Asam Glutamat – Fungsi, Sumber dan Efeknya

Asam glutamat atau biasa yang disebut dengan glutamat mungkin sudah tidak asing dii telinga kalian semua. Ha itu dikarenkan nama glutamat sering dijumpai terutama ketika memasak. Glutamat atau asam glutamat merupakan salah satu protein asam amino yang terkandung secara alami di makanan yang banyak mengandung protein seperti di daging, sayuran, unggas dan juga ASI. Glutamat banyak digunakan untuk pembuatan MSG atau Monosodium gluamat atau garam bernatrium. Asam glutamat ini dikelompokkan dalam asam amino yang non esensial. Glutamat memiliki kelompok metilen tambahan yang ada di rantai samping asam aspartat. ( Baca : Bahaya penyedap rasa makanan dan msg bagi kesehatanSodium )

Fungsi dan Manfaat Asam Glutamat

Asam glutamat memiliki fungsi yang tidak boleh diabaikan oleh manusia, sebab glutamat berperan penting dalam metabolisme di dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat asam glutamat yang harus kita ketahui :

  1. Membantu dalam Metabolisme Gula dan Lemak

Glutamat yang masuk ke dalam tubuh mampu membantu metabolisme gula dan lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Glutamat mampu mengubah gula dan lemak menjadi sumber energi. Sehingga orang yang mengkonsumsi cukup glutamat akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

Baca : Gejala gula darah terlalu rendahCara meningkatkan kadar gula dalam darah

  1. Membantu Transportasi Kalium

Manfaat dan fungsi glutamat lainnya adalah membantu transportasi kalium menuju ke cairan tulang belakang. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tulang belakang. Kalium dibutuhkan untuk kesehatan tulang belakang dan menyehatkan tulang belakang. Jika tulang belakang kekuranga kalium akibatnya adalah orang tersebut akan mudah mengalami pengapuran tulang dan pengeroposan tulang. Kalium dibutuhkan oleh tulang sama halnya dengan kalsium.

Baca : Cara mengatasi kekurangan kaliumCiri ciri keracunan kalium sianida

  1. Energi untuk Otak

Glutamat yang dikonsumsi oleh manusia bisa digunakan untuk energi otak. Saat kalium dialirkan ke tulang belakang, kalium itu juga akan dialirkan menuju ke bagian sawar dasar otak. Meski glutamat ini tidak bisa melewati sawar darah otak sesukses glutamin, namun glutamat dalam jumlah yang tinggi bisa masuk ke dalam otak meski dalam jumlah kecil. Saat itulah glutamat mampu menjadi baha dasar energi untuk otak. Otak yang berenergi akan mudah sekali menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca : Cara meningkatkan kinerja otak manusiaCara meningkatkan IQ otak

  1. Memperbaiki Gangguan Kepribadian

Glutamat yang dikonsumsi secara normal akan mampu memperbaiki gangguan kepribadian dalam diri seseorang. Anak yang memiliki gangguan kepribadian ini pun bisa diperbaiki menggunakan asam glutamat. Gangguan kepribadian ini misalnya seseoranag bersikap tidak wajar seperti sikap orang pada umumnya.

  1. Mengatasi Penyakit Epilepsi

Fungsi dan manfaat lainnya dari asam glutamat adalah bisa digunakan untuk mengatasi penyakit epilepsi. Saat seseorang terkena penyakit epilepsi atau epilepsinya kambuh anda bisa memberikan pertolongan menggunakan glutamat.

  1. Mengatasi Penyakit Bisul

Penyakit kulit seperti bisul bisa diatasi menggunakan glutamat. Caranya adalah dengan mengonsumsi glutamat dalam batas wajar setiap harinya. Kandungan dalam glutamat bisa menyebabkan bisul cepat kering dan pecah dengan sendirinya.

Baca : Cara menghilangkan bisul di pahaCara mencegah bisul membesar


  1. Memberikan Rasa Gurih Pada Makanan

Fungsi glutamat pada MSG bisa digunakan sebagai pembuat rasa gurih pada makanan. Makanan yang diberikan MSG akan lebih gurih dibandingkan dengan memberikan garam dapur biasa. Alasannya adalah sodium dan glutamat dalam  garam MSG lebih rendah jumlah sodiumnya jika dibandingkan dengan 1 gram sodium yang terkandung dalam dapur. Sehingga mengkonsumsi banyak garam tidak bagus untuk penderita hipertensi, sebaliknya mengkonsumsi 1 gram MSG setiap hariya tidak akan memberikan efek siginifkan bagi kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Sekresi Saliva

Saliva atau ludah memiliki peranan penting untuk kesehatan mulut. Orang yang mengeluarkan saliva cukup bisa menghindari mulut kering dan bibir kering.

  1. Menekan Obesitas

Saat metabolsime lemak dan gula berjalan dengan lancar maka obesitas atau kegemukan bisa ditekan. Alasannya adalah obesitas itu bisa diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca : Bahaya obesitas

  1. Menyehatkan Otak

Mungki banyak di antara kita yang tidak menyangka jika mengkonsumsi glutamat bisa digunakan untuk menyehatkan otak. Rumor yang beredar di masyarakat justru sebaliknya dimana glutamat bisa menyebabkan kebodohan. Jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, asam glutamat bisa menyehatkan otak sebab energi otak selalu tercukupi sehingga otak bisa menjalankan fungsinya dengan lancar. Berbeda dengan otak yang tidak tercukupi energinya dengan baik.

Sumber Makanan Asam Glutamat

Ada beberapa makanan yang menjadi sumber makanan asam glutamat. Sayang tidak semua mengetahuinya. Berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung glutamat yang harus kita ketahui :

  1. Makanan dengan protein tinggi seperti ikan, daging, telur, unggas dan produk susu lainnya. ( Baca : Bahaya konsumsi telur berlebihanAlergi telur )
  2. Tomat mentah memiliki kadar glutamat sekitar 20 mg di dalam 100 gramnya. Saat matang kadar glutamat berubah menjadi 246 mg. ( Baca : Kandungan gizi tomat )
  3. Kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati misalnya saja adalah lentil dan kacang tanah.
  4. Keju mengandung glutamat sekitar 12 persen.
  5. Kacang polong memiliki kadar glutamat sekitar 40 persen.
  6. Kentang memiliki kadar glutamat sebanyak 40 persen. ( Baca : Bahaya kentang goreng bagi kesehatan )
  7. Susu sapi dalam 100 gramnya memiiki glutamat sebanyak 1 mg. Saat susu berubah menjadi keju kandungan glutamat naik sangat tajam yaitu 1680 mg glutamat atau sekitar 12 persen.

Kebutuhan Asam Glutamat per Hari

Asalkan kita tahu batasan pengkonsumsian glutamat, maka tubuh tidak akan mengalami dampak negatif. Dalam sehari kita tidak boleh berlebihan dalam menggunakan glutamat atau mengkonsumsi glutamat sebab semua yang berlebihan itu tentu tidak baik bagi kesehatan. Menurut peraturan Menkes RI, untuk glutamat dan MSG tidak ada batasannya namun secukupnya saja. Maksud dari secukupnya ini adalah seberapa saja asalkan lidah masih bisa menerima glutamat tersebut dan tidak menimbulkan reaksi apa-apa. Hal itu dikarenakan lidah manusia antara satu dengan yang lainnya tidaklah sama.

Efek Kekurangan Glutamat

Ada berbagai macam efek yang bisa terjadi jika seseornag kekurangan kadar glutamat di dalam tubuhnya. Efek ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua sebab mengingat glutamat memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah efek kekurangan glutamat yang harus diwaspadai :

  1. Nafsu Makan Menurun

Orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi glutamat namun dia kekurangan glutamat maka nafsu makannya menjadi menurun. Memang sebelumnya glutamat bisa menciptakan nafsu makan, namun jika kekurangan nafsu makan bisa menjadi menurun.

Baca : Cara meningkatkan nafsu makanCara mengurangi nafsu makan

  1. Daya Pikir Rendah

Orang yang kekurangan glutamat akan memiliki daya pikir rendah. Sebab sel-sel yang ada di otak tidak terangsang dengan baik. Sel otak yang tidak terangsang dengan baik bisa menyebabkan daya pikir mejadi rendah.

  1. Mengalami Bibir Kering dan Mulut Kering

Glutamat memiliki fungsi dalam meningkatkan sekresi saliva. Namun jika seseorang sekresi salivanya sedikit maka dia bisa terkena mulut kering dan juga bibir pecah-pecah. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh setiap orang terutama wanita. Mulut yang kering bisa menjadi pemicu bau mulut sedangkan bibir yang kering bisa membuat penmpilan menjadi tidak sempurna.

Baca : Cara menjaga kesehatan bibirCara mengatasi bibir kering

  1. Merasakan Lemas Berkepanjangan

Orang yang kekurangan glutamat akan merasakan lelah yang berkepanjangan. Begitupula dengan orang yang mengkonsumsi glutamat dalam jumlah yang berlebihan. Lemas berkepanjangan itu disebabkan oleh otak yang kekurangan energi. Tugas glutamat adalah membuat energi untuk otak. Saat otak kekurangan energi maka tugasnya menjadi terganggu. Saat itulah rasa lemas akan muncul.

