21 Cara Mengobati Telinga Berdengung Terus Menerus

9316

Telinga berdengung tanpa henti dan terjadi terus-menerus bisa-bisa malah mengganggu seluruh aktivitas kita setiap hari. Telinga berdengung jangan dianggap enteng karena ini bisa jadi merupakan sebuah gangguan kesehatan serius. Istilah lain yang kerap digunakan untuk menyebut kondisi telinga berdengung adalah tinnitus di mana penyebabnya bisa cukup banyak.

  • Meniere’s disease adalah salah satu faktor yang mengganggu keseimbangan tubuh manusia. Dan telinga yang berdengung dapat menjadi gejalanya. Maka untuk penanganan lebih lanjut atau untuk sekadar memastikan lebih dulu, pergi ke dokter sangat dianjurkan.
  • Tingkat stres yang tinggi menjadi faktor pemicu dari tinnitus. Tertekan dan merasa depresi dapat kemudian menimbulkan efek berdengung pada telinga kita. Rasa cemas berlebihan, sikap yang emosional tak terkendali, lalu juga nyeri otot pun menjadi penyebab.
  • Suara keras yang dengan toleransi suara di atas angka 20 ribu Hertz bisa merusak telinga kita. Tinnitus berpotensi menyerang seseorang yang mendengar suara sebesar itu.
  • Alergi pun mampu memunculkan lendir, terutama di tengah telinga di mana kalau tak segera ditangani, tekanannya bakal lebih besar dan serius.

Bila telinga terus terasa berdengung dalam waktu yang cukup lama dan dalam frekuensi yang sering, lama-lama ini akan sangat mengganggu. Langkah yang paling tepat di sini adalah memeriksakan diri untuk memperoleh diagnosa pasti, apakah betul itu adalah tinnitus. Berbagai cara mengobati telinga berdengung dapat dilihat di bawah ini.

(Baca juga: penyebab telinga berdengung)

1. Menggunakan Bawang Putih

Meski ada bahaya bawang putih mentah bila dikonsumsi terlalu banyak, bawang putih merupakan bumbu dapur yang begitu banyak menawarkan manfaat. Bawang putih bertugas menurunkan risiko atau kondisi peradangan dan mampu membuat sirkulasi darah makin lancar. Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, sifat antibakterinya cukup besar sheingga setiap infeksi yang kiranya berpengaruh pada telinga berdengung dapat dilawan.

  • Caranya: Siapkan 2 siung bawang putih yang sudah dihancurkan, lalu digoreng bersama dengan minyak wijen sebanyak 1 sendok makan. Setelah dibiarkan dingin, ambil tiga tetes minyak untuk diaplikasikan ke dalam saluran telinga yang berdengung. Melakukannya setiap hari akan memberikan hasil terbaik, khususnya jika dilakukan sebelum tidur. Lakukanlah perawatan ini selama satu minggu tanpa bolong. Atau bisa juga Anda menggunakan ramuan ini, lalu dicampurkan ke masakan yang Anda buat sehari-hari.

2. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah juga sangat berguna sebagai obat telinga berdengung walau diketahui ada efek samping bawang merah.

  • Caranya: Potonglah sesiung bawang merah yang ukurannya kecil yang masih harus dipotong kecil-kecil juga. Bawang kemudian bisa dimasukkan ke microwave selama kurang lebih 1-2 menit. Tunggu sampai dingin dan saringlah. Kalau sudah jadi, pakailah 2-3 tetes jus bawang merah ke telinga yang terinfeksi. Tunggulah sekitar 5 menit sebelum Anda kemudian bisa memutar kepala agar jus dapat mengalir keluar. Melakukan perawatan ini seminggu beberapa kali akan secara efektif menghilangkan tinnitus tersebut.

(Baca juga: penyebab telinga sakit dan berdengung)

3. Memanfaatkan Minyak Mustard

Untuk telinga berdengung, minyak mustard adalah salah satu yang paling bisa diandalkan karena memang dapat membuat sirkulasi darah meningkat. Sifat antibakteri dan antijamurnya akan mengobati infeksi telinga. Menggunakan minyak mustard juga menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh serta menghilangkan timbunan kotoran di telinga.

  • Caranya: Hangatkan sedikit minyak mustard di dalam microwave, lalu setelah itu langsung aplikasikan beberapa tetes minyak mustard hangat tersebut secara langsung ke telinga yang terinfeksi. Minyak kemudian dapat dibiarkan duduk selama 5-10 menit. Kepala lalu bisa dimiringkan ke sisi satunya supaya minyaknya dapat keluar kembali. Kotoran telinga yang melunak dapat dilepaskan kemudian dengan menggunakan cotton bud. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan sehari sekali namun setiap hari sampai telinga membaik.

4. Memakai Jahe

Jahe selain dapat menjadi obat batuk ampuh tradisional, rupanya juga dapat menyembuhkan masalah tinnitus atau telinga berdengung. Sirkulasi darah akan dibantu menjadi lebih lancar dan patogen pun mampu disingkirkan. Bahkan untuk membasmi radikal bebas pun juga ampuh.

  • Caranya: Cukup sediakan jahe parut satu setengah sendok saja yang kemudian dicampur dengan air panas 1 cangkir. Seduh selama kurang lebih 10 menit dan tambahkan madu secukupnya. Layaknya teh herbal, Anda bisa meminumnya 2-3 kali dalam sehari untuk beberapa hari agar gejala telinga berdengung berkurang. Atau bisa juga mengunyah beberapa iris jahe mentah, karena mengunyah jahe mentah bisa membuat tekanan pada telinga bakal berkurang. Meski ada efek samping jahe, tetap saja rempah ini cukup baik dan terpercaya untuk menangani tinnitus.

(Baca juga: cara mengatasi telinga berdengung karena naik pesawat)

5. Menggunakan Nanas

Tinnitus atau telinga berdengung juga rupanya bagus juga bila diatasi dengan buah nanas. Meski memang nanas merupakan makanan penyebab asam lambung naik, enzim di dalamnya sangat baik dalam menurunkan peradangan. Enzim tersebut yang kita sebut dengan bromelain; vitamin A-nya pun cukup tinggi.

  • Caranya: Sangat sederhana, nanas yang sudah kita beli dan siapkan hanya perlu dikupas bersih dan dimakan secara berkala dalam sehari. Ini gunanya adalah untuk membuat peradangan cepat menghilang. Lakukanlah setiap hari sampai telinga tak berdengung lagi. Bagus juga jika ingin membuat jus nanas.

6. Mengonsumsi Labu

Labu juga adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan bila ingin menyembuhkan tinnitus Anda. Sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin A, labu dapat menjadi solusi terbaik. Ini karena masalah telinga berdengung adalah salah satu dari akibat kekurangan vitamin A.

  • Caranya: Sederhana saja, cukup siapkan labu yang sudah di potong-potong untuk ditambahkan ke dalam masakan sup atau salad Anda. Tapi ide yang bagus juga untuk memanggang, mengukus, menumis, atau memanggangnya. Konsumsilah sesuai selera karena bagaimanapun vitamin A-nya tetap masuk ke dalam tubuh Anda dan melakukan fungsi baiknya.

(Baca juga: telinga berdenging terus-menerus)

7. Mengurangi Asupan Garam

Tahukah Anda bahwa telinga berdengung dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi akibat asupan garam yang tinggi? Jadi, untuk Anda yang memiliki kerentanan super tinggi terhadap efek sodium tinggi, kurangilah asupan garam mulai dari sekarang. Dengan mengurangi asupan garam, otomatis tekanan darah juga ikut turun dan intensitas dengung pada telinga pun menurun.

8. Mengurangi Asupan Kafein

Bagi para pecinta minuman berkafein dan mengalami telinga berdengung, harus siap-siap untuk membatasi asupannya. Asupan kafein yang tinggi selain dapat menjadi penyebab hipertensi dan mengakibatkan telinga berdengung, juga mampu memperburuk tinnitus. Ini karena kafein bakal membuat aliran darah menuju leher, telinga dan kepala yang konstriksi pembuluh kapiler serta pembuluh darah kecil lainnya berkurang. Dari situlah tinnitus dapat menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

(Baca juga: obat tradisional kuping berdengung)

9. Menggunakan Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah salah satu bahan yang bakal membuat aliran darah menuju otak, kepala serta leher meningkat. Peredaran darah akan lebih baik, terutama pembuluh kapiler yang bekerja di saraf sekitar telinga. Memang bukan cara instan untuk mengatasi telinga berdengung, dan tetap membutuhkan waktu untuk menghilangkannya. Mengombinasikan ginkgo biloba ini bersama obat lain boleh juga, karena ini adalah ide yang baik untuk menyembuhkan telinga berdengung.

10. Mengetuk Kepala

Telinga berdengung yang muncul misalnya setelah Anda pulang dari tempat yang bising dapat diatasi dengan mengetuk-ngetuk kepala. Entah itu sesudah pulang dari klub, pesta atau konser, mungkin bagian cochlea telinga Anda terjadi masalah sedikit. Tutuplah dulu kedua telinga menggunakan kedua telapak tangan.

Lalu, arahkan jari-jari ke bagian belakang dan biarkan menempel di kepala bagian belakang. Jari tengah kemudian diarahkan mendekat antara satu dengan yang lain di belakang kepala. Jari telunjuk dapat diposisikan di atas jari tengah. Cara ini kemudian akan otomatis memroduksi suara seperti dentuman drum.

Menjentikkan jari atau mengetuk-ngetuk kepala sebanyak 40-50 kali diketahui cukup efektif dan layak dicoba. Dan biasanya suara dengungan  justru akan hilang apabila memang kondisi belum tergolong parah atau serius.

(Baca juga: penyebab telinga berdarah)

11. Meredam Suara

Metode ini biasanya akan digunakan oleh dokter apabila Anda menemuinya. Tujuan dari peredaman suara ini adalah hanya untuk supaya suara dengung tersamarkan. Berikut ini merupakan sarana atau alat yang biasanya akan dimanfaatkan:

  • Kipas angin – Alat ini juga memainkan peran sebagai mesin derau putih di mana fungsinya adalah menghasilkan background suara, baik itu seperti hembusan angin atau tetesan air hujan. Alternatif dari kipas angin ini adalah AC, humidifier, atau dehumidifier. Biasanya dengungan di telinga dapat teredam secara sempurna.
  • Alat khusus penyamar suara dengungan – Dokter biasanya menggunakan alat ini dengan memasangnya langsung ke telinga pasien. Dari alat inilah akan ada gelombang derau putih yang dihasilkan secara berkelanjutkan. Dengan demikian, dengungan kronis yang timbul di dalam telinga Anda dapat tersamarkan.
  • Alat bantu dengar – Ketika dengungan terus-menerus terjadi, maka kita tak akan mendengar secara jelas. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas serta komunikasi dengan orang lain. Alat ini dapat sangat diandalkan, khususnya bila Anda memiliki masalah pendengaran lainnya.

12. Menjauhi Keadaan Perusak Cochlea dan Penyebab Telinga Berdengung

Telinga berdengung pada tahap kronis sudah cukup sulit untuk ditangani. Namun untuk menghindari agar tidak semakin parah, menjauhi segala kondisi yang dapat merusak cochlea menjadi ide yang bagus. Di bawah ini adalah kondisi-kondisi yang perlu dihindari demi tidak memperparah tinnitus Anda.

  • Mengurangi konsumsi nikotin dan alkohol. Keduanya tak hanya bakal merusak kesehatan tubuh, tapi juga berperan besar dalam kerusakan telinga kita. Pembuluh darah dapat mengalami stres oleh karena keduanya dengan melebarkannya. Bila sudah terbiasa merokok dan mengonsumsi minuman keras, batasi semua itu demi kesehatan telinga Anda.
  • Mengurangi stres. Stres adalah salah satu penyebab dari telinga berdengung, jadi sebaiknya hindari atau sebisa mungkin kurangilah. Meditasi dan olahraga adalah dua solusi terbaik dalam meredakan stres. Mengelola stres dengan melakukan terapi pijat juga adalah ide yang bagus.
  • Menghindari suara-suara keras. Bagi yang gemar datang ke konser dan mendengarkan musik keras-keras dengan speaker, hindari dulu semuanya itu agar telinga membaik lebih dulu. Tak hanya itu, sering-sering mendengarkan suara pesawat terbang dari jarak dekat, lalu lintas kendaraan yang bising, serta pekerjaan konstruksi juga berbahaya. Jika bisa, mengungsilah dulu ke tempat yang tenang apabila memang telinga berdengung tak dapat diatasi dengan cara-cara alami di atas.

(Baca juga: bahaya telinga bernanah)

13. Diet Sehat

Tips diet sehat tak hanya berlaku bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Diet seimbang nan sehat juga bisa menjadi cara mengobati telinga berdengung. Karena dengan melakukan diet sehat, ini artinya daya tahan tubuh pun tak akan gampang menurun, sehingga dengungan telinga mudah dihentikan.

Diet sehat pun bakal mampu memenuhi segala nutrisi yang tubuh Anda perlukan. Dengan begitu, infeksi serta penyakit pun bakal jauh-jauh dari Anda, termasuk masalah dengungan pada telinga. Menjalani gaya hidup yang benar dan sehat di mana juga diimbangi dengan olahraga bakal mampu meredakan tinnitus. Bahkan mendapat kualitas tidur yang baik juga bagian dari diet sehat Anda.

14. Memanfaatkan Kulit Manggis

Kulit manggis yang biasanya kita kenal sebagai obat kanker juga mampu mengobati telinga berdengung. Cukup dengan merebusnya bersama dengan daun sirsak, lalu disaring, Anda bisa meminumnya setiap hari secara rutin. Telinga yang berdengung pun akan pulih dengan lebih cepat. Boleh juga bila ingin menambahkan madu.

(Baca juga: khasiat kulit manggis)

15. Menggunakan Biji Mahoni

Biji mahoni pun rupanya sangat berguna untuk membuat telinga berdengung menjadi lebih baik. Hanya dengan menumbuknya bersama daun iler dan kunyit secukupnya, tambahkan juga minyak wijen sedikit, hangatkan. Ketika sudah jadi, ramuan obat alami ini dapat diteteskan ke telinga secara pelan-pelan.

Tanpa efek samping berbahaya, biji mahoni bersama dengan bahan campurannya yang lain terbilang efektif. 2-3 tetes saja sudah cukup dengan pemakaian 1-2 kali dalam sehari. Asal perawatannya rutin, dijamin telinga berdengung yang mengganggu bakal mereda dan Anda bisa merasakan perbedaannya.

(Baca juga: cara merawat telinga)

Demikianlah sejumlah cara mengobati telinga berdengung yang pasti aman karena alami. Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan telinga secara bersih dan benar. Kesehatan telinga pun penting untuk selalu dijaga agar tetap baik.