Home FarmasiKimia 8 Ciri ciri Keracunan Kalium Sianida

8 Ciri ciri Keracunan Kalium Sianida

by Lia Yuliana

Siapa tak kenal dengan dengan namanya sianida, bahkan sianida ini sudah menjadi suatu zat yang terkenal, karena dia sudah berhasil meracuni sesorang waktu itu, sianida memang merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh, namun pasalnya sianida ini merupakan zat yang mudah untuk dicari. Bahkan umbi-umbian memiliki zat sianida. Seprti umbi-umbian singkong, rembung, aprikot, dan lainnya, namun sianida yang ini tidak begitu berbahaya karena tidak terlalu banyak kandungan zat sianidanya.

Selain itu, sianida memang banyak sekali dibutuhkan, sebenarnya tak apa zat ini digunakan asal tidak diminum saja, sianida biasanya digunakan dalam pembuatan kertas, plastik, membasmi hama dan digunakan untuk membersihkan logam pula. Sianida digunakan untuk membasmi hama, itu berarti jika diminum oleh manusia akan berbahaya juga. Sehingga anda sangat perlu mengetahui apa ciri-ciri dari orang yang keracunan zat sianida ini. berikut ini adalah ciri-ciri dari seseorang yang terkena racun sianida

  1. Iritasi mata

Ketika seorang terkena penyakit sianida, maka orang itu pasti akan mengalami iritasi pada mata, lambat laun mata akan akan berubah menjadi kemerahan, bahkan pada mata itu akan merasakan rasa perih yang berlebih, bisa dikatakan lebih perih dari pada sakit mata atau kelilipan debu pada mata. Ketika mata mulai iritasi segeralah periksa kedokter, jangan sampai racun sianida yang berada ditubuh itu semakin menjadi sehingga menyebabkan kematian. Namun memang hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada orang lain yang membawanya. Karena secara fisik orang yang terkena sianida tubuhnya akan lemah

  1. Tubuh menjadi lemah

Tubuh orang yang keracunan sianida akan menjadi lemah, bahkan bisa sampai pingsan, hal ini disebabkan karena seluruh saraf dan sistem yang ada dalam tubuh terganggu akibat zat yang dihirupnya ini. Sianida sangat berbahaya bagi tubuh. Jika memang anda sudah mengenali bahwa itu adalah racun sianida segeralah hindari hal tersebut. Karea efek lemah ini akan muncul pertama kali saat anda sudah muali sedikit menghirup racun sianida itu. Racun sianida ini jika yang terhirup hanya sedikit akan dapt dinetralkan dengan menghirup udara bersih. Oleh sebab itu sangat sdisarankan bagi mereka yang tekena atau melihat orang yang mengalami keracunan sianida segera membawa mereka keluar mencari udara yang bersih

baca juga: penyebab sering mengantuk dan lemasfaktor penyebab tubuh menjadi gemetar dan lemaspenyebab tubuh lemas tak bertenaga

  1. Ganguan saluran pencernaan

Bahaya dari siaida adalah gangguan saluran pencernaan, padasaat sianida sudah masuk kedalm tubuh dan berkontraksi dalam tubuh, maka pencernaan akan mulai terganggu, serta hal ini akan menunjukan tanda-tanda utama ketika sianida sudah mengaggu saluran pencernaannya, yaitu mual dan selalu ingin muntah, keracunan sianida pada pencernaan akan membuat sistem yang ada dalam pencernaan terutama dalam perut seperti lambung berkontraksi lebih tinggi yang mengakibatkan tak ada kemampuan lagi untuk menahannya sehingga merespon keluar dengan mual dan muntah-muntah.

baca juga: Gangguan pencernaan pada tubuh manusia

  1. Tekanan darah terganggu

Tekanan darah pada penderita keracunan sianida ini tidak akan mampu untuk berjalan dengan normal lagi, bahkan tekanan darah ini akan selalu terganggu. Hal ini pasti terjadi, karena sianida akan membuat jangung dan paru-paru tidak dapat berfungsi dengan normal, hal ini akan menyebabkan tekanan darah  pada tubuh sulit untuk mengontrol kondisi yang sebenernya, sehingga jika hal ini tidak tertolong pun akan menyebabkan kematian.

baca juga: darah tinggi darah rendah

  1. Pengelihatan terganggu

Pengelihatan pada seorang yang menderita keracunan sianida tentunya akan terganggu, ibarat seprti ketika orang hendak pingsan, tentunya mata mereka tidak akan mampu utuk melihat lebih jelas bukan ?, mata mereka akan semakin lama semakin rabun, hal ini disebabakan karena racun sianida sudah mulai menggangu sistem syaraf pada tubuh anda jika sistem syaraf sudah terganggu maka semuanyapun akan terganggu, bahkan tidak hanya pengelihatan saja, telingga dan sistem syaraf lainya pasti akan terganggu juga.

baca juga: jenis-jenis penyakit mata

  1. Sesak nafas

Sesak nafas itu pasti, tanda orang keracunan biasanya adalah sesak nafas, begitu pula orang yang keracunan sianida. Orang yang keracunan sianida ini nafas aakan seolah berhenti, karena racun pada sianida sudah meneyerang paru-paru sehingga membuat paru-paru tidak mendapatkan udara yang segar, padahal dalam proses perjalanan paru-paru membutuhkan oksigen dari udara yang segar, sehingga bisa mengalirkan darah beserta oksigen yang bermanfaat kedalam tubuh. Jadi sekali paru-paru sudah terkena masalah, bisa jadi semuanya menjadi fatal. Tak lain tak buakn dapat menyebakan kematian pula.

  1. Kontraksi jantung

Selain paru-paru yang akan mengakibatkan kematin, kontraksi pada jantung in juga sebagai pendukung kematian pada sianida. Keracunan sianida membuat jantung berkontraksi lebih tinggi dan akan mengakibatkan kondisi jantung tidak sempurna. Bahkan orang yang menderita keracunan sianida ini dapat kehilangan detak jantungnya. Artinya detak jantungnya semakin lemah. Dengan begitu ini sudah menjadi masalah yang serius yang harus ditangani.

baca juga: ciri-ciri penderita jantung koroner

  1. Sistem metabolisme terganggu

Di atas sudah dijelasakan bahwa jantung, paru-paru, alat indra akan terganggu dengan racun sianida, ternyata metabolisme tubuh juga dapat terganggu hanya dengan racun sianida ini, jadi sejatinya racun sianida ini mengaggu semua yang ada didalam tubuh kita. Jika tidak cepat-cepat di tolong akan menjadi sesuatu yang sanggat fatal. Bisa menjadi cacat organ tubuh atau malah sampai pada kematian.

Itulah ciri dari orang yang kercunan sianida, jika ada tetangga atau teman yang mempunyai ciri diatas lebih baik segera ditolong, jadi dengan begitu anda dapat menangani bahkan menyelamatkan orang yang terkena racun sianida ini. Untuk menolong orang yang terkena sianida ini tentu ada cara penanganannya, jadi anda juga perlu mengetahui bagaiman cara menegani keracunan sianida

baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh

Cara Menangani Keracunan Sianida

  1. Membawa orang yang teserang sianida itu segera keluar
  2. Hindari untuk memberikan nafas buatan, hal ini untuk menghindari agar penolong tidak ikut terkena zat racun sianida ini.
  3. Carilah udara bersih untuk dia, agar paru-paru segera dapat bekerja dengan normal
  4. Jika pada saat itu jantung tidak berfungsi maka anda perlu melakukan penekanan pada jantung pasien agar dapat berdetak lagi.
  5. Bawalah kerumah sakit agar segera mendapatkan perawatan yang bagus

Itulah cara mudah untuk menangai orang yang terkena racun sianida. Memang sianida sangat mudah sekali untuk di cari bahkan tak jarang orang memanfaatkannyan untuk melakukan tindak kejahatan, untuk itu anda harus hati-hati.

You may also like