Vitamin A : Fungsi – Sumber Makanan – Akibat Kelebihan dan Kekurangan

Tubuh memerlukan beberapa gizi dan nutrisi sebagai bahan bakar supaya bisa melangsungkan kinerja tubuh yang sudah sistematis sedemikian rupa. Salah satu komponen yang diperlukan adalah vitamin. Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga pemenuhannya harus didapatkan dari luar. Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A. vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak larut dalam lemak dan bisa ditemukan di berbagai jenis sumber makanan baik nabati maupun hewani. Selain itu vitamin A juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung beta karoten dimana zat ini akan dicerna sebagai vitamin A oleh tubuh. kecukupan vitamin A dalam tubuh ini cukup penting untuk beberapa jenis kesehatan seperti mata, kulit dan juga kesehatan sistem kesehatan tubuh.

baca juga : cara mengatasi kekurangan vitamin B kompleks

Fungsi Vitamin A

Saat ini banyak orang yang mengira bahwa vitamin A hanya baik untuk kesehatan mata namun ternyata vitamin A memiliki fungsi lebih banyak selain mata seperti untuk kesehatan kulit, membantu proses pertumbuhan dan sistem metabolisme tubuh. untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam dan keriput biasanya menggunakan salah satu jenis vitamin A yaitu retinoid.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin A yang bisa menjadi panduan kesehatan anda:

  1. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A atau retinol memiliki fungsi utama untuk membuat penglihatan menjadi lebih sehat. anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fakta ini bukan? Vitamin A memang selalu berkaitan dengan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak kebutaan terjadi karena minimnya vitamin A di dalam mata sehingga organ mata tidak dapat melakukan kinerjanya dengan baik. jadi, sebaiknya anda cukupi kebutuhan vitamin A supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

baca juga: cara menghilangkan mata merah

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan retinil palmiat di dalam vitamin A juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. retinil pamiat memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya infeksi bila ada infeksi dari virus atau bakteri yang hinggap di dalam tubuh yang biasanya masuk melalui sistem pernafasan tubuh.

baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh

  1. Sebagai antioksidan

Di dalam vitamin A juga terdapat kandungan beta karoten dimana berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan menjadi antioksidan alami bagi tubuh. radikal bebas saat ini sudah cukup mengkhawatirkan seperti polusi udara atau polusi yang dihasilkan oleh tubuh melalui oksidasi tubuh. itulah mengapa anda harus mencukupi kebutuhan vitamin A anda setiap harinya supaya anda tidak mudah sakit.

baca juga: 12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya

  1. Membantu perkembangan janin

Jika anda sedang hamil maka jangan lupa untuk makan makanan yang mengandung vitamin A. vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air sehingga sangat mudah terserap oleh tubuh dan membantu pertumbuhan janin lebih optimal. Organ  mata, tulang dan kulit janin akan tumbuh optimal dengan bantuan dari vitamin A ini.

baca juga: bahaka akibat kekurangan yodium


  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dapat membantu mencegah pertumbuhan sel abnormal yang kemudian menjadi sel kanker. Kandungan retinol di dalam vitamin A berperan sebagai penghambatnya. Jadi, anda harus mencukupi kebutuhan vitamin A harian anda ya.

Manfaat vitamin A ternyata sangatlah baik bagi tubuh. selalu penuhi kebutuhannya supaya anda tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda maka anda perlu mengetahui apa saja sumber vitamin A yang sangat mudah di dapatkan dari berbagai jenis makanan baik itu hewani maupun nabati. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin A yang dapat anda konsumsi.

  1. Wortel

Jika anda mendengar kata vitamin A mungkin yang langsung terlintas di pikiran anda adalah wortel. Ya, sayuran yang memiliki warna orange cerah ini memang mengandung vitamin A tinggi. mungkin jika anda perhatikan bahwa kelinci memiliki pandangan yang sangat bagus hal ini karena kelinci sangat suka denga wortel. Wortel juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Anda bisa mengonsumsi wortel dengan mudah dalam keadaan segar atau mengolahnya sebagai sayur dan jus.

  1. Cabai merah

Tanaman yang memilki rasa pedas ini juga merupakan sumber vitamin A yang baik bagi tubuh. maka tak mengherankan jika orang yang suka makan pedas biasanya memiliki penglihatan yang bagus. Cabai merah sangat mudah ditemukan dan dapat anda campurkan pada berbagai jenis makanan untuk memberikan rasa pedas.

  1. Bayam

Sayuran favorit popeye ini juga mengandung vitamin A tinggi. kandungan beta karoten di dalamnya sama dengan yang ada di dalam wortel. Jadi anda tidak perlu takut lagi akan kekurangan vitamin A. dalam satu mangkuk sayur bayam cukup untuk memenuhi 49% kebutuhan vitamin A harian anda. Bayam juga mengandun zat besi tinggi sehingga akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

baca juga: makanan yang mengandung vitamin B6

  1. Tomat

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A biasanya ditunjukkan oleh warnanya yang orange. Buah bulat ini mengandung vitamin A tinggi, dalam satu buah ukuran sedang mampu memenuhi 29% kebutuhan vitamin A harian anda. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan dan jus sesuai dengan selera anda.

  1. Pepaya

Papaya sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang murah meriah. Jadi tidak ada alasan lagi bagi anda untuk mengalami kekurangan vitamin A. buah ini bisa dimakan segar atau dijadikan jus yang segar. Satu buah papaya kecil bisa memenuhi 29% kebutuhan vitamin A harian anda. Selain itu papaya juga kaya akan serat sehingga akan membuat pencernaan anda menjadi lebih lancar.

baca juga: makanan yang mengandung vitamin K

  1. Buah naga

Buah yang sedang ngehits ini juga memiliki kandungan vitamin A tinggi dan anda harus berbahagia karena saat ini buah naga dapat dengan mudah ditemukan dan harganya saat ini juga sudah lumayan terjangkau. Anda bisa membuat buah naga menjadi salad atau jus ditambah dengan buah lainnya. buah naga juga kaya akan serat dan mengandung rendah gula sehingga aman bagi anda yang sednag diet atau yang menderita diabetes.

  1. Buah apel

Baik apel hijau atau apel merah memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi sehingga anda bisa menikmati vitamin A dengan rasa yang enak. Buah apel juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin A complek dan vitamin C. anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan segar atau sudah diolah. Namun usahakan makan dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih ya. hal ini akan membuat pencernaan anda menjadi lebih lancar.

baca juga: 13 makanan yang mengandung vitamin B12 super tinggi

  1. Pisang

Buah yang sangat mudah ditemukan dan harganya murah meriah ini memiliki kandungan vitamin  A tinggi. anda bisa mengonsumsi dalam keadaan segar ataupun diolah. Buah pisang ini juga baik untuk diet karena bisa menggantikan karbohidrat yang ada di dalam nasi.

  1. Sereal

Jika anda suka sarapan dengan sereal maka anda bisa memperoleh vitamin A denga mudah. Sereal yang terbuat dari jagung dan gandum memiliki kandungan vitamin A tinggi. saat ini anda bisa menemukan sereal dengan mudah karena sudah diproduksi dalam berbagai merek dan dijual di pasaran baik di pasar tradisional atau supermarket.

  1. Umbi-umbian

Umbi-umbian selain kaya akan karbohidrat ternyata juga kaya akan vitamin A. ada banyak makanan yang dibuat dari umbi-umbian. Jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin A diantaranya adalah ubi kukus, ubi kuning, ubi rambat merah dan ubi jalar merah.

baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi

  1. Hati sapi

Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan dimana dalam 100 gram hati sapi mampu memenuhi kebutuhan hampir 300% vitamin A. hati sapi memang cukup mahal harganya namun sesekali dalam sebulan anda bisa mengonsumsi hati sapi ini dengan berbagai jenis olahan makanan yang menggugah selera.

  1. Olahan susu

Produk susu dan olahannya bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda. Anda juga bisa menambahkan susu pada makanan untuk mendapatkan rasa yang berbeda.

  1. Paprika

Paprika memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi dan bisa anda dapatkan dengan mudah. Baik parika hijau, kuning atau merah sama enaknya dan sama bergizinya. Di dalam satu buah vitamin A bahkan bisa memenuhi 60% kebutuhan vitamin A anda. Bukan hanya vitamin A saja namun juga terdapat berbagai jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, kalsium dan kalium.

  1. Mangga

Buah musiman yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas dan merupakan salah satu jenis buah yang paling dicari saat musimnya tiba. Di dalam buah mangga setidaknya mengandung 60% kebutuhan vitamin A harian anda. Jadi jika sudah musimnya sebaiknya anda makan  mangga yang banyak ya.

  1. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. salah satunya adalah vitamin A. minyak hati ikan kod ini memang memiliki harga yang cukup mahal namun anda tidak akan rugi karena kandungan di dalamnya sangatlah banyak dan pastinya sehat untuk anda konsumsi.

baca juga: 12 makanan yang mengandung vitamin D super tinggi

  1. Hati kalkun

Dalam setiap 100 gram hati kalkun mengandung vitamin A hampir 1507% dari kebutuhan vitamin A harian anda! Wow, bisa dibayangkan anda hanya perlu makan sedikit saja untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin A anda. Namun kendalanya adalah harga dari hati kalkun ini lumayan mahal. Saat ini sudah diproduksi ekstraknya yang bisa anda jadikan sebagai suplemen vitamin A.

  1. Lada merah

Salah satu rempah-rempah yang memiliki rasa khas pedas ini juga mengandung vitamin A tinggi. dalam satu sendok lada merah diperkirakan bisa memenuhi sekitar 42% kebutuhan vitamin A harian anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa anda pilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin A anda.

Akibat kekurangan dan kelebihan vitamin A

Segala sesuatu yang terlalu berlebihan pasti tidak baik bagi tubuh termasuk vitamin A. konsumsi vitamin A dalam jumlah yang normal saja tidak lebih dan tidak kurang supaya sistem kerja tubuh anda berjalan normal. Berikut ini adalah beberapa efek dari kelebihan dan kekurangan vitamin A yang perlu anda ketahui sehingga anda bisa mengendalikan konsumsi vitamin A anda dengan baik.

  1. Masalah pada mata

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa salah satu fungsi utama vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Jadi jika tubuh mengalami kekuranga vitamin A maka bisa dipastikan organ penglihatan ini juga akan mengalami masalah. Salah satu indikasi bahwa anda mengalami kekurangan vitamin A adalah mata kering dimana terjadi gangguan pada air mata dan lendir mata.

  1. Gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan lainnya yang akan dialami jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A adalah gangguan pada pencernaan. Vitamin A termasuk dalam salah satu zat yang berfungsi menjaga kestabilan dan kesehatan dinding usus dimana ini merupakan tempat nutrisi dan gizi diserap oleh tubuh. jadi, jika kekurangan vitamin A pasti akan langsung mengarah pada kesehatan pencernaan yang terganggu. Hal ini harus segera diatasi karena bisa menyebabkan infeksi pada usus dan kandung kemih karena kinerjanya tidak optimal.

  1. Penyakit kulit

Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A maka yang akan terjadi selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pada kulit karena vitamin A salah satu yang mempengaruhi kinerja kelenjar kulit dalam memproduksi mucus. Jika hal ini dibiarkan maka akan menghambat regenerasi kulit dan kulit menjadi kering serta bersisik. Jika terjadi luka juga akan sulit sembuh karena kekurangan vitamin A ini.

baca juga: cara mencegah dermatitis

  1. Menghambat pertumbuhan

Vitamin A juga sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang. Dalam proses pembentukan tulang dan epitel sangat membutuhkan vitamin A. vitamin A berfungsi dalam meregenerasi sel-sel baru yang bagus pada pembentukan gigi dan tulang. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi gangguan di dalam jaringan ikat tubuh.

baca juga: efek samping menelan pasta gigi

  1. Resiko bayi lahir cacat

Jika ibu hamil mengonsumi vitamin A berlebihan maka bisa mengakibatkan cacat pada bayinya. Kelainan ini bisa berupa bibir sumbing, kelainan jantung, kelainan kandung kemih dan juga bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi vitamin A terutama jika dalam bentuk suplemen.

  1. Memicu kanker

Vitamin yang berlebihan di dalam tubuh pun bisa memicu timbulnya sel-sel kanker hal ini disebabkan karena vitamin A disimpan di dalam hati dan membuat kinerja hati menjadi overdrive sehingga muncullah sel-sel abnormal yang kemudian menjadi sel kanker. Kanker yang biasanya ditimbulkan oleh kelebihan vitamin A ini adalah kanker prostat.

  1. Osteoporosis

Mungkin anda tidak percaya dengan hal ini namun itulah faktanya. Mengonsumsi vitamin A dalam jumlah berlebih bisa mengakibatkan gejala osteoporosis. Mengapa bisa terjadi? hal ini disebabkan karena ternyata vitamin A bisa terurai menjadi osteoclast yang akan menguraikan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Kinerja ini sangat mengganggu vitamin D yang membentuk tulang. Kasus seperti ini di Indonesia mungkin memang masih jarang ditemukan namun di negara maju sudah cukup banyak kasus yang terjadi kerusakan tulang akibat kelebihan vitamin A.

  1. Kerusakan limpa

Organ limpa pun akan mengalami overdrive jika kadar vitamin A di dalam tubuh terlalu berlebihan. Limpa akan menjadi tidak berfungsi dengan baik. jika keadaan ini terus dilakukan bisa membuat terjadi penyakit yang lebih serius.

baca juga: bahaya implan gigi

Anda sudah mengetahui apa saja efek dari kelebihan dan kekurangan vitamin A bukan? Jadi anda diharapkan untuk senantiasa bijaksana dalam mengonsumsi vitamin A. demikian ulasan mengenai vitamin A, semoga bisa membantu anda dan menjadi panduan anda dalam menerapkan hidup sehat. selalu imbangi dengan olahraga teratur, makan makanan yang sehat, hindari merokok serta jauhi alkohol supaya hidup anda lebih sehat lagi.

Pentingkah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin A?

Manfaat vitamin A di dalam tubuh memang tidak bisa dipungkiri lagi dan kebutuhannya harus tetap dipenuhi. Bila perlu anda mengkonsumsi suplemen vitamin A. fungsi utama dari vitamin A ini sebenarnya adalah untuk mengatasi kekurangan atau defisiansi vitamin A. defisiensi vitamin A biasanya dialami oleh mereka yang menderita hipertiroidisme, diabetes dan liver. Saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis dan merek suplemen vitamin A yang bisa ditemukan dengan mudah di toko obat atau apotek. Suplemen vitamin A biasanya tersedia dalam bentuk kapsul dan aman dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dosis vitamin A yang diperlukan oleh tubuh berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin, usia dan kondisi kesehatan. Pria membutuhkan vitamin A setidaknya sebanyak 900 mikrogram  per harinya. Sementara untuk wanita sekitar 700 mikrogram per harinya. Namun untuk anak-anak hanya sekitar 400 mikrogram saja tiap harinya. Meskipun suplemen vitamin A aman namun harus tetap diawasi penggunaannya pada beberapa golongan. Berikut adalah peringatan saat mengkonsumsi suplemen vitamin A.

  • Wanita yang sedang dalam program hamil, sedang hamil atau sedang menyusui sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin A karena bisa mengakibatkan gangguan pada janin dan air susu ibu kecuali jika dokter telah meresepkan vitamin A sebagai salah satu suplemen penunjang. Jika tidak sebaiknya anda mengonsumsi vitamin A yang berasal dari makanan saja secara alami.
  • Bagi anda yang menderita penyakit liver juga diharapkan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen vitamin A. sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter apakah anda perlu mengonsumsi suplemen vitamin A.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan dapat membuat resiko terkena osteoporosis lebih tinggi terutama pada kaum lansia.
  • Sangat mungkin bagi beberapa orang mengalami alergi pada suplemen vitamin A ini, jadi jika terjadi indikasi alergi sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Suplemen vitamin A biasanya hanya diminum sebanyak satu kali sehari dan sebaiknya anda mengonsumsinya setelah makan karena akan mudah terserap oleh tubuh bersama dengan lemak yang ada di dalam makanan.
  • Bagi orang yang diharuskan mengonsumsi suplemen vitamin A sebaiknya jangan sampai melewatkan meminumnya, jangan sampai mendouble dosis untuk waktu selanjutnya karena mengganti dosis yang kurang tersebut.
  • Bagi anda yang menderita penyakit ginjal tidak disarakan untuk mengonsumsi vitamin A.

Penggunaan suplemen vitamin A ini bisa menyebabkan beberapa efek samping bagi tubuh terutama jika dosisnya tidak sesuai. Beberapa gejala seperti cepat lelah, uring-uringan, susah makan, sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala dan munculnya keringat berlebihan bisa terjadi jika penggunaan suplemen vitamin A disalah gunakan.

baca juga: 12 makanan yang mengandung vitamin D super tinggi

Jangan pernah sembarangan jika mengonsumsi suplemen apapun termasuk suplemen vitamin karena suplemen sifatnya hanya penunjang saja bukan alami dari makanan seperti ang seharusnya dipenuhi oleh tubuh. Sebaiknya sebelum mengonsums suplemen vitamin A anda sudah berkonsultasi dengan dokter apakah memang perlu menambah vitamin A dengan suplemen ataukah cukup dari makanan saja. jika memang perlu menambah dengan bantuan suplemen maka jangan lupa diskusikan mengenai merek dan dosis vitamin A yang terbaik bagi anda.

, ,
Post Date: Tuesday 17th, May 2016 / 15:30 Oleh :
Kategori : Vitamin