Tidak hanya itu saja metabolisme gula dan lemak yang terganggu pun menyebabkan lemas berkepanjangan. Sebab lemak dan gula ersebut tidak bisa diproses menjadi energi berkat bantuan glutamat.

Efek Kelebihan Glutamat

Sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus begitupula jika kekrangan. Akan lebih baik jika glutamat yang masuk dalam kata cukup yang artinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Berikut ini adalah efek kelebihan glutamat yang harus diwaspadai oleh kta semua :

  1. ADHD dan ADD

ADHD merupakan singkatan dari Attention Defict Hyperactivity Disorder dan Attention Defict Disorder merupakan dampak serius bagi orang yang mengkonsumsi glutamat secara berlebihan. Penyakit ini merupakan gangguan otak yang sering dialami oleh anak-anak dan janin yang sedang ada di dalam kandungan.

Janin yang sedang ada di dalam kandungan akan terganggu perkembangannya dengan bahan kimia eksitoksin. Kandungan eksitosin ini ada pada glutamat dan MSG. Oleh sebab itu bagi ibu yang sedang mengandung sebaiknya mengkonsumsi MSG dan glutamat dalam batas yang wajar.

  1. Kerusakan Otak

Kelebihan glutamat atau bisa menyebabkan kerusakan otak. Memang glutamat bermanfaat untuk kesehatan otak namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan otak. Glutamat  yang dikonsumsi sebagaimana mestinya bisa menciptakan membran sel otak dan merangsang sel-sel otak untuk bisa konsentrasi. Sayangya jika mengkonsumsi secara berlebihan maka stimulasi yang digunakan untuk merangsang sel-sel otak menjadi berlebihan pula. Hal itulah yang bisa menyebabkan otak mengalami kerusakan.

Baca : Cara meningkatkan daya ingat otakCara meningkatka kecerdasan otak

  1. Obesitas

Orang yang mengkonsumsi glutamat secara berlebihan akan terkena obesitas. Hal itu dikarenakan saat seseorang mengkonsumsi glutamat secara berlebihan, nafsu makannya akan menjadi semakin naik. Nafsu makan yang semakin naik aka membuat seseorang terkena obesitas sebab porsi makannya pun akan semakin bertambah. Jika sudah begitu, dia akan mengalami peningkatan bera badan secara signifikan. Obesitas tidak boleh disepelekan sebab bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit yang serius seperti jantung dan juga stroke.

Baca : Penyebab obesitasCara mencegah obesitas

  1. Menyebabkan Keursakan Hati dan Ginjal

Mengkonsumsi glutamat secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Oleh sebab itu bagi orang yang sudah menderita kerusakan hati dan ginjal dilarang untuk mengkonsumsi glutamat dalam dosis sekecilpun.

  1. Menyebabkan Sakit Kepala

Efek teringan akibat mengkonsumsi glutamat secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Hal itu dikarenakan rangsangan sel-sel otak yang berlebihan justru menyebabkan syaraf otak menjadi menegang.Jika hal itu terjadi  terus menerus bisa jadi syara otak mengalami kerusakan.

Baca : Obat sakit kepalaPenyebab sakit kepala

  1. Menyebabkan Penyakit Syaraf

Salah satu dampak akibat kelebihan glutamat adalah akan menyebabkan penyakit syaraf. Penyakit syaraf itu disebabkan oleh kandungan glutamat yang bisa merangsang sel-sel tubuh. Ketika rangsangan itu terlalu berlebihan akibatnya adalah penyakit syaraf akan muncul. Gejala awal dari penyakit itu adalah rasa nyeri dan sering kesemutan pada bagian tubuh tertentu. Semakin parah penyakit tersebut maka rasa nyeri yang dihasilkan akan semakin parah dan terasa sakit.

  1. Mudah Lelah

Salah satu efek teringan dari kelebihan glutamat adalah orang tersebut akan merasakan mudah lelah. Meskipun sedang tidak melakukan aktivitas yang berlebihan, orang tersebut mudah sekali merasakan kelelahan

Itulah berbagai macam informasi mengenai glutamat. Meskipun aman untuk dikonsumsi ada baiknya kita tetap bijak dalam penggunaannya sebab sesuatu yang berlebihan pun tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 10:04 Oleh :
Kategori : Protein