13 Penyebab Kepala Pusing Mendadak Dan Solusinya

Penyebab kepala pusing mendadak dapat muncul karena sesuatu yang awalnya diabaikan sipenderita terlepas dari apa dan bagaimana aktivitasnya sehari hari. Kepala pusing yang muncul secara tiba tiba merupakan reaksi dari pembuluh darah serta saraf saraf yang ada disekitar kepala terhadap lingkungan dan kondisi didalam tubuh. (Baca Juga: Mata Kunang Kunang Kepala Pusing ,  Penyebab Kepala Sering Pusing)

Penyebab Sakit Kepala dan Solusinya
Penyebab kepala pusing mendadak dapat dialami semua usia dan relatif mudah diketahui penyebabnya dan tips cara mengatasinya.

1. Kelelahan karena aktivitas berlebihan

Terlalu lama beraktivitas tanpa melakukan peregangan dan minum air putih yang memadai, misalnya berolahraga atau mengangkat barang barang dengan beban yang cukup berat dapat menyebabkan kelelahan yang memicu terhambatnya pasokan oksigen yang cukup dipembuluh darah termasuk bagian kepala, Akibatnya kepala akan terserang pusing mendadak. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mata Sembab)

• Solusinya:

Melakukan peregangan, Beristirahat sejenak dan minum air putih yang banyak agar terhindar dari dehindrasi. Jika tubuh terserang dehidrasio maka keseimbangan tubuh kan terganggu termasuk aliran darah menuju kepala menjadi terhambat. (Baca Juga: Akibat Dehidrasi)

2. Kurang tidur
Terlalu sering begadang malam menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah dan oksigen dimana jika terus menerus dilakukan akan membahayakan pembuluh darah disekitar kepala. Pasokan darah yang berkurang dapat mempengaruhi kesehatan saraf saraf otak dan menjadi penyebab kepala pusing mendadak. Tahukah anda munculnya berbagai Penyakit akibat kurang tidur malam mudah muncul pada orang lanjut usia yang mengkonsumsi kafein secara berlebihan. (Baca Juga: Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam)

• Solusinya: Istirahat cukup dan tidak begadang jika memang tidak ada alasan yang kuat untuk tidak tidur. Penuhi pasokan air putih disela sela begadang agar tubuh tetap prima dan minumlah suplemen vitamin C dosis tinggi jika perlu. (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi)

3. Stres
Aktivitas sehari sehari dan masalah hidup seringkali menyebabkabn seseorang menjadi cemas, Gelisah, Panik, Mudah tersinggung dan stress. Ketika stress menyerang sebenarnya pada saat itulah ketegangan otot diseputar kepala terjadi, Saraf saraf menciut dan pembuluh darah menjadi tersendat sendat, Kondisi itulah menyebabkan pusing muncul secara tiba tiba.(Baca juga : Cara mengatasi stres super ampuh , Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres)

• Solusinya :

Hindari stress dengan melakukan kegiatan ringan yang menyenangkan, Misalnya mendengarkan music, Menonton film terbaru, Berkumpul dengan teman atau sekedar jalan jalan kelokasi yang dipenuhi dengan hijaunya tumbuhan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres)

4. Tekanan darah rendah

Seseorang yang menderita tekanan darah yang rendah dapat mengalami pusing kepala mendadak yang hampir tiap hari muncul. Tekanan darah yang rendah menyebabkan pasokan darah yang mengalir pada pembuluh darah menuju otak jadi berkurang dan menjadi pemicu sakit kepala membandel. (Baca Juga: Makanan Penyebab Darah Rendah , Bahaya Darah Rendah)

• Solusinya:

Konsumsilah buah buahan dan sayuran , Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti jenis ikan, Istirahat yang cukup dan kurangi aktiviatas yang berat dan melelahkan.

5. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang terlalu tinggi adalah disebabkan karena tekanan darah disekitar dinding arteri mengalami peningkatan yang dapat membebani kinerja arteri dan jantung. Kondisi ini sangat mungkin menjadi penyebab pusing kepala mendadak dan bila terus menerus berlangsung maka bahaya hipertensi yang dapat muncul justru diringi dengan serangan stroke dan gejala penyakit ginjal. (Baca Juga: Tanda tanda Darah Tinggi , Obat Tradisional Darah Tinggi)

• Solusinya:

Hindari rokok berlebihan, Mengkonsumsi banyak buah bauhan dan sayuran hijau, Rajin berolahraga, Jauhi alkohol, Kurangi minuman yang mengandung kafein dan aturlah untuk mengurangi makanan yang mengandung banyak garam. (Baca Juga: Efek Samping Rokok elektrik)

6. Makanan dan minuman

Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan garam atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menjadi penyebab pusing kepala mendadak yang kerab menyebabkan aliran darah menuju otak menjadi sempit dan tidak lancar yang dapat memicu munculnya sakit kepala yang berulang atau muncul tiba tiba diringi dengan arasa mual ingin muntah. (Baca Juga: Bahaya Pengaruh Alkohol bagi Penderita DiabetesAlkohol)

• Solusinya:

Membiasakan diri untuk makan makanan yang bukan berasal dari junkfood atau makanan siap saji. Hindari makanan yang banyak mengandung penyedap rasa, Garam, Kafein dan alkohol karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan sakit kepala. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh)

7. Cedera
Penyebab pusing kepala mendadak yang sering dialami manusia biasabnya karena seseorang pernah mengalami kecelakaan atau cedera pada bagian kepala, Pundak atau leher maka sewaktu waktu akan mengalami pusing kepala yang mendadak. Kondisi ini adalah alami karena bekas cedera yang telah sembuh telah mengalami trauma panjang dan mengalami sensitivitas terhadap benturan berikutnya walaupun dalam intens yang lebih ringan yang biasanya menyebabkan sakit kepala namun mudah hilang dengan sendirinya. (Baca Juga: Perbedaan Sakit Kepala dan Pusing , Kepala Sering Terasa Berat, Pusing dan Mual)

• Solusinya:

Hindarilah segala bentuk kegiatan yang berpotensi menyebabkan kepal terbentur ataun terhantam. Pilihlah olahraga ataiu aktivitas lain yang lebih aman dan tidak membutuhkan banyak pergerakan yang berlebihan agar kondisi kepala tidak mengalami trauma kembali. Tidur yang cukup adalah hal yang baik untuk mempertahankan kesehatan pembuluh darah dikepala. (Baca juga: Jenis Olahraga untuk Diet)

8. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang terlalu sering berubah atau karena pemakaian bantal yang terlalu rendah atau tinggi dapat menyebabkan ketegangan disekitar saraf saraf leher bagian belakang dan mengakibatkan penekanan terhadap pembuluh darah sekitar kepala yang menjadi penyebab pusing kepala mendadak setelah bangun dari tidur. (Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan , Bahaya Tidur di Pagi Hari)

• Solusinya:

Gunakan bantal yang lembut dan dapat menyangga leher serta kepala dengan ketinggian yang nyaman. Biarkan kondisi ruangan dalam keadaan sejuk agar tidur betambah nyaman. Pastikan posisi kepala tidak mendongak kearah dada karena dapat mempersulit aliran darah seputar leher dan kepala.

9. Cuaca

Kondisi cuaca yang ekstrim merupakan salah satu penyebab pusing kepala menddak yang seringkali menyebabkan saraf dan aliran darah dikepala menjadi terhambat misalnya cuaca yang terlalu terik atau panas sehingga menimbulka dehidrasi. Pada saat itulah pusing kepala mendadak seringkali datang tiba tiba. (Baca Juga: Kepala Sering Pusing , Penyebab Kepala Terasa Berat )

• Solusinya:

Sedapat mungkin jangan terlalu lama berada dibawah terik matahari, Jika mungkin gunakan pelindung kepala seperti payung, Topi atau berlindung dibawah pohon yang rindang. Hal tersebut untuk mengantisipasi akar kondisi kepala tetap stabil.

10. Infeksi bagian dalam telinga
Iuka yang ada didalam jaringan telinga segeralah diobati karena dapat menjadi penyebab pusing kepala menddak . Segeralah sembuhkan infeksi dimana rasa nyerinya bisa menjalar masuk kedalam pembuluh darah kepala yang memicu munculnya pusing kepal yang mendadak. (Baca Juga: Obat Infeksi TelingaInfeksi Telinga)

• Solusinya:

Hindari membersihkan telinga bagian daalam dengan benda benda keras yang tumpul untuk menghindari terjadinya luka dan infeksi. Jika infeksi telah terjadi hendaknya segeralah berobat pada dokter yang terkait. (Baca juga: Jenis Sakit Telinga)


11. Rendahnya kadar gula dalam darah (Hipoglikemia)

Seseorang yang memiliki kadar gula dalam darahnya dibawah 70 mg/dl maka rentan mengalami serangan sakit kepal yang muncul secara mendadak. Hal ini disebabkan ketika tubuh hanya memiliki pasokan gula yang sedikit maka dapat mempengaruhi hormon tubuh dan keseimbangan antara aliran darah dan arteri disekitar kepala. Gula yang cukup dalam darah mampu menstabilkan pasokan darah yang mengalir menuju kepala. Baca juga : Cara menjaga kadar gula darah agar tetap normal , Cara Meningkatkan Kadar Gula dalam Darah)

• Solusinya:

Kadar gula dalam darah seringkali menurun ketika seseorang sedang menjalankan ibadah puasa atau karena terlambat makan,Untuk mencegahnya salah satunya adalah makanlah makanan yang kaya nutrisi lengkap termasuk mengkonsumsi susu murni ketika sedang berbuka puasa dan jangan pernah untuk terlambat makan.

12. Efek obat obatan

Penggunaan obat obatan tertentu acapkali menjadi penyebab kepala pusing mendadak karena zat kimia yang ada didalmnya sangat mudah mengahmbat peredaran darah dan melukai dinding pembuluh darah terutama yang menuju otak atau seputar kepala. Misalnya penggunaan obat pereda rasa sakit secara berlebihan, Obat penurun tekanan darah sembarangan dan sebagainya. Kondisi ini juga berlaku bagi orang orang yang mengkonsumsi obat berbahaya dan dilarang seperti narkoba.  (Baca Juga: Penyebab Migrain Sebelah Kanan)

• Solusinya:

Mintalah saran dan resep dari dokter yang terkait dengan penyakit atau gejala kesehatan yang sedang anda dialami.

13. Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu penyebab kepala pusing mendadak yang hampir dialami semnua ibu hamil pada usia kehamilan muda ataupun menjelang persalinan. Disaat hamil biasanya ibu kekurangan zat besi atau mengalami serangan depresi yang bisa membuat kondisi pembuliuh kepal menjadi terganggu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Zat Besi)

• Solusinya:

Pada masa kehamilan hendaknya para ibu hamil memperhatikan pola makannya untuk konsisten bertahan pada makanan yang berstandar 4 sehat 5 sempurna dan sedapat mungkin hindari stress yang berlebihan serta cukup tidur di malam hari.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala