23 Cara Mengobati Alzheimer Secara Alami Paling Tepat dan Aman

Penyakit alzheimer tidak hanya berdampak negatif bagi fisik, namun juga berdampak pada mental. Secara perlahan, penyakit ini akan mengikis ingatan, bahasa dan juga pemikiran logis sehingga berbagai aktivitas sederhana seperti makan, minum atau memakai baju bahkan bisa terlupakan. Penyakit ini mendapat namanya dari seorang dokter bernama Alois Alzheimer asal Jerman dimana pada tahun 1906 ia menemukan perubahan fisik pada otak seorang wanita yang meninggal karena penyakit mental yang aneh. Meski tidak ada cara untuk menyembuhkan alzheimer secara total, namun ada beberapa cara mengobati alzheimer secara alami yang bisa membantu penderitanya seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial bisa meningkatkan kesehatan bahkan meningkatkan kemampuan berpikir tanda awal alzheimer. Beberapa jenis minyak esensial yang baik digunakan sebagai aromaterapi diantaranya adalah lavender, jeruk, rosemary dan juga lemon. Salah satu dari beberapa minyak ini bisa dicampur dengan 5 tetes minyak pembawa seperti almond dan digunakan secara teratur.

  1. Kalsium

Suplemen yang berasal dari kulit kerang laut dari beberapa penelitian terbukti ampuh untuk mengobati alzheimer karena dalam suplemen ini juga mengandung sejumlah kecil mineral lainnya yang sangat baik digunakan untuk mengobati alzheimer.

  1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk penderita alzheimer di mana mengkonsumsi asam lemak omega-3 dengan teratur bisa mengurangi kerusakan kognitif. Jadi dengan kata lain, Anda bisa mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan dan minyak yang mengandung omega-3 atau bahkan omega-3 dalam bentuk suplemen.

  1. Minyak Kelapa

Dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam kaprilat yang saat ada di dalam tubuh akan dipecah menjadi keton protein yang serupa dengan kandungan dalam obat ketasyn. Minyak kelapa ini menjadi alternatif lebih murah sebagai pengganti ketasyn untuk mengatasi alzheimer.

  1. Kayu Manis

Dari beberapa penelitian dibuktikan jika alzheimer merupakan bentuk dari diabetes dan bahkan diberikan label diabetes tipe III. Untuk itu, ekstrak kayu manis yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2 juga sama baiknya digunakan untuk penderita alzheimer.

  1. Jus Jeruk

Minum 1 gelas jus jeruk murni setiap hari menjadi cara lainnya untuk meningkatkan asupan vitamin C. Sedangkan saat jus jeruk dikombinasikan dengan aspirin, maka akan membentuk sitrat aluminium yang bisa diserap ke dalam tubuh lima kali lebih cepat untuk penderita alzheimer.

  1. Produk Kedelai

Dalam sebuah studi menunjukkan jika isoflavin yang ada dalam protein kedelai bisa melindungi penderita dari bahaya alzheimer khususnya wanita pascamenopause. Mengkonsumsi berbagai olahan kedelai seperti di bawah ini sangat disarankan setiap hari bagi penderita alzheimer:

  • Susu kedelai
  • Tempe
  • Tahu
  1. Sayuran Hijau Gelap

Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti di bawah ini akan menambah asupan asam folat tinggi bagi penderita alzheimer:


  • Bayam
  • Kangkung
  • Sawi
  • Brokoli

Asam folat di dalam sayur-sayur tersebutlah yang berperan dalam menstimulasi fungsi kognitif sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita alzheimer sehari-hari.

  1. Ikan

Kandungan asam lemak tinggi dalam ikan sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak sehingga setidaknya harus dikonsumsi sebanyak 2 kali seminggu bagi penderita sehingga gejala alzheimer bisa dikurangi. Sedangkan jenis ikan yang baik dikonsumsi diantaranya adalah:

  • Tuna
  • Teri
  • Salmon
  • Sarden
  1. Buah Sitrus

Buah buahan yang mengandung vitamin C tinggi sangat kaya akan antioksidan untuk melindungi saraf otak penderita alzheimer agar tidak terjadi kerusakan lebih jauh. Sedangkan untuk sumber vitamin C lain yang baik dikonsumsi diantaranya adalah berries, cabai dan ubi jalar.

  1. Wortel

Wortel mengandung beta karoten tinggi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A penderita alzheimer. Dengan mencukupi vitamin A dari wortel, maka kesehatan saraf bahkan daya ingat penderita bisa dikurangi. Untuk sumber vitamin A lain yang juga bagus dikonsumsi adalah telur, hati, susu, labu, paprika dan juga bayam.

  1. Minyak Wijen

Minyak wijen sangat ampuh untuk menurunkan depresi terkait dengan penyebab alzheimer yang sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat India. Tuangkan sekitar 3 tetes minyak wijen yang sudah dihangatkan pada lubang hidung dan lakukan 2 kali sehari sekaligus diikuti juga dengan menggosok minyak wijen di kepala serta bagian bawah kaki.

  1. Vitamin B

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proccedings of Ntional Academy of Sciences dibuktikan jika bebrapa jenis vitamin B khususnya bitamin B6, B12 dan juga asam folat sangat baik untuk memperlambat perkembangan penyakit alzheimer sekaligus bisa menghambat proses penyusutan otak pada area yang terkena dampak alzheimer.

  1. Vitamin D

Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka masalah otak seperti penurunan daya ingat dan memori bisa terjadi. Vitamin D adalah nutrisi terbaik untuk meningkatkan anti inflamasi serta kekebalan tubuh yang menjadi beberapa penyebab utama dari penyakit alzheimer.

  1. Mineral

Mineral juga menjadi pengobatan alami yang bisa dikonsumsi agar otak bisa terus melakukan sirkuit listrik secara baik yang sangat dibutuhkan untuk cara mencegah alzheimer sehingga dampak buruk dari penyakit ini bisa dicegah.

Beberapa cara mengobati alzheimer secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat. Meski tidak bisa menyembuhkan penyakit, namun beberapa bahan alami diatas bisa menghambat tingkat keparahan dari alzheimer tersebut.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Alzheimer