11 Obat Rhinitis Alergi yang Aman

3566

Bagi yang belum begitu tahu, rhinitis alergi merupakan sebuah inflamasi yang dialami di bagian hidung sebagai akibat dari adanya reaksi alergi. Jika Anda mengalami bersin-bersin, batuk-batuk, mata yang gatal, mata berair, dan juga hidung tersumbat/berair, maka itulah gejala rhinitis yang segera memerlukan penanganan. Apabila Anda mengalaminya, pastikan obat rhinitis alergi berikut Anda manfaatkan.

(Baca juga: penyebab hidung gatal – hidung tersumbat setiap hari)

  1. Vitamin C

Di dalam vitamin C ada kandungan antihistamin yang sangat baik dalam membantu mengurangi gejala alergi, termasuk juga rhinitis alergi. Anda juga pasti sudah tahu betul kalau mengonsumsi vitamin C adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh paling efektif. Jadi, tak ada salahnya untuk menambah asupan vitamin C sebagai obat rhinitis.

  • Caranya: Anda hanya perlu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Tomat, kecambah, stroberi, paprika, kiwi, anggur, brokoli, kentang, jeruk dan lemon adalah makanan-makanan yang dimaksud. Tak hanya itu, dalam memaksimalkan pengobatan rhinitis alergi, asup juga suplemen vitamin C setiap hari dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter.
  1. Minyak Kelapa dan Minyak Wijen

Kombinasi dari kedua minyak ini diketahui efektif juga dalam menjadikan rhinitis alergi terobati dengan sangat baik. Ini karena keduanya memiliki kandungan untuk menarik iritan dari tubuh penyebab rhinitis alergi. Bahkan keduanya pun bermanfaat dalam menghilangkan racun dari dalam tubuh.

  • Caranya: Anda hanya perlu mencampurkan minyak kelapa dan minyak wijen masing-masing 1 sendok makan di dalam mulut secara langsung, tapi bukan untuk ditelan. Anda cukup mendesirkannya saja di area mulut selama 15 menit (bukan dikumurkan). Setelah selesai, buang dan berkumurlah dengan air hangat biasa untuk membersihkan bagian dalam mulut. Lakukan metode ini sebelum menyikat gigi setiap pagi selama beberapa bulan.

(Baca juga: penyebab alergi hidung gatal)

  1. Pulus

Pernah mendengar nama tanaman satu ini? Pulus merupakan sebuah jenis tanaman yang rupanya sangat banyak dijumpai di area hutan dan nama lain yang tentu Anda mungkin sudah pernah dengar, yakni stinging nettle. Di dalamnya ada kandungan anti-inflamasi dan antihistamin tinggi yang siap membasmi gejala rhinitis alergi.

  • Caranya: Ambil daun pulus kering sebanyak 1 sendok makan dan kemudian masukkan ke dalam secangkir air panas untuk diseduh. Tutup cangkir tersebut dan tunggulah sekitar 5 menit lamanya, baru kemudian Anda saring dan tambahkan madu murni sedikit. Minumlah sehari 2-3 kali sampai gejala menghilang.
  • Alternatif: Ada juga tersedia suplemen daun pulus, jadi jika Anda tertarik bisa juga mengonsumsi dalam bentuk suplemennya saja. Dan untuk takaran yang dianjurkan, selama 1 minggu dosisnya adalah 600 mg. Konsultasikan saja lebih dulu dengan dokter karena ada ketidakcocokan antara daun pulus ini dengan riwayat obat-obatan tertentu Anda. Obat herbal ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil.
  1. Jahe

Supaya gejala rhinitis alergi Anda bisa berkurang dan terobati dengan alami, jahe pun bisa menjadi pilihan karena antihistamin naturalnya. Selain itu, meski ada efek samping jahe, jahe sendiri kaya akan sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiviral dan peningkat imun.

  • Caranya: Cukup ambil parutan jahe sebanyak 1 sendok makan dan beberapa cengkih serta kayu manis secukupnya untuk dicampurkan ke dalam secangkir air. Didihkan air yang sudah tercampur dengan bahan tersebut selama 5 menit. Setelah diangkat Anda bisa menyaringnya dan tambah sedikit jus lemon maupun madu murni. Konsumsilah setiap hari 3 kali sampai gejala hilang.

(Baca juga: penyebab hidung berair)

  1. Air Garam Steril

Istilah lain bagi air garam steril ini lebih dikenal dengan saline water di mana memang menjadi salah satu obat alami yang paling manjur. Hanya saja, pemakaian paling umum adalah dengan melalui hidung untuk menghilangkan lendir dari hidung yang terus berair.

  • Caranya: Campurkan saja sejumput baking soda bersama dengan sesendok teh garam di dalam 2 cangkir air hangat yang steril. Anda kemudian bisa menggunakan alat khusus yang bisa Anda tuangkan ke dalam satu sisi lubang hidung. Biarkan larutan tersebut keluar dari lubang hidung satunya atau dari mulut. Gunakan cara yang sama untuk sisi lubang hidung lainnya. Ini akan menjadi efektif ketika dilakukan setiap hari di mana dalam sehari Anda lakukan beberapa kali.
  1. Bawang Putih

Pada bumbu dapur yang menyedapkan masakan ini, ada kandungan quercetin tinggi yang masih merupakan antihistamin. Efek samping bawang putih memang ada, namun perlu diketahui kandungan antiviral, antibakteri, dan antibiotiknya pun sangat tinggi sehingga sangat baik bagi tubuh.

  • Caranya: Apabila ingin rhinitis alergi cepat sembuh, kunyah-kunyahlah 2-3 siung bawang putih. Tentu saja bawang putih yang dikunyah akan lebih bagus kalau mentah. Jangan lupa juga turut menambahkan potongan bawang putih ke dalam masakan Anda, tapi jangan juga terlalu berlebihan.

(Baca juga: penyebab sering bersin)

  1. Steam atau Uap

Obat rhinitis alergi lainnya yang alami dan aman adalah steam atau juga dinamakan dengan proses uap. Menghirup uap akan sangat membantu dalam melegakan hidung yang terlalu banyak lendir maupun yang teriritasi.

  • Caranya: Anda perlu hanya menyiapkan sebaskom air mendidih dan kemudian tambahkan minyak esensial 3-4 tetes, minyak ini bisa apa saja (rosemary, minyak pohon teh, peppermint, atau kayu putih). Kemudian lanjutkan dengan menutupi bagian kepala Anda dengan handuk dan turunkan kepala Anda. Hirup dalam-dalam uap tersebut sekitar 5-10 menit dan hembuskan nafas dari hidung. Ulangi metode ini beberapa kali hingga gejala rhinitis alergi benar-benar sembuh dan hilang.
  1. Cuka Sari Apel

Selain mampu menjadi obat bagi yang sedang menderita tekanan darah tinggi, cuka sari apel adalah sebuah obat herbal yang baik dan ampuh juga bagi penderita rhinitis alergi. Antihistaminnya dan antibiotik di dalamnya sangat membantu dalam mengurangi intensitas gejala rhinitis sekaligus meningkatkan imunitas tubuh penderita.

  • Caranya: Ambil cuka sari apel organik sebanyak 2 sendok teh saja dan campurkan ke segelas air hangat. Supaya rasanya lebih baik dan nikmat, tambahkan jus lemon dan madu murni masing-masing 1 sendok teh. Minumlah sehari 3 kali dan lakukan setiap hari hingga Anda merasa baik dan benar-benar sudah sembuh.

(Baca juga: penyebab hidung tersumbat sebelah)

  1. Kunyit

Kunyit merupakan sebuah jenis rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kekuatan antioksidan dan anti-inflamasinya yang begitu tinggi. Segala macam kondisi gejala rhinitis alergi bakal mampu dihilangkan, apalagi dikarenakan juga kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang rendah.

  • Caranya: Anda bisa menyediakan kunyit bubuk sebanyak 6 sendok makan berikut juga madu organik dan murni dengan takaran yang sama. Campurkan kedua bahan dan simpanlah di dalam wadah yang kedap udara. Yang perlu dikonsumsi adalah sebanyak 1 sendok teh sehari 2 kali.
  • Alternatif: Boleh juga kalau Anda ingin menambahkan kunyit bubuk ke dalam masakan Anda atau mengonsumsi suplemen kunyit setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Cara lainnya dalam mengonsumsi kunyit adalah dengan meminum segelas susu kunyit hangat per harinya.
  1. Probiotik

Supaya gejala rhinitis alergi berkurang dan cepat hilang, makanan probiotik rupanya bisa menjadi obat yang cukup ampuh. Ini karena adanya probiotik Lactobacillus acidophilus yang mampu membuat tingkat keparahan gejala hilang sedikit demi sedikit. Yang Anda perlu lakukan hanyalah mengonsumsi suplemen probiotik kualitas tinggi.

Suplemen tersebut bisa dikonsumsi pagi dan sore masing-masing 1 kapsul selama kurang lebih 2 minggu. Jika ingin mendapatkan probiotik dari makanan, Anda bisa memilih untuk memasukkan yogurt probiotik ke dalam menu diet harian supaya daya tahan tubuh yang turun bisa kembali meningkat.

  1. Imunoterapi

Jika mencari obat lain yang aman bagi yang gejalanya sudah cukup parah, maka imunoterapilah yang paling dianjurkan. Langkah imunoterapi atau suntik alergi ini biasanya diberikan atau disarankan oleh dokter jika memang penderita rhinitis alergi diketahui mengalami gejala-gejala alergi yang sudah sangat serius.

(Baca juga: kelainan pada hidung manusiapenyebab pilek tidak kunjung sembuh)

Itulah beberapa rekomendasi obat rhinitis alergi yang aman agar Anda tidak perlu khawatir akan efek samping berbahaya. Asalkan menurut anjuran dan dosis yang telah ada, rhinitis alergi pasti akan membaik dengan maksimal.