itu perawatan epilepsi bisa dilakukan seumur hidup hingga kondisi membaik. Ada banyak serangan  penyebab epilepsi yang memang harus dihindari. Termasuk untuk asupan makanan yang dikonsumsi oleh penderita epilepsi setiap hari.

Tentang epilepsi:

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi.

  1. Karbohidrat olahan

Penderita epilepsi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan. Beberapa kelompok makanan ini termasuk seperti roti putih, kue kering, kue basah, dan pizza. Mengapa makanan ini harus dihindari? Sebuah penelitian membuktikan jika penderita epilepsi sering mengkonsumsi makanan yang mengandung indeksi glikemik tinggi maka serangan kejang akan lebih sering terjadi. Kondisi ini sangat berhubungan dengan tingkat kadar gula dalam tubuh penderita. Semakin tinggi kadar gula dalam tubuh maka resiko serangan epilepsi juga akan semakin tinggi.

Baca: bahaya kentang goreng – Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi – akibat kelebihan karbohidrat –  bahaya mengkonsumsi roti tawar – bahaya ragi

  1. Buah dengan indek glikemik tinggi

Buah yang dikonsumsi oleh penderita epilepsi sebaiknya adalah buah yang mengandung indek glikemik rendah. Beberapa jenis buah yang memang mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi termasuk seperti kismis, buah kering, pisang, dan kurma. Semua buah ini memang mengandung rasa manis yang berlebihan sehingga menyebabkan perut mudah lapar. Sensasi rasa lapar yang berlebihan bisa disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi sehingga serangan epilepsi bisa muncul dengan cepat. Buah ini juga termasuk seperti buah yang berbahaya untuk diet dan buah berbahaya untuk diabetes.

  1. Makanan yang mengandung MSG

Penyakit epilepsi memang memberikan pengaruh untuk sistem syaraf dan bukan sistem pencernaan. Namun ketika penderita epilepsi mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG tinggi maka bisa menyebabkan resiko serangan. Sebuah studi membuktikan jika beberapa penyedap yang masuk ke tubuh penderita epilepsi bisa menyebabkan syaraf menjadi lebih aktif, termasuk untuk resiko kecanduan. Kemudian efeknya bisa menyebabkan pengaruh untuk sistem syaraf sehingga kondisi penderita epilepsi menjadi tidak stabil.

Baca: bahaya penyedap rasa makanan dan msg bagi kesehatan – asam glutamat – zat aditif pada makanan contoh bahayanya 


  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebaiknya juga tidak diberikan kepada penderita epilepsi. Kacang-kacangan bisa meningkatkan mual dan muntah yang bisa memicu serangan epilepsi. Selain itu sebuah penelitian di Jepang membuktikan jika rata-rata penderita epilepsi memiliki reaksi yang berlebihan terhadap kacang-kacangan. Kacang bisa menyebabkan asma dan sesak nafas sehingga menyebabkan kejang terjadi sewaktu-waktu. Bahkan kacang juga diteliti mengandung racun dari senyawa khusus yang didapatkan dari pengolahan yang buruk dan racun ini bisa menyebabkan masalah untuk fungsi syaraf dan memicu kejang kejang saat tidur. (baca: bahaya kacang tanah –

  1. Makanan yang mengandung kafein

Semua jenis makanan yang mengandung kafein sebaiknya tidak diberikan untuk penderita epilepsi. Kafein bisa membuat sistem syaraf mengalami gangguan yang parah termasuk resiko kejang. Bahkan kafein bisa meningkatkan fungsi syaraf menjadi lebih cepat namun tidak bisa direspon dengan baik oleh tubuh. Kafein memiliki sifat sebagai stimulan untuk sistem syaraf sehingga penderita bisa lebih sering kejang.  Beberapa bahan yang mengandung kafein seperti coklat, kopi dan teh.

(baca: efek bahaya kafein bagi tubuh – makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi)

  1. Kerang (hampir semua makanan laut)

Semua jenis makanan laut yang bisa menyebabkan alergi tidak boleh diberikan kepada penderita epilepsi. Beberapa makanan ini termasuk seperti kerang, udang, ikan tuna, kepiting, tiram, gurita dan jenis makanan laut lain. Ketika terjadi alergi pada tubuh penderita epilepsi maka bisa menyebabkan rasa pusing yang kuat. Kemudian ketika sakit kepala menyerang maka bisa membuat sistem syaraf mengalami gangguan. Akibatnya penderita epilepsi bisa mengalami kejang yang beresiko jatuh atau kecelakaan. Selain itu makanan laut bisa menyebabkan reaksi perut yang berlebihan seperti nyeri perut dan kram.

Baca: bahaya ikan asin – bahaya formalin pada ikan asin – bahaya makanan laut – makanan yang mengandung zat purin tinggi 


  1. Makanan kemasan

Makanan kemasan termasuk keripik, kentang goreng, biskuit dan berbagai jenis makanan kemasan lain sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Makanan ini sebenarnya tidak boleh diberikan kepada penderita epilepsi namun masih bisa diberikan dalam jumlah yang kecil. Kandungan nutrisi dalam makanan ini bisa berbahaya untuk sistem syaraf seperti MSG, bahan perasa makanan, bahan pewarna makanan dan juga bahan pengawet. Semua bahan kimia ini bisa menyebabkan reaksi yang sangat berlebihan untuk syaraf termasuk reaksi hiperaktif dan perasaan makan secara berlebihan. Bahkan penderita epilepsi bisa mengalami serangan saat makan karena tersedak atau akibat batuk.

Baca: bahaya makanan ringan snack – Efek bahaya pengawet makanan hingga menyebabkan kematian – Bahaya natrium benzoat – makanan yang sering mengandung pengawet

  1. Jus buah kemasan

Buah memang sangat baik untuk penderita epilepsi, namun sebaiknya buah yang diberikan adalah buah segar atau jus buah segar. Jus buah kemasan bisa sangat buruk untuk penderita epilepsi. Kandungan bahan pemanis dalam jus buah kemasan menyebabkan perasaan mudah lapar sehingga kadar gula darah kemungkinan juga akan naik. Terlebih jika penderita sudah mengalami diabetes atau obesitas maka jus buah kemasan tidak boleh diberikan. Gantikan jus buah kemasan dengan jus olahan sendiri dari buah segar. (Baca: bahaya sakarin untuk kesehatan)

Pemilihan makanan untuk diet penderita epilepsi memang harus dilakukan dengan baik. Semua makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi harus dipatuhi sehingga bisa mengurangi resiko serangan epilepsi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, January 2017 / 08:02 Oleh :
Kategori : Epilepsi