8 Penyebab Telinga Sakit dan Berdengung serta Cara Mengatasinya

5007

Telinga yang merupakan orang yang berfungsi sebagai alat pendengar juga alat penyeimbang bagi tubuh kita tentu memiliki peran yang besar bagi tubuh kita. Namun organ telinga ini pun juga bisa terserang gangguan maupun penyakit seperti telinga sakit dan berdengung. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi telinga sakit dan berdengung :

  1. Kotoran telinga yang menumpuk

Telinga yang merupakan sebagai organ yang berfungsi sebagai alat pendegar bagi tubuh kita tenyata didalam telinga ini terdapat kotoran yang berasal dari lender rumah siput. Setiap kotoran yang terdapat dalam tubuh kita tentu harus dibuang agar tidak terjadi gangguan dalam tubuh kita apalagi akan merugikan bagi tubuh kita sendiri. Kotoran telinga yang menumpuk dapat menyebabkan telinga menjadi sakit dan mengeluakan bunyi berdengung / berdenging. Hal ini terjadi dikarenakan bulu-bulu halus yang terdapat didalam rongga telinga terhalangi oleh kotoran telinga sehingga menggangu fungsi telinga dalam menerima bunyi dari luar.

  1. Obat-obatan, terutama antibiotik atau yang mengandung aspirin

Obat-obatan yang kita minum sebenarnya sangat berpengaruh terhadap fungsi dari telinga kita. Apalagi obat-obatan yang mengandung aspirin juga obat-obat anti biotik yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Obat-obatan yang mengandung bahan kimia seperti aspirin memang mempunyai manfaat bagi tubuh kita namun dibalik manfaat yang ada terdapat efek samping yang akan dirasakan oleh tubuh kita baik jangka panjang maupun jangka pendek. Efek yang bisa dirasakan jangka panjang yaitu sakit telinga dan menyebabkan telinga berdengung dikarenakan mengganggu pendengaran akibat obat-obatan tersebut.

  1. Infeksi telinga atau gendang telinga bocor atau telinga berair

banyak sekali penyebab telinga berdengung dan sakit. Telinga sakit dan berdengung merupakan gejala tersendiri bagi kita yang akan menggagu segala aktifitas yang kita lakukan. Penyebab dari sakit dan berdengung ini sangat beragam salag satunya adalah terjadinya infeksi didalam telinga kita atau gendang telinga yang kita miliki mengalami kebocoran. Infeksi telinga ini biasanya terjadi akibat bakteri / kuman yang masuk kedalam telinga kita, apabila tidak segera diobati maka akan menyebabkan infeksi yang berujung pada sakit telinga. Bocornya gendang telinga pun juga demikian bisa disebabkan sebuah aktifitas yang menyebabkan gendang telinga kita bocor seperti mendengarkan suara yang terlalu keras / terlalu rendah yang tidak sesuai dengan frekuensi telinga kita.

  1. Masalah pada mulut dan gigi, seperti masalah pada sending rahang

Masalah mulut dan gigi juga dapat menjadi penyebab telinga kita menjadi sakit dan berdengung. Salah satu masalah tersebut adalah masalah yang terjadi pada sendi rahang kita. saraf yang ada pada mulut kita atau pada gigi kita mempengaruhi saraf yang ada dalam telinga kita karena saraf tersebut saling bersambungan dan berkaitan jika ada suatu gangguan maka saraf yang lain juga turut akan merasakannya. Jika terjadi masalah pada mulut atau gigi maka telinga kita akan merasakan efeknya seperti sakit pada telinga juga bunyi berdengung yang ada ditelinga kita. untuk itu kenali jenis-jenis penyakit gigi dan mulut yang berbahaya agar tidak terjadi kerusakan yang fatal, diantaranya dari penyakit gigi dan mulut adalah

a. gigi abrasi, abrasi gigi merupakan pengikisan pada gigi itu sendiri, tentunya ini akan berbahaya karena akan mengurangi kekuatan pada gigi. (baca juga : penyebab abrasi gigi)

b. gigi berlubang, gigi berlubang tidak boleh dibiarkan, karena bahaya gigi berlubang itu harus dihindari terutama dengan mengetahui obat sakit gigi berlubang salah satunya dengan tambal gigi berlubang.

c. gusi bengkak, gusi bengkak ini sangat berbahaya karena akan mengaggu aktivitas dalam mulut

d. sariawan, banyak sekali makanan penyebab sariawan yang menyebabkan sariawan itu menjadi parah untuk itu perlu pula mengetahui cara mengobati sariawan.

e. karang gigi

  1. Cedera, seperti pukulan dan benturan langsung pada telinga atau kepala

Organ-organ yang kita miliki sering sekali terkena gangguan-gangguan dari luar tubuh seperti kecelakaan maupun cedera yang menyebabkan efek samping pada tubuh kita misalnya sakit dan berbagai macam luka pada organ-organ tubuh kita. cedera yang terjadi pada tubuh kita pun tidak bisa kita anggap enteng begitu saja pasti cedera tersebut akan berdampak pada tubuh kita sebagai contoh cedera dari luar yang mengenai telinga kita atau kepala kita. cedera yang mengenai telinga ataupun kelapa kita dapat menyebabkan telinga kita menjadi sakit dan menyebabkan telinga kita mengeluarkan suara berdengung.

  1. Cedera pada telinga bagian dalam seperti operasi atau terapi radiasi didaerah telinga atau kepala

Jangankan cedera yang terjadi dari luar, cedera yang terjadi dari dalam pun dapat menyebabkan telinga kita mengalami gangguan seperti sakit telinga maupun suara berdengung pada telinga seperti cedera akibat operasi atau terapi radiasi didaerah telinga atau kepala. Terkadang setelah kita melakukan operasi atau terapi terhadap telinga kita terjadi berbagai efek samping yang dapat menggangu segala aktifitas kita. dengan fungsi telinga sebagai alat penyeimbang bagi tubuh kita maka akan terganggu dengan adannya sakit ada telinga dan suara berdegung dari telinga kita.

  1. Perubahan tekanan pada lingkungan yang begitu cepat (barotrauma).

Lingkungan yang ada disekitar kita juag mempengaruhi kesehatan tubuh kita sendiri, termasuk kesehatan organ yang berfungsi sebagai alat pendengar bagi kita yaitu organ telinga.

Perubahan tekanan pada lingkungan yang begitu cepat atau bisa kita sebut dengan barotrama menjadi salah satu yang menyebabkan telinga kiat menjadi sakit bahkan menyebabkan telinga kita mengeluarkan bunyi berdengung. Hal ini terjadi karena organ telinga belum bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada sehingga terjadinya gangguan-gangguan yang ada.

  1. Penurunan berat badan drastis atau kekurangan gizi atau diet yang berlebihan.

Tubuh kita tentu memerlukan gizi dan asupan yang sesuai untuk tubuh kita agar metabolisme yang ada dalam tubuh kita dapat berjalan dengan lancar dan tubuh kita dapat terhindar dari berbagai gangguan serta penyakit yang akan menyerag tubuh kita. penurunan berat badan yang drastis juga kekurangan gizi atau diet yang berlebihan dapat menyebabkan telinga menjadi sakit dan mengalami gangguan suara berdengung dari telinga. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami daya tahan tubuh yang menurun sehigga tubuh mudah mengalami gangguan yang ada serta mudah terserang penyakit disekitar kita.

cara mengatasi telingga berdengung

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi telinga sakit dan berdengung

  • Menghindari iritasi

Cara temudah dalam mengatasi telinga sakit atau berdengung adalah dengan menghindari iritasi bagi telinga kita agar kita dapat terhindar dari berbagai gangguan-gangguan yang akan menyerang organ telinga kita, salah satu cara mengindarinya yaitu rutin membersihkan telinga kita dan mengecek kondisi kesehatan telinga kita agar telinga kita lebih sehat dab terawatt kondisinya.

  • Jangan bunyi-bunyian yang keras maupun yang terlalu rendah

Telinga yang berfungsi sebagai alat pendengar bagi kita tentu memelurkan perawatan terhadap organ terhadap organ tersebut. Salah satu perawatannya adalah dengan mengaja telinga kita agar tidak  mendengar bunyi-bunyi yang terlalu keras maupun yang terlalu rendah karena hal tersebut dapat menyebabkan gangguan bagi telinga kita.

  • Menghindari stress

Stress memang merupakan hal yang berbahaya bagi tubuh kita. karena dengan kita mengalami stress maka daya tahan tubuh kita akan menurun sehigga menyebabkan organ-organ yang ada dalam tubuh kita mengalami dampak dari stress itu sendiri sebagai contohnya sakit telinga dan bunyi berdengung  yang keluar dari telinga kita sendiri.

  • Mengurangi konsumsi alkhohol

Alkhohol yang mempunyai efek yang sangat berbahaya bagi tubuh kita salah satunya dapat menyebabkan telinga kita menjadi sakit dan keluar bunyi berdengung dari telinga kita.  Dengan kita mengkonsumsi alkhohol diharapkan dapat menaikkan daya tahan tubuh kita dan kita dapat terhindar dari berbagai ganggun dan penyakit yang ada.

  • Menjaga kesehatan

Yang sangat penting bagi kita adalah menjaga kesehatan kita agar segala aktifitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar karena kesehatan inilah yang menjadi indikator daya tahan tubuh kita mengalami penurunan atau mengalami penaikkan bagi kita.

Dengan kita mengetahui penyebab dan solusi dari setiap masalah yang ada dapat menjadi tolak ukur dari kesejahteraan dari hidup kita sendiri dan dengan kita tahu tentang penyebab gangguan-gangguan serta penyakit diharapkan kita semakin memperhatikan kesehatan dna menjaga tubuh kita dengan baik.