18 Obat Suara Hilang Alami Terefektif

4751

Ketika Anda berbicara terlalu banyak, bernyanyi terlalu banyak, berteriak pada konser atau taman hiburan, atau sedang menderita penyakit, Anda akan menempatkan terlalu banyak tekanan pada suara sehingga dapat menyebabkan Anda kehilangan suara. Untungnya, Anda harus dapat kembali segera cukup dengan beberapa perawatan dasar di rumah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai obat suara hilang, antara lain:

(Baca juga: cara menghilangkan suara serak)

  1. Minum Banyak Air

Hal terbaik untuk dilakukan saat pita suara Anda bekerja terlalu berat adalah minum air. Tidak ada di seluruh bumi adalah lebih baik bagi Anda daripada air. Minum air dengan suhu normal untuk menghindari tenggorokan Anda dapat terkejut akibat air dingin atau panas.

Tubuh Anda akan memberitahu Anda ketika Anda haus, jadi jangan mengabaikannya. Minum secara teratur, tapi bijaksana agar terhindar dari bahaya dehidrasi. Tidak hanya akan membantu memulihkan suara Anda, tapi air baik untuk tubuh, sistem pencernaan, kulit, berat badan, dan tingkat energi Anda.

  1. Kumur Air Garam

Beberapa orang percaya bahwa berkumur air garam hangat baik untuk mengobati laringitis. Larutkan ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah setidaknya 4-5 kali sehari. Cara ini membantu menghilangkan lendir di tenggorokan Anda. Garam memiliki sifat antibakteri. Oleh karena itu, ini akan membunuh bakteri dan virus, serta meringankan rasa sakit dan pembengkakan.

Sementara berkumur, mencoba untuk kumur air garam kembali hingga menyentuh laring yang merupakan tempat penyembuhan yang sebenarnya diperlukan. Pertahankan air di tenggorokan Anda selama Anda bisa dan tidak minum atau makan apapun selama setengah jam setelah berkumur.

Jangan khawatir tentang rasa larutan karena Anda tidak akan menelannya. Bahkan, jika tenggorokan Anda sedikit sakit, Anda mungkin akan merasa nyaman. Pilihan lain adalah dengan air cuka sari apel, meskipun rasanya mungkin lebih buruk daripada air garam. Sifat asam dan antibakteri dari air cuka sari apel membantu satu menyingkirkan infeksi dan pembengkakan cepat dan efisien, dengan demikian mengatasi kondisi tersebut secara permanen.

(Baca juga: cara mengobati telinga berdengung)

  1. Teh Madu dan Lemon

Beberapa orang percaya bahwa teh (terutama chamomile dengan madu dan lemon) adalah penenang vocal yang baik. Ini telah digunakan selama puluhan tahun dengan cara ini. Namun, Anda harus tahu bahwa asam adalah buruk bagi jaringan epitel Anda dan baik teh dan lemon bersifat asam. Tidak ada yang salah dengan madu. Sesendok madu murni dapat membantu menyembuhkan suara hilang.

Anda juga dapat mengonsumsi sesendok madu 4 kali sehari secara teratur. Ini meringankan rasa sakit dan peradangan di tenggorokan. Karena memiliki sifat antibakteri, itu meringankan infeksi juga. Madu dapat menenangkan dan membersihkan penyumbatan lendir di tenggorokan.

  1. Terapi Uap 5 Menit 2 Kali Sehari

Uap dapat meningkatkan kelembaban di tenggorokan Anda. Ini alasan yang sama Anda melihat diva mengenakan syal ketika mereka sakit – itu untuk gagasan bahwa panas baik untuk tenggorokan. Air mendidih adalah cara mudah untuk membuat uap. Letakkan handuk di atas kepala Anda. Cobalah menambahkan beberapa minyak esensial jika Anda suka. Anda bisa menggunakan air hangat saat mandi.

(Baca juga: cara menghilangkan cegukan)

  1. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-mikroba dan membantu Anda menyingkirkan infeksi virus dan bakteri. Hal ini juga menenangkan laring dan tenggorokan, serta meredakan rasa sakit dan peradangan. Rebus 2 sendok teh jahe parut dalam 2 gelas air mendidih sampai air berkurang 50%. Saring larutan dan tambahkan dua sendok teh madu untuk itu.

Mengisap potongan-potongan kecil jahe juga akan membantu. Mengunyah sedikit sebelum meneguk air jahe akan meringankan rasa sakit dan peradangan di tenggorokan. Anda juga dapat menambahkan jahe dalam teh Anda tapi jangan berlebihan karena ada efek samping jahe untuk diwaspadai.

  1. Kayu Manis

Tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 3 sendok teh madu ke dalam air mendidih selama 10 menit. Konsumsi larutan ini tiga kali sehari untuk hasil terbaik. Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibakteri yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat.

  1. Jus Lemon atau Teh Lemon

Jus lemon dan teh lemon juga bermanfaat untuk laring. Kombinasi madu, beberapa tetes jus lemon dan air hangat akan membantu Anda menyingkirkan bakteri dan virus. Jus lemon juga dapat digunakan untuk berkumur. Campur beberapa tetes jus lemon dalam air hangat. Larutkan sedikit garam di dalamnya. Anda juga dapat mencampurkan ¼ sendok teh cabai rawit dalam segelas jus lemon. Konsumsi 3-4 kali sehari.

Beberapa orang menganggap bahwa lemon memiliki sifat asam yang membuatnya baik untuk melawan infeksi bakteri dan kuman. Hal ini juga meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi di mulut yang, pada gilirannya, memastikan bahwa tenggorokan adalah terhidrasi. Tetapi beberapa orang menghalangi dari mengkonsumsi segala jenis hal asam termasuk lemon ketika Anda menderita radang tenggorokan atau sakit tenggorokan. Jadi, Anda dapat meminta dokter atau profesional kesehatan Anda sebelum mencoba obat apapun terkait dengan lemon.

Menyedot jus bawang putih dengan menempatkan dua potong atau di mulut Anda. Anda dapat menghancurkan dengan gigi dan meneguknya. Lakukan ini 3-4 kali sehari untuk pemulihan cepat. Karena memiliki sifat anti-mikroba, membunuh bakteri dan virus yang merupakan akar penyebab infeksi tersebut.

(Baca juga: gangguan pada sistem pernapasan)

  1. Bawang Putih

Campurkan bawang putih yang telah dihancurkan dan madu. Anda dapat mengkonsumsi 1 sendok teh pasta ini dengan segelas air 3-4 kali sehari. Cara yang lain adalah dengan mencincang halus empat siung bawang putih. Panaskan satu sendok teh ghee dan masak bawang putih cincang di dalamnya selama satu menit. Tambahkan sedikit garam dan mengkonsumsi campuran ini dua kali sehari.

Namun, beberapa dokter tidak menyarankan penggunaan ghee dan minyak di laring. Jadi, kami sarankan Anda untuk mengkonfirmasi dari dokter Anda sebelum mencoba metode yang terakhir menggunakan bawang putih. Beberapa orang percaya bahwa bawang putih dapat berbahaya di laringitis, jadi kami sarankan Anda untuk mengkonfirmasi dari dokter Anda tentang konsumsi bawang putih mengenai kasus tertentu.

  1. Teh Kamomil, Sage dan Peppermint

Rebus segenggam khamomile / daun sage / peppermint dalam air selama 15-20 menit. Pilih salah satu ramuan pada suatu waktu. Anda dapat membuat 3 jenis teh dengan mengikuti metode yang sama. Anda juga dapat menggunakan kamomil dan teh sage untuk berkumur; bagus juga dijadikan cara mengatasi stres.

  1. Sirup Bawang

Untuk menghindari membeli sirup obat batuk dari pasar, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Cincang halus beberapa bawang. Rebus potongan-potongan kecil dari bawang dalam 5 gelas air. Dalam segelas air hangat, tambahkan 2-4 sendok makan sirup ini, satu sendok makan madu, dan beberapa tetes jus lemon. Konsumsi ini dua kali sehari.

(Baca juga: cara mengatasi telinga bindeng)

  1. Jus kombinasi

Gabungkan jeruk dan cranberry, lalu Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari. Jus campuran wortel, lobak dan jus jahe juga sama-sama efektif.

  1. Minyak Kayu Putih

Eucalyptus atau minyak kayu putih sangat umum digunakan untuk mengobati gejala flu dan batuk. Ini juga membantu meringankan dan menenangkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Hal ini dapat ditemukan dalam banyak obat batuk, lozenges, dan mandi uap. Gunakan daun kayu putih segar untuk mempersiapkan teh. Jangan mengkonsumsi minyak kayu putih secara langsung, dapat menjadi racun untuk penggunaan internal.

  1. Akar Licorice

Potong licorice menjadi potongan-potongan kecil dan kemudian menempatkan mereka dalam air mendidih. Anda dapat menggunakan air ini untuk berkumur. Atau, siapkan teh menggunakan akar ini dan mengkonsumsi 2-3 kali sehari. Cara lain lagi untuk dicoba adalah dengan menyedot batang licorice di mana juga mampu mengurangi keinginan Anda untuk merokok sebab memiliki sifat anti-inflamasi. Itulah alasan mengapa akar licorice dapat menyembuhkan gejala radang tenggorokan juga.

Pasien dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati, wanita hamil atau menyusui, dan orang-orang yang mengambil pengencer darah seperti aspirin, warfarin (Coumadin) tidak dianjurkan menggunakan asupan licorice dalam bentuk apapun.

(Baca juga: penyebab radang tenggorokan)

Obat Lainnya untuk Suara Hilang

Selain dengan obat-obat alami yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, beberapa bahan berikut juga menjadi alternatif obat suara hilang termujarab:

  • Kunyit
  • Kismis
  • Teh hijau
  • Marshmallow
  • Lidah buaya

(Baca juga: jenis sakit tenggorokan)

Selain meminum obat suara hilang alami tersebut, istirahatkan suara Anda sebanyak mungkin dengan berbicara sesedikit yang Anda bisa, bernapas melalui hidung, dan menghindari iritasi. Jika suara Anda tidak kembali dalam beberapa hari perawatan di rumah, mungkin akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran profesional dan pengobatan